Original Posted By beritapalestina►konsep dewa yg mati dan bangkit ada di byk berbagai kebudayaan dunia kuno,di ugarit ada baal,di yunani,ada salah satu versi mitologi dionysus dengan konsep yg sama,di mesir ada osiris,dan di mesopotamia ada innana,kali ini dalam mitologi "innana turun ke dunia akhirat".
"innana turun ke dunia akhirat"adalah mitologi utama innana,memiliki dua versi,versi sumeria dan akkadia dengan sedikit perbedaan detail,versi sumeria hampir 3x lbh panjang dr pada versi akkadia.
"innana turun kedunia akhirat"(versi sumeria):
dalam mitologi sumeria,akhirat disebut dengan
kur,yg digambarkan gelap dan jauh dibawah tanah,diperintah oleh
ereshkigal,saudari
innana.innana mengunjungi kur,dengan alasan ingin mengunjungi
gugalanna,suami ereshkigal,bagian ini cukup membingungkan krn gugalanna adalah nama banteng surga yg dibunuh gilgamesh dan enkidu dalam kisah epos giglamesh,lagipula suami ereshkigal adalah
nergal,bukan gugalanna.
sebelum berangkat,innana
sdh bersiaga utk kemungkinan terburuk,oleh krn itu ia menitipkan pesan kepada
ninshubur agar meminta tolong kepada
Enlil, Nanna, Anu, dan Enki apabila ia tidak kembali dari dunia akhirat/kur dalam waktu
3 hari,hukum di kur,semua yg masuk kesana tidak boleh keluar,kecuali sipembawa pesan,dalam hal ini ninshubur.
innana saat mengunjungi kur,menggenakan 2 kalung,cincin emas,turban,lapiz lazuli,wig,pakaian kain,total berjumlah 7 mcm brg.setiap barang adalah sumber kekuatan innana,dan ini menimbulkan kecurigaan ereshkigal.
7 mcm perlengkapan yg dikenakan innana ini satu persatu,termasuk
bajunya,dilucuti sebagai syarat melalui tiap 1 pintu gerbang kur,yg diserahkan kepada setiap penjaga gerbang kur yg berjumlah 7(surga dan akhirat sumeria berjumlah masing masing 7),sehingga ketika innana mencapai tingkat tertinggi kur,ia telah telanjang dan kehilangan kekuatannya dihadapan ereshkigal.innana dengan arogansinya berselisih dengan ereshkigal,disini jg disebutkan adanya 7 hakim kur,yg disebut
annunaki,memutuskan hukuman utk innana,yaitu kematian.vonis annunaki membunuh innana dalam sekejap,dan mayatnya
digantung menggunakan kaitan(hook)
They shouted at her(innana) – it was the shout of heavy guilt. The afflicted woman(innana) was turned into a corpse. And the corpse was hung on a hook.
3 hari dan 3 malam berlalu,
sesuai pesan innana,maka ninshubur meminta bantuan Enlil, Nanna, Anu, dan Enki.tiga nama pertama menolak,dan seperti biasa,hanya dewa yg selalu digambarkan plg baik,dewa enki,yg mau membantu.enki menciptakan 2 makhluk tidak berkelamin,yaitu
gala-tura dan
kur-jara dari kotoran kuku para dewa.enki memerintahkan gala tura dan kur jara utk menghadap ereshkigal utk meminta mayat innana,dan setelah mayat innana berhasil diraih,berikan air dan makanan kehidupan sehingga hiduplah innana kembali.meski demikian
galla,iblis bawahan ereshkigal mengikuti innana keluar dari kur,galla meminta syarat harus ada salah satu dewa yg masuk ke kur menggantikan posisi innana di kur.pertama galla menginginkan ninshubur,tapi innana menolak krn menganggap ninshubur adalah bawahannya yg setia dan berduka utk nya,kemudian galla menginginkan
shara,tukang rias innana,namun jg ditolak innana krn shara jg berduka utk nya.kemudian terlihatlah
dumuzid,suami innana sekaligus
dewa pengembala domba,yg justru tidak berduka,berpakaian bagus dan bersenang senang dengan budak wanita nya.innana dengan ikhlas meminta galla menyeret suaminya ke kur.awalnya dumuzid nyaris lolos ,namun berkat bantuan utu,dewa matahari saudari innana,galla berhasil menyeret dumuzid ke kur.namun geshtianna,saudari dumuzid yg menyayanginya,memohon
agar ia saja yg menggantikan posisi dumuzid,maka ditetapkan dumuzid dan geshtianna berbagi waktu di kur masing masing selama 6 bulan.
*mitologi innana turun kedunia akhirat bukan hny menawarkan tuhan yg bangkit dari kematian,namun formula struktur yg lbh kompleks,yaitu kematian di[gunung golgota/kur(kur bisa jg berarti gunung,tanah,tanah asing ,menurut samuel noah kramer,ahli penerjemah sumeria)] dan bangkit dalam tiga hari,pakaian/atribut yg dilucuti dalam proses sebelum mati dan dibagi bagi(mazmur 22:19 dan yohanes 19:23-24 menyebut pakaian yesus dilucuti dan dibagi bagi menjadi 4,+1 jubah yg diundi),firasat/persiapan sebelum kematian(berdoa ditaman getsemani?) namun tetap menjalaninya,dan jg ending kematian yg digantung[salib/hook],dan jg ,pembaca bisa merasakan konsep : dewa/tuhan yg menggantikan posisi[menebus dosa manusia/dewa lain yaitu dumuzid,dewa penggembala domba,dan geshtianna yg menggantikan posisi innana] yg seharusnya ditanggung [manusia/innana] yg terbebas dr [kematian/kur],dan pada akhirnya tradisi para perempuan mesopotamia menangisi dumuzid/tammuz seperti maria dan para perempuan koleganya menangisi yesus dalam kisah yesus.
“brought me to the entrance of the north gate of the house of the LORD, and I saw women sitting there, mourning the god Tammuz” (Ezekiel 8:14)
-firasat kematian,namun tetap menjalaninya,innana berpesan pada bawahannya,yesus berdoa di taman getsemani
-pengadilan,innana diadili oleh annunaki sebagai 7 hakim di dunia bawah tanah stlh melewati 7 gerbang akhirat,yesus memiliki kisah pengadilan ponsius pilatus
-mati digantung di kur(kur memiliki dua arti..gunung dan dunia akhirat),sementara gunung golgota berarti gunung tengkorak yg jg memiliki kedua elemen tersebut(gunung dan akhirat)
-sebelum mati dilucuti pakaiannya
-mati 3 hari dan bangkit
-motif mati /kedunia akhirat utk menggantikan,yesus menebus dosa manusia,tammuz/dumuzid utk menggantikan innana dan jg saudari tammuz yg menggantikannya ke dunia akhirat
-memilih siapa yg menjalani hukuman,dipengadilan ponsius pilatus,rabi yahudi memilih barnabas dibebaskan sementara yesus dihukum,innana memilih penata rias nya jgn dihukum,tp memilih tammuz lah yg dihukum
-pada akhirnya maria dan koleganya menangisi yesus,seperti tamuz yg ditangisi inanna(dalam mitologi) dan tradisi perempuan mesopotamia yg menangisi tamuz/dumuzid
-dalam kisah yesus,elemen penghianat ada pada judas iskariot,sementara dalam kisah innana,penghianat tersebut adalah suami nya dumuzid
-maria membasuh mayat yesus sebelum bangkit,sementara gala-tura dan kur-jara memberi air dan makanan kehidupan utk membangkitkan inana
*untuk versi yunaninya adalah kisah hades yg menculik persephone dan memberinya makan buah tertentu sehingga persephone harus bolak balik dunia-akhirat dalam jangka waktu tertentu,seperti tamuz yg bolak balik dunia-akhirat,lantas bagaimana dengan bagian menangisi dan meratapi utk bangkit lagi? di kuil aprodithe di kuil biblos,kematian adonis diratapi,tetapi kemudian ada pemberitahuan bahwa adonis yg diratapi itu bangkit lagi.sebenarnya baik mitologi versi mesopotamia dan yunani adalah utk menjelaskan siklus pergantian musim,musim panen-kekeringan,konsep plg awal dari dying and rising god(tuhan yg mati dan bangkit lagi)