CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Cuma Jaga Jarak dan Cuci Tangan Swedia Sukses Tekan Covid19, Indonesia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5f0a50f4d6955e2f1cea22/cuma-jaga-jarak-dan-cuci-tangan-swedia-sukses-tekan-covid19-indonesia

Cuma Jaga Jarak dan Cuci Tangan Swedia Sukses Tekan Covid19, Indonesia?

Cuma Jaga Jarak dan Cuci Tangan Swedia Sukses Tekan Covid19, Indonesia?

Rusaknya mental orang Indonesia, khususnya Jakarta, dalam memerangi Pandemi Covid19 mungkin menjadi sangat jelas jika kita bandingkan dengan keberhasilan masyarakat Swedia.

Harap dicatat! Pemerintah Swedia tidak pernah menganjurkan warganya mengenakan masker pelindung, tetapi mereka dengan sukarela dan disiplin membiasakan diri menyuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Hanya dua langkah itu yang dilakukan Swedia! Hal itu juga sudah pula digembar-gemborkan Pemerintah Indonesia tetapi dianggap remeh oleh masyarakat Indonesia, terutama warga Jakarta yang katanya banyak berpendidikan bagus.

Bahkan, Swedia tidak pernah menerapkan lockdown atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti Indonesia. Tetapi masyarakatnya berhasil memutus penularan penyakit yang dibawa virus SARS-Cov-2 tersebut.

Puncak penularan pada 19 Juni 2020, Swedia mendapati 108 infeksi baru per satu juta orang penduduk, sedangkan negara tetangganya, Denmark dan Norwegia, masing-masing delapan dan tiga infeksi.

Dalam beberapa minggu terakhir ini angkanya justru berbalik. Angka penularan di Swedia menjadi 12 infeksi sekitar 4 September 2020, sedangkan di Norwegia dan Denmark 14 dan 18 infeksi per satu juta penduduk.

Angka itu bertahan selama satu minggu dan menjadi yang terrendah di banding negara-negara tetangganya di Kawasan Nordik sejak Maret 2020.

Sementara angka kematian tinggal dua sampai tiga orang per hari dibandingkan 100 orang pada April lalu.

Keberhasilan itu dicapai dengan langkah sederhana saja, tetapi diikuti dengan warasnya orang masyarakat Swedia. Alih-alih menerapkan lockdown, Langkah Pemerintah Swedia hanya berfokus pada panduan jarak sosial sukarela dan mengajurkan menjaga kebersihan.

Itu saja. Pemerintah bahkan tidak menganjurkan warganya menggunakan masker wajah, namun bisa menjadi saran untuk lebih menekan lagi penularan Covid19.

Bisnis di Swedia juga terus beroperasi, yang berarti perekonomian telah bernasib jauh lebih baik. Tetapi, angka penularan kasus itu terus menurun dibandingkan Prancis, Belanda, Belgia, Spanyol hingga Italia.

“Apa yang kami lihat sekarang adalah bahwa kebijakan berkelanjutan mungkin lebih lambat dalam mendapatkan hasil, tetapi pada akhirnya akan mendapatkan hasil.

 Kami berharap hasilnya akan lebih stabil,” kata Otoritas Kesehatan Masyarakat Swedia Dr. Tegnell seperti dilansir Daily Mail.

Sementara, kepala departemen di Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Stockholm, Per Follin mengatakan pengujian akhir Agustus adalah ‘level terendah dalam waktu yang sangat lama’.

“Alasan kami memiliki transmisi yang relatif rendah sekarang sebagian besar karena fakta bahwa begitu banyak warga Stockholm mengikuti rekomendasi untuk tinggal di rumah saat Anda sakit, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Follin dalam sebuah pernyataan.

Jumlah pasien Covid-19 dalam perawatan intensif juga saat ini rendah, dengan enam pasien di rumah sakit Stockholm pada 31 Agustus. Ini dibandingkan dengan 225 pada akhir April, menurut otoritas kesehatan setempat Region Stockholm.

Hingga Kamis, Swedia memiliki angka kematian tertinggi kedelapan di dunia dengan 577 per juta penduduk, terutama karena kegagalannya melindungi orang tua di panti jompo pada tahap awal pandemi.

Swedia mencatat 11 kasus baru virus corona pada 2 September, sehingga jumlah total kasus mencapai 84.532.

Sumber Disini gan !!
Sumber Disini gan !!

Sumber Disini gan !!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
beda kesadaran mental nya gan ibarat bumi dan langit, di indo rendah dan bandel banget, ini dampak tak langsung dari kualitas pendidikan kita yg rendah, dan kenapa rrendah juga krena disamping mental inlander akibat dijajah juga krena budget pendidikan yang minim sebagai akibat dari terlalu banyaknya hutang luar negeri warisan jaman orba yang lahir ...ah sudahlah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
backz dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
memang ga perlu lockdown koq

kenapa jakarta ikut-ikutan, udah terbukti lockdown tidak efektif

wuhan bisa begitu, krn mati sedikit aja langsung dibakar, lockdown macam apa begitu, kaga bisa diterapin di indoensia

melbourne juga menerapkan lockdown, london, dll,
dan lihat apa berhasil?

cukup pake masker dan cuci tangan, itu aja cukup

cuci tangan sebelum masuk ruangan

yang jadi permasalah sebenarnya adalah KEMATIAN

saat ada pasien covid-19 mati, bagaimana cara penanganannya itu yang dicari jalan keluarnya

dan jalan keluar tidak satu dari kemenkes saja, tapi juga melibatkan AGAMA, krn kematian deket dengan agama

aturan kematian disepakati kemenkes dan pemucuk agama, setiap agama di indonesia, punya aturan khusus, untuk yang meninggal krn covid-19
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riansantoso4776 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Mental indo tak seperti mereka harus digalakin lockdown Solusinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eka01 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jaga anu mu gaes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
djidek dan 2 lainnya memberi reputasi
Kembali lagi masalah disiplin, dan taat sih, simpel aja
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan xandernathaniel memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Liat dlu tes swap di sweden bijimana
pelayanan kesehatan di sana gmn

jgn gvlok langsung nyalahin mental orang indon

logika lu kaya kolam dongo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emetophobia dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yakin khusus nya JAKARTA doang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dien79 dan 2 lainnya memberi reputasi
Jamlah pnduduk cma 10 jeti mudah diatur. Indonesia 200 jta lbh susah diatur. Diatur pada ngeyel smua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Hal yang paling dasar cuci tangan pake masker susahnya minta ampun bukan buat pemerintah tapi buat dirinya sendiri .... Gak ngerugiin orang lain apalagi pake biaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
Karakter masyarakatnya beda, yang dihadapi itu bukan cuma Covid-19 namun masyarakatnya juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kita perlu datangkan polisi india nih, inspekstur vijay dan ladusingemoticon-Cendol Ganemoticon-Hansip
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
jangan bandingin kita sm orang sono gan... karena soal peraturan kita lebih barbar ketimbang bangsa viking sonoemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
yp9nn dan nomorelies memberi reputasi
disini paling jago menyalahkan pihak lain, giliran cuma disuruh pake masker dan jaga jarak aja susahnya minta ampun emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh coens1982
Indonesia loss doll emoticon-Leh Uga
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Kesadaran diri sih.
Dulu awal masuk pun, yang meremehkan dan gak percaya covid masuk indo pun banyak. skrg pun yg gak percaya juga banyak

emoticon-Hammer2
profile-picture
nomorelies memberi reputasi

Baca

Jokowi: Penanganan Corona RI Tak Bisa Dibandingkan dengan Negara Non Kepulauan
https://kask.us/iG7U2
#ForumKaskus via @KASKUS
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan Rainbow555 memberi reputasi
disini malah byk kaum dongok yg blg itu cuma akal2an pemerintah.
emang ada korbannya? ga prnh liat tuh!

hdeh..capede
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan Rainbow555 memberi reputasi
Untuk berita dr luar negeri w belakangan kurang percaya klo sumbernya dr domestik, apalagi wabah beginian...

emoticon-Traveller
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
walaupun pake embel" cuma, tapi aspek disiplin itu gede dan susah buat nerapin secara konsisten emoticon-Wow
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Indonesia BISA kok
Lbh dr negara manapun.

Ini tanah air ku tumpah darahku
Gak mngkn lah bkl ane remehin
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di