CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DPR Larang Sri Mulyani Tambah Defisit APBN 2021
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5c94837e3a721dc43d956d/dpr-larang-sri-mulyani-tambah-defisit-apbn-2021

DPR Larang Sri Mulyani Tambah Defisit APBN 2021

 DPR Larang Sri Mulyani Tambah Defisit APBN 2021

Badan Anggaran (Banggar) DPR melarang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambah defisit anggaran di tahun 2021. Pasalnya, dalam postur sementara APBN 2021 defisit fiskal sudah dilebarkan ke level 5,7% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Pelebaran defisit ke level 5,7% ini setara Rp 1.006,4 triliun atau meningkat Rp 35,2 triliun dari nota keuangan sebesar Rp 971,2 triliun atau setara 5,5% terhadap PDB.

Agar tidak menambah defisit anggaran, Ketua Banggar DPR Said Abdullah mengatakan pemerintah harus memiliki manajemen risiko yang bisa mengantisipasi tidak tercapainya target pendapatan negara di tahun 2021.

"Pemerintah harus memiliki manajemen risiko fiskal yang baik, untuk tidak boleh lagi menambah defisit anggaran," kata Said saat rapat kerja dengan pemerintah, Jumat (11/9/2020).

Defisit anggaran yang melebar dikarenakan target pendapatan negara lebih rendah dibandingkan belanja negara. Selisih dari target tersebut menjadi defisit anggaran dan akan dipenuhi melalui pembiayaan utang.

Said mencontohkan, manajemen risiko fiskal yang bisa dijalankan pemerintah saat target pendapatan tak tercapai salah satunya melalui refocusing dan realokasi anggaran. Dengan begitu, pemerintah bisa mempertajam program-program yang prioritas.

"Pemerintah bisa melakukan refocusing dan realokasi anggaran yang fleksibel dengan tetap menerapkan disiplin fiskal yang tinggi," jelasnya.

Menanggapi itu Sri Mulyani menyanggupi mengenai menjaga defisit anggaran sesuai target di postur sementara APBN 2021.

"Pemerintah tetap menjaga disiplin fiskal dengan defisit tidak melebihi 5,7%, dan apabila terjadi perubahan pos dalam pendapatan maka akan dilakukan offside dari sisi belanja melalui berbagai tindakan refocusing atau melakukan prioritas yang lebih tajam lagi," kata Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini pun berjanji akan menggunakan seluruh instrumen kebijakan dalam memulihkan ekonomi nasional dari dampak pandemi Corona. Bahkan dirinya akan memprioritaskan sektor kesehatan.

"Kita berikhtiar terus secara maksimal, semoga ketidakpastian berasal dari COVID bisa ditangani dan tanggulangi dan terus pusatkan perhatian untuk dukung langkah-langkah kesehatan dan bidang ekonomi dan melindungi masyarakat melalui berbagai bansos," tutur Sri Mulyani.

link

Pelebaran defisit ke level 5,7% ini setara Rp 1.006,4 triliun atau meningkat Rp 35,2 triliun dari nota keuangan sebesar Rp 971,2 triliun atau setara 5,5% terhadap PDB.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Upeti kurang,auto dijegal
Shutdown aja



Menurut UU batas maximum defisit adalah 3% PDB
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
asik, berarti kalian hewan2 udah siap disunat ya tunjangan dan gajinya sampai ke batas minimum? emoticon-Leh Uga
srimul sudah melanggar UU, harusnya nih orang direshuffle, ajegile defisit bengkak diatas 3 % GDP, harusnya dah dikurangi dari dulu
Yah bagus lah kalo emang bener ngelarang.
Cuma gw kog ndak yakin, jangan2 cuma gertakan buat tambahan upeti

Nyatanya itu sekarang udah mencapai 5.6% dari GDP, padahal menurut UU cuma boleh 3% maksimum? Itu kok bisa? apakah waktu itu bagi2 nya rata?
Diubah oleh maya.asar
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
DPR makes a nice move emoticon-Cool
makin bingung ntar sri mulyani ngatasin defisit, sekarang aja udah banyak anggaran yg dipotong sana-sini
Kesian mentri2 di era ini emoticon-Embarrassment


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di