Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Biaya Bikin SIM di Negara ini Hampir Rp 50 Juta Gan

Setiap negara di dunia memiliki aturan dan syarat tertentu dalam pembuatan surat izin mengemudi. Biaya pembuatannya pun berbeda – beda. Di Indonesia sendiri biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan SIM A adalah Rp 120.000, dan SIM C sebesar Rp 100.000. Biaya yang sangat murah jika dibandingkan dengan biaya pembuatan SIM di negara ini GanSis. 

Biaya Bikin SIM di Negara ini Hampir Rp 50 Juta Gan

Negara yang Ane maksud adalah Norwegia. Negara Eropa Utara ini bisa dibilang sebagai negara dengan biaya pembuatan SIM paling mahal. Biaya pembuatan SIM disana mencapai 30.000 krona atau sekitar Rp 49,5 juta. Nyaris Rp 50 juta biayanya GanSis. Beratus – ratus kali lipat jika dibandingkan dengan biaya di Indonesia.

Biaya yang cukup mahal ini disebabkan oleh proses pembuatannya yang terbilang rumit. Ada serangkaian pelatihan dan tes yang harus dilalui. Dan waktu tesnya juga gak sebentar GanSis. Untuk menyelesaikan semua tes, butuh waktu sekitar 20 jam. Selama 20 jam itu peserta akan mendapatkan teori seputar mengendarai, cara mengemudi di malam hari, cara mengemudi di jalur pedesaan, hingga mengemudi di lintasan khusus untuk latihan. Waww...ribet juga ya, di kita tes satu lintasan aja kadang gak lulus – lulus, apalagi sebanyak itu ya...hahaha. Tapi rangkaian tesnya kalau menurut Ane masuk akal sih GanSis.

Jika sudah melewati tahapan tersebut dan lulus, peserta diperbolehkan untuk mengemudi di jalan raya dan udah mendapatkan SIM ujicoba. Masih SIM ujicoba donk GanSis. SIM ujicoba ini berlaku selama dua tahun. Dalam periode dua tahun tersebut, jika peserta melakukan pelanggaran lalulintas, maka akan diberikan poin. Semakin banyak poin yang dikumpulkan, maka akan semakin besar kemungkina SIM ujicoba ditarik kembali. Jika SIM ujicoba ditarik, peserta gak akan bisa mengajukan pembuatan SIM baru hingga waktu yang ditentukan. Dan yang pasti peserta gak akan diperbolehkan untuk mengemudi.

Asli ini ribet banget GanSis, pake SIM ujicoba segala...hadeuh...Tapi kalau dipikir – pikir lagi, langkah yang diambil pemerintah Norwegia ini akan mendidik masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum dan jika berkendara harus mematuhi semua aturan yang berlaku. Jadi aturan berlaku bukan karena ada pihak berwajib GanSis...kerennnn. Mungkin gak ya di Indonesia diterapin kayak gini?



koi7
ujellyjello
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.6K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan