CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Solo /
[COC Reg. Solo] Mengenang Saripetojo, Pabrik Es Tertua di Solo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6f3d420577a94b052439ec/coc-reg-solo-mengenang-saripetojo-pabrik-es-tertua-di-solo

[COC Reg. Solo] Mengenang Saripetojo, Pabrik Es Tertua di Solo

Mengenang Saripetojo, pabrik es tertua di Solo

[COC Reg. Solo] Mengenang Saripetojo, Pabrik Es Tertua di Solo


Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Sugeng rawuh rencang kaskus sedoyo mawon, wonten therad kulo wanci niki


Solo adalah kota kecil di Jawa Tengah yang terletak di bagian timur. Kota yang mempunyai slogan "Berseri" ini berbatasan dengan kabupaten Karanganyar di sebelah timur dan utara, kabupaten Boyolali sebelah barat dan kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.

Kota yang berslogan Solo Berseri ini merupakan kota budaya. Selain memiliki kasanah budaya yang adi luhung, Solo juga merupakan kota penuh sejarah. Solo juga mempunyai pasar sandang terbesar se- Asia tenggara, yaitu Pasar Klewer. Pasar yang keberadaannya telah terkenal seantero dalam negeri, bahkan hingga ke mancanegara.

Kota penuh sejarah itu tampak dari bangunan keraton, masjid hingga benteng peninggalan zaman kolonial Belanda yang bernilai sebagai cagar budaya.

Spoiler for :


Meskipun, Solo merupakan kota kecil akan tetapi kemajuannya sangat pesat. Solo merupakan pusat kegiatan ekonomi dan industri. Tampak dari banyaknya bangunan pabrik dari berbagai sektor.

Agan Sista pernah mendengar atau bahkan telah mengetahui tentang keberadaan pabrik es Saripetojo?

[COC Reg. Solo] Mengenang Saripetojo, Pabrik Es Tertua di Solo[COC Reg. Solo] Mengenang Saripetojo, Pabrik Es Tertua di Solo


Ya, Saripetojo adalah sebuah pabrik es tertua di kota Solo. Konon, pabrik ini juga merupakan cikal bakal industrial di kota Solo. Pabrik es Saripetojo dibangun kurang lebih pada tahun 1919 dari zaman kolonial Belanda.

Bangunan bekas pabrik es Saripetojo pernah menuai polemik bernilai atau tidaknya sebagai bangunan cagar budaya. Namun, di sini ane gak akan bahas masalah polemik itu. Toh, nyatanya sekarang bekas bangunan pabrik es Saripetojo yang telah berusia tua itu berganti bangunan hotel mewah. Yaitu Hotel Swiss-Belinn Saripetojo yang terletak di Jalan Slamet Riyadi. Pembangunan bangunan bekas pabrik es Saripetojo itu sendiri dilakukan tahun 2012 silam.

Spoiler for :


Nah, itulah ulasan ane tentang pabrik es Saripetojo yang merupakan pabrik es tertua di Solo yang kini keberadaannya berubah menjadi bangunan hotel.

Cukup sekian thread ane kali ini. Jangan lupa tinggalkan jejak cendol, rate dan koment.

Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Semoga pandemi segera hempas dari muka bumi.

Sampai jumpa lagi dan wassalam. Salam hangat.

Terima kasih

Belajar Bersama Bisa


Sumber: Opini pribadi
Gambar : Google dan referensi 1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurika dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Untuk ts
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uliyatis dan 4 lainnya memberi reputasi
Ikutan lagi. Mampir sini Agan dan Sista!😄
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uliyatis dan 4 lainnya memberi reputasi
Baru tahu sis, ternyata solo kota pabrik es tertua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kereeen mbaksay. Semoga berhasil ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice trit sist, ane jadi tahu tentang Solo ada pabrik es tertua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waah... Baru tahu saya... Nice info sis emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keren deh pokoknya. Itu bikin es batu yang kotak-kotak ya
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan miniadila memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kenapa kok malah dijadikan sebagai hotel
profile-picture
profile-picture
miniadila dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Nice thread, Sist, informatif 👍 aku jadi tahu kalau di Solo ternyata ada pabrik es tertua
profile-picture
profile-picture
miniadila dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waah ituh es kristal ya
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pabrik es yang udah digantikan dengan bangunan hotel
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Seperti angker
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Oh, pantesan ane ga tau kalo pernah ada pabrik es di Solo. Rupanya sdh jd hotel, ya
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wih bersejarah ternyata pabrik ini
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Berarti pabrik esnya tinggal kenangan
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Quote:


Iya, Sista. Tapi sekarang tinggal kenangan.

Quote:


Thankyu, singgahnya Sista.

Quote:


Hu'um, Sista. Makasih singgahnya, ya.
Quote:


Iya, Sista. Sama-sama, semoga bermanfaat.

Quote:


Ada yang kotak dan kristal, Sista

Quote:


Kebijakan pemprov Jateng itu, Sist.
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Iya, Sist semoga bermanfaat.

Quote:


Hu'um, Sist.

Quote:


Bener banget, Sista.
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Quote:


Masak sih, Sist?

Quote:


Karena udah berubah jadi bangunan hotel ya, Sist?
profile-picture
rainydwi memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:


Quote:


Bener banget, Sista. Tergantikan dengan bangunan hotel.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di