CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Cetak Utang Menggunung, Indonesia Tanggung Beban Bayar 1000 Triliun/Tahun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f759fb4365c4f704e123924/jokowi-cetak-utang-menggunung-indonesia-tanggung-beban-bayar-1000-triliun-tahun

Jokowi Cetak Utang Menggunung, Indonesia Tanggung Beban Bayar 1000 Triliun/Tahun

Jokowi Cetak Utang Menggunung, Indonesia Tanggung Beban Bayar 1000 Triliun/Tahun

Berdasar data valid, utang pemerintahan Joko Widodo tercatat 300 persen lebih besar dibanding APBN era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Demikian kata ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Didik J. Rachbini saat acara diskusi online series 3 bertema “Politik APBN dan Masa Depan Ekonomi” yang diselenggarakan INDEF, Rabu (2/9/20).

Dalam pemaparannya, di awal Presiden Jokowi menjabat pada 2014 telah melakukan penerbitan utang sebesar Rp660,8 triliun dengan membayar utang pada tahun 2014 sebesar Rp253,5 triliun.

Hal itu semakin meningkat setiap tahunnya. Pada 2019, pemerintahan Jokowi melakukan penerbitan utang sebesar Rp921,5 triliun dengan membayar utang pada 2019 sebesar Rp475,2 triliun.

“Kemudian utang pokok yang sudah dilaksanakan 2019 kita lihat, Indonesia membayar 475 (triliun rupiah) utang pokok, kemudian membayar bunganya itu 275 (triliun rupiah) itu (jadi) 750 (triliun rupiah). Jadi setiap tahun pemerintahan Joko Widodo ini sekarang membayar utang Rp750 triliun setiap tahun,” ujar Didik J. Rachbini.

Didik pun memprediksi beberapa tahun kemudian, Indonesia akan membayar utang lebih dari Rp1.000 triliun per tahunnya.

“Nah seribu triliun lebih itu sama dengan 200 persen anggaran seluruh anggaran APBN Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” kata Didik.

Sedangkan pada 2020, kata Didik, rancangan APBN 2020 Pemerintah akan menurunkan penerbitan utang sebesar Rp651 triliun.

“Tetapi sekarang kita akan utang Rp1.530,8 triliun ya. Penjelasan Ibu Sri Mulyani (Menkeu) kemarin Rp1.439 triliun, beda sedikit. Tapi ini yang diutang,” jelas Didik.

“Utang ini sama dengan 2 ribu persen atau 20 kali lipat anggaran pendidikan di bawah (Menteri) Nadiem Makarim (Rp71 triliun). 20 kali anggaran mahasiswa, pelajar, guru-guru seluruh Indonesia. Dan tidak ada yang perhatikan ini ya. Karena DPR sekarang sudah kekuasaannya hilang dan sekarang secara politik sudah bergeser ke eksekutif, DPR sekarang lumpuh,” sambung Didik.

Bahkan kata Didik, utang sebesar Rp1.530 triliun pada tahun 2020 ini juga setara dengan tiga kali lipat atau 300 persen seluruh anggaran APBN di era Presiden SBY saat pertama kali menjabat.

Dengan demikian, Didik menilai bahwa Indonesia saat ini sudah terperangkap dengan utang. Karena, sudah keranjingan “gali lobang tutup lobang”, melakukan utang untuk membayar utang.

“Ini sudah relatif berat, dan sekarang ini tidak bisa diubah oleh DPR. DPR tidak bisa mengubah menjadi Rp1.530,0 triliun tidak bisa. Kenapa? Karena kekuasaannya sesuai dengan Perppu diambil oleh Pemerintah di dalam Perppu ya. Dan Presiden akan membuat Perppu lagi. Jadi ini saya kritis, ya ini ugal-ugalan utangnya, utangnya menggunung, Covid-nya terus meningkat ya,” pungkas Didik.

kolam

jokowi ini simbol (hutang) negara jadi harus kita hormati
gak boleh melecehkan menghina simbol (hutang) negara

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
kadrun pecundang sok bicara utang, lo utang di warung aje kagak pernah bayar emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiagustaman dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
masih inget yg ngomong negara bs hancur
ni udeh 2ronde makin ancur dahemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Beneran neh? Apesss kalo bnran mah.
Menkeu nya kasih saran apa
profile-picture
katronguik memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
lama² pulau-pulau bisa digadaikan sama pemerintah.. karna ngak sanggup bayar hutang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yang penting buat rakyat ☺👍

Kadrun teriak anti utang anti cina, tp pas ga dapat blt ngamuk2

emoticon-Ngakak
profile-picture
Lalalalala000 memberi reputasi
Mananeeh cebi divisi cebok?
Kerja loe! emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 2 lainnya memberi reputasi
Mungkin yg punya data utnag pemerintah per tahun bs di share
profile-picture
profile-picture
balnus2019 dan anus.bau.edan memberi reputasi
Tau tuh jokowi
Emng gk malu apa ya nanti ditagih nya pk acara di sms dan WA ke org2 terdekat

emoticon-Leh Uga
imajinasi kecebong buzzerp tolol:
heh jaga tu bacot ya.
utang di rezim baginda adalah hutang yang produktif.
antum gak liat inperastruktur? jalan tol? bandara internesyenel, dll.
mata antum ketutupan tai onta ya?

realitanya:
bunga hutangnya yang produktif. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
resiko milih pemimpin yang ga cerdas ya gini ini, dianya ya ga mikir efek kedepan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tapi dia nya masih tetap merasa hebat

...dan cebi pun tetap menganggapnya sebagai satrio pinginit


emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kesian kadrun dongo...

Udah ga ikutan ngutang malah di suruh bayar cicilan.

Apes bener idup nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lusi.perr dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
woi drun, mending sama2 cebi nikmatin hasil utang, drpd saling hujat.
profile-picture
Lalalalala000 memberi reputasi
Tenang air Mahadewi bisa menyelesaikan semua masalah Jokowi Cetak Utang Menggunung, Indonesia Tanggung Beban Bayar 1000 Triliun/Tahun
Kalau masih pusing tinggal kita keluarkan Kartu Anti Hutang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
di kantong jaenokio ada belasan ribu triliun
silahlan kobel sampe bego
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan gw.kenshin1601 memberi reputasi
Nah gni dong ebong pada nyebong majikan

Sni Absen dlu sekolam
+ kloneng2an
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan gw.kenshin1601 memberi reputasi
Kadrun nggga usah pikirin negara gimana, udah sm ahli nya, urusin aja otak lo yang kerdil biar normal lagi
profile-picture
Lalalalala000 memberi reputasi
#2019gantiPresiden
profile-picture
Lalalalala000 memberi reputasi
Ya kalo negara bisa bayar tanpa nyekik rakyat gpp
Nah ini belum2 dihajar pajak bertubi2.....
profile-picture
Lalalalala000 memberi reputasi
Ini akibat kebijakan bagi bagi uang..

Ambil utang, pasti ada pihak-pihak yang dapat 'komisi' makanya getol nerbitin utang tanpa cari alternatif lain.
profile-picture
Lalalalala000 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di