Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ummusalihaAvatar border
TS
ummusaliha
[Coc Reg.Tasikmalaya] Kuliner Jadoel Dan Kekinian Paling Hits Bikin Ngiler!
Kuliner Jadoel hingga kekinian di Tasikmalaya
[Coc Reg.Tasikmalaya] Kuliner Jadoel Dan Kekinian Paling Hits Bikin Ngiler!
Sumber klik Garnesia


Hai Gansis ketemu lagi sama ane, wah ngomongin Tasik itu nggak akan ada habisnya. Dari mulai pesantren, tempat wisata, bordiran mukena cantik, sentra oleh-oleh, pokoknya gudang kuliner banget. Dari yang jadoel sampai kekinian walaupun gempuran inovasi terus terjadi, eksistensi kuliner di Tasik malah semakin tumbuh loh.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan semakin maraknya para pedagang usaha kecil menengah. Yang bergabung dalam banyak grup kuliner di Tasikmalaya, belum lagi beberapa festival seperti Pataruman culinary night dan Mambo kuliner yang menunjang eksistensi makanan kekinian.

Tahukah kalian apa saja makanan legendaris dan paling hits saat ini di Tasikmalaya? Kuy kita bahas keduanya :


Kuliner legendaris


Kupat Tahu Mangunreja[Coc Reg.Tasikmalaya] Kuliner Jadoel Dan Kekinian Paling Hits Bikin Ngiler!
Sumber Travelling Yuk


Kupat tahu kondang di Tasikmalaya ini sudah tidak diragukan lagi rasanya. Berdiri sejak tahun 1955 hingga kini eksistensinya masih bersinar. Awalnya kupat tahu Mangunreja dijual dengan cara dipikul, namun sekarang sudah punya tempat menetap yang lebih nyaman.

Ciri khas kupat tahu Mangunreja yang pasti kalian rindukan adalah tekstur bumbu kacang yang kasar dan aroma tungku yang melekat di kupat. Gimana nggak bisa ketagihan, cara masaknya saja masih alami pakai tungku dan proses memasak bumbunya memakan waktu 3 jam, benar-benar masih pakai cara tradisional demi menjaga cita rasa.


Soto Ayam Kampung Nonoy[Coc Reg.Tasikmalaya] Kuliner Jadoel Dan Kekinian Paling Hits Bikin Ngiler!
Sumber Google


Soto Nonoy ini enak pake banget, beda dari soto lainnya. Kenapa? Karena kuahnya pakai santan tapi tidak menghilangkan rasa khas soto itu sendiri. Udah gitu ayamnya pake ayam kampung, warna kuahnya putih menggoda, tidak seperti soto lainnya yang berwarna kuning. Kalau diresapi kuahnya lebih teliti, gurih banget seperti pakai susu, daging ayam kampungnya empuk banget tidak alot sama sekali.

Tempatnya juga nyaman, bersih, pelayanannya cepat. Soto Nonoy hanya membuka cabang, yaitu di jalan Ir H Juanda dekat Pool Budiman dan di Samping Al - Mutaqin, Jl. Sutisna Senjaya No.240, Cikalang, Kec. Tawang, Tasikmalaya. Kalau kalian malas ke tempat tinggal pesan saja via ojol, mereka juga sudah join disana.

Harganya juga masih terjangkau dompet sekitar 25-30ribu per porsi, kalau mau hemat ada juga yang perpaket sesuai keinginan. Ada paket yang satu ekor ayam itu sekitar 135.000, dengan harga segini kalian bisa makan dengan keluarga besar.

Mie Bakso Laksana
[Coc Reg.Tasikmalaya] Kuliner Jadoel Dan Kekinian Paling Hits Bikin Ngiler!
KlikDimarih


Konon mie bakso laksana ini paling legendaris dan termahal di kota Tasik, karena harganya dua kali lipat dari kios bakso lainnya. Ada harga ada kualitas, memang jika melihat harganya sesuai dengan kualitas cita rasa yang masih terjaga sampai sekarang. Mie bakso Laksana juga sudah mendapat sertifikat halal dari MUI, dulu santer dibicarakan bahwa bakso disini tidak halal disebabkan pengelolanya adalah orang tionghoa.

Lokasi mie bakso laksana ada di Jl. Pemuda No.5, Yudanagara, Kec. Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46121 tepat di belakang masjid agung Tasikmalaya. Konsep tempat juga masih dengan bangunan tua, jadi kalau makan disana berasa sekali jadoelnya. Malam hari disana juga ada jual martabak laksana, komplit banget deh buat kalian penjajal wiskul.


Kuliner Kekinian


Pataruman Culinary Night



Kalian bisa mengunjungi Pataruman culinary night untuk mencari makanan jadoel sampai kekinian, disini surganya kuliner seluruh Tasikmalaya. Banyak yang jual makanan jadoel juga dari mulai kue basah sampai ceker mercon, bubble tea, rice bowl, dan banyak lagi. Berikut beberapa menu makanan yang ada di sana :

Spoiler for Menu di Pataruman Culinary Night:


Bakso Japri



Nah bagi kalian pecinta bakso, selain mie baso laksana tadi ada yang lagi viral banget di Tasik diantaranya bakso gejrot dan bakso japri. Kenapa sampai bisa viral sih? Karena di bakso japri kalian bisa mengambil baksonya sendiri sesuka hati, istilah sundanya itu sistem Prasmanan. Yah seperti pas orang hajatan gitu ngambil bakso nya sendiri.
Bakso japri membuka beberapa cabang, yang dekat rumah ane cuma di jalan ibrahim adjie dekat alun-alun indihiang.

Es Cendol Elizabeth
[Coc Reg.Tasikmalaya] Kuliner Jadoel Dan Kekinian Paling Hits Bikin Ngiler!
Sumber Business


Sebetulnya es cendol masih terbilang minuman jadoel sih, tapi karena eksis sampai sekarang good job banget. Nggak terselip sama minuman kekinian seperti bubble tea, thai tea dan lainnya.
Nah di Tasik es cendol elizabeth yang ada di jalan HZ Mustofa ini masih ada sampai sekarang, selain kedai ini menjual es cendol ada juga menu lainnya salah satunya batagor.

Cilok Uruy[Coc Reg.Tasikmalaya] Kuliner Jadoel Dan Kekinian Paling Hits Bikin Ngiler!


Siapa sih yang nggak uruy alias ngiler ngelihat tampilan cilok begini segernya. Murah banget loh Gansis harganya cuma 7ribu rupiah aja.

Jika dibandingkan di Tasik yang merajai kuliner memang makanan berat seperti pernasian, dari mulai nasi t.o, nasi cikur, ayam geprek dan banyak lagi. Mungkin karena mayoritas orang sunda ya, yang tidak pernah lepas dari semboyan kalau belum makan nasi, belum terasa makan walaupun sudah makan lontong wkwkwk. Jadi, minuman kekinian itu jumlahnya hanya sekian persen ketimbang makanan berat.

Gimana nih Gansis sudah cukupkah kita wisata kuliner di Tasikmalaya? Dari mulai yang berat, ringan, sampai kekinian ya. Kalau mau bahas semuanya jelas bakal panjang banget soalnya memang disini tuh gudangnya kuliner apalagi perbaksoan. Selama 8 tahun tinggal di tasik, belum semua ane jajal saking banyaknya. Masih ada martabak ramayana, pabrik roti lemona, bakso raksasa, ayam goreng mang nanang, banyakk lagi.

Baiklah sekian thread kali ini semoga bisa menjadi gambaran buat kalian yang mau wiskul alias wisata kuliner di Tasik. Sampai jumpa di Tasikmalaya



Referensi:
Travellingyuk

Tripodvisor

Google
Diubah oleh ummusaliha 14-09-2020 00:43
miniadila
indrag057
rinafryanie
rinafryanie dan 2 lainnya memberi reputasi
3
766
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan