CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Bukan Google atau Yahoo, Ini Dia Mesin Pencarian Internet Pertama di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5b835e09b5ca2eef39e5de/bukan-google-atau-yahoo-ini-dia-mesin-pencarian-internet-pertama-di-dunia

Bukan Google atau Yahoo, Ini Dia Mesin Pencarian Internet Pertama di Dunia


Saat ini ada beberapa jenis mesin pencarian internet. Diantaranya Google, Yahoo, dan Bing. Dan Google memang menjadi jagoannya untuk urusan mesin pencarian. Hampir seluruh penduduk dunia menggunakan Google untuk berselancar di dunia maya. Mesin pencarian ini juga memiliki beberapa fitur canggih yang bikin penggunanya betah melakukan pencarian.

 Bukan Google atau Yahoo, Ini Dia Mesin Pencarian Internet Pertama di Dunia

Tapi Agan dan Sista tau gak, ternyata mesin pencarian internet pertama di dunia bukanlah salah satu dari ketiga contoh yang Ane sebutin diatas GanSis, bukan Google, bukan Bing, atau bukan juga Yahoo. Mesin pencarian pertama di dunia adalah Archie. Ada yang baru mendengar ini? Ane juga baru tau GanSis...hehe

Archie pertama kali rilis ke publik pada 10 September 1990. Awalnya mesin pencarian ini dikembangkan sebagai proyek sekolah oleh Alan Emtage di McGill University di Montreal, Kanada. Kala itu Emtage masih menjadi mahasiswa pascasarjana pada tahun 1989 di departemen teknologi informasi. Ia diminta untuk menemukan sebuah software untuk para mahasiswa dan fakultas lain. Kemudian ia menulis beberapa kode yang selajutnya dikenal sebagai Archie.

Proyek ini gak hanya dikerjakan Emtage seorang, ia ditemani dua rekannya Bill Heelen dan Peter Deutsch. Kedua rekannya ini menulis skrip yang memungkinkan orang lain untuk masuk dan menggunakan mesin pencarian tersebut.

Archie tidaklah persis sama dengan mesin pencarian yang ada sekarang. Ketika pengguna masuk, mereka akan menemukan halaman berbasis teks dengan beberapa opsi parameter penelusuran. Waktu itu belum ada iklan dan grafik interaktif seperti yang ada sekarang.

Di masa-masa awal internet, Archie sebenarnya hanyalah indeks situs File Transfer Protocol (FTP). FTP pada dasarnya menjadi cara untuk mentransfer file antar komputer. Setelah menemukan apa yang dicari menggunakan Archie, pengguna harus mengunduh file sebelum bisa melihat apa yang ada di dalamnya. Archie belum sepintar Google yang bisa menggunakan keyword bahasa sehari-hari. Jadi pengguna harus memastikan untuk membatasi pencarian pada satu kata yang benar-benar sesuai dengan keinginan.

Setelah Archie, munculah beberapa mesin pencarian lain, diantaranya Jughead, Veronica, dan kemudian mesin pencarian zaman sekarang, Yahoo dan Google.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
bromocool dan 6 lainnya memberi reputasi
Baru tau ane



emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ncritss dan 4 lainnya memberi reputasi
Iya yang internet search engine yang pertama itu emang Archie. Yang dimana dapat mencari situs FTP untuk membuat indeks file yang dapat diunduh. Cuman karena keterbatasan ruang (limited space), hanya situs yang terdaftar (index) yang bisa diakses. Jadi memang penggunaannya relatif terbatas.
wah sekarang masih bisa ga ya?
pelopor yak ternyata.. tp sayang jarang orang tau.. taunya cuma google doang wkwk
Laahh baru tau ane gan kalau ada pendahulu yahoo sama google haha
Pake browser apa emoticon-Leh Uga
Jadul emoticon-Big Grin
hello archie emoticon-Shakehand2 sekarang udah ilang apa masih ada ya itu si archie
Lah gitu toh
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Alta Vista kok ga disebut2?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Skrg pada beralih ke duck duck go, ane salah satunya sih haha


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di