sniper2777Avatar border
TS
sniper2777
Corona di Bali Naik Lebih dari 100%, Kapasitas di 55 RS Hampir Penuh
Denpasar - Sepekan terakhir kasus konfirmasi positif COVID-19 di Bali meningkat drastis. Kondisi ini membuat kapasitas di 55 rumah sakit (RS) rujukan perawatan pasien COVID-19 nyaris penuh.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bali I Ketut Suarjaya mengatakan Pemprov Bali mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19. Pemprov Bali akan menambah fasilitas kamar isolasi dan ICU serta menambah jumlah RS rujukan COVID-19.

"Ya hampir penuh, tapi kami sudah melakukan langkah-langkah antisipatif. Kita sudah atur sehingga yang (gejala) berat masuk ke Sanglah dan RS Unud. Yang ringan itu kita karantina, yang sedang kita rujuk ke RS daerah di Bali, kan ada 55 rumah sakit itu," kata Suarjaya saat dihubungi detikcom, Rabu (9/9/2020).

Selama sepekan terakhir, Satgas Penanganan COVID-19 mengungkapkan ada peningkatan lebih dari 100% kasus COVID-19 di Bali. Terkait kondisi ini, Pemprov Bali akan meminta tiap RS menambah tempat tidur.

"Tapi nanti akan tambahan-tambahan tempat tidur di beberapa rumah sakit. Saya mengimbau semua RS menambah tempat tidur. Masih masih mencukupi kita terus komunikasi sama temen-temen rumah sakit sehingga ya ada penambahan-penambahanlah semua rumah sakit saya minta untuk ditambahlah fasilitas tempat tidurnya ya melihat situasi berikut," ujar dia.

Pemprov Bali juga akan meminta 17 RS lain untuk ikut bisa melayani pasien COVID-19. Pemprov Bali juga berkoordinasi dengan RS milik TNI dan Polri.

"Oh ya termasuk itu juga, kami mengimbau RS ya kan di Bali ada 72 RS tapi yang sudah melayani itu ada 55 RS, ini kami imbau tambah tempat tidur ya masing-masing RS yang sudah menangani itu saya minta nambah. Tadi juga ketemu sama Pak Pangdam untuk RS TNI saya minta untuk menambah pelayanan, mengimbau lewat Pak Sekda sebagai Ketua Harian Gugus Tugas kemudian di RS Polda Bhayangkara nambah juga tempat tidur gitu," ujar dia.

Suarjaya mengatakan meningkatnya kasus COVID-19 dipengaruhi dari tingkat kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan. Dia mengatakan Pemprov Bali juga berharap warga sadar untuk patuh protokol kesehatan sehingga kasus COVID-19 tak bertambah.

"Ya ini yang sembuh kan juga meningkat tapi yang nambah meningkat itu memang lebih banyak. Karena itu kembali lagi kepada disiplin, banyak masyarakat yang berkerumun tidak pakai masker dan sebagainya," kata Suarjaya.

"Ya mudah-mudahan dengan cara itu kita berupaya di hulu untuk mencegah terjadinya kasus yang baru ya dengan Pergub 6/2020 tentang pemberian sanksi ya mudah-mudah dengan cara itu semua bekerja sama bagi yang melanggar diberikan sanksi," tambahnya.

Sebelumnya, juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan kenaikan kasus Corona secara nasional meningkat sebanyak 18% dari minggu lalu. Kenaikan kasus tertinggi ada di Provinsi Bali, yang angka kenaikannya lebih dari 100 persen.

"Perkembangan kasus positif mingguan pertama secara nasional penambahan kasus COVID-19 selama seminggu terakhir ini mengalami kenaikan 18,6 persen dibanding minggu lalu dari 18.625 menjadi 22.097," kata Wiku melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/9).

"Dan kenaikan kasus ini tertinggi ada di Bali lebih dari 100 persen dari 565 kasus menjadi 1.034," tambahnya.

Berdasarkan data yang diunggah di situs pendataan.baliprov.go.id, per 8 September 2020, kasus positif COVID-19 di Bali mencapai 6.549. Sepekan sebelumnya, tepatnya 2 September 2020, kasus positif COVID-19 berada di angka 4.436. Jadi ada penambahan 2.113 kasus Corona dalam tujuh hari terakhir.

Selain kasus positif, hingga 9 September 2020 total kasus sembuh di Bali mencapai 6.723, meninggal 142 orang, dan dalam perawatan 1.259. Sedangkan pasien sembuh dilaporkan sebanyak 5.322 kasus.

(jbr/jbr)

https://news.detik.com/berita/d-5166...hampir-penuh/1



Ini pasti gara2 Anies emoticon-Blue Guy Bata (L)


Gara2 kebijakan kendaraan ganjil genap, gara2 parade peti mati, gara2 demo buruh, gara2 deklarasi KAMI, gara2 kadrun bego pada demo2 emoticon-Mad

Semoga Bali gak ikut2an PSBB ketat emoticon-Angkat Beer




Bali cukup terapi dengan Arak bali yg ampuh mengusir corona emoticon-Angkat Beer













emoticon-Tai__________________emoticon-Ngacir
indramamoth
mupengx
Cendol donk gan
Cendol donk gan dan 44 lainnya memberi reputasi
43
9.2K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan