CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Relawan yang Disuntik Vaksin Buatan China Terpapar Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5aad2a10d29545e16034af/relawan-yang-disuntik-vaksin-buatan-china-terpapar-covid-19

Relawan yang Disuntik Vaksin Buatan China Terpapar Covid-19

BANDUNG, KOMPAS.com – Tim uji klinis vaksin Covid-19 dari Sinovac, China, menjelaskan tentang kabar yang beredar mengenai relawan vaksin Covid-19 yang terpapar virus corona.

Padahal, relawan tersebut sudah mendapat vaksinasi Covid-19.

“Relawan tersebut setelah mendapatkan suntikan (tidak diketahui vaksin atau plasebo) pertama, bepergian ke luar kota,” ujar Ketua Tim Riset Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Unpad, Prof Kusnandi Rusmil dalam rilisnya, Kamis (10/9/2020).

Kusnandi menjelaskan, pada kunjungan suntikan kedua, relawan secara klinis dinyatakan sehat dan diberikan suntikan kedua.

Keesokan harinya, relawan menjalani program pemeriksaan swab nasofaring dari Dinas Kesehatan karena ada riwayat ke luar kota.

Oleh petugas dilakukan pengambilan bahan dari apus hidung dan kemudian dikirimkan ke laboratorium BSL2 dengan hasil positif. Hasil ini disampaikan pada yang bersangkutan.

Orang tersebut kini menjalani isolasi mandiri dan dipantau secara ketat setiap hari. Selama 9 hari pemantauan, kondisi relawan dalam keadaan baik.

“Jadi, hasil pemeriksaan apus hidung positif bukan berasal dari tim penelitian tapi hasil dari program pemeriksaan swab nasofaring oleh pemerintah,” ucap dia.

Kusnandi mengingatkan, dalam uji klinis terdapat dua kelompok, yakni yang mendapat plasebo dan vaksin.

Uji klinis ini dilakukan dengan prinsip observer blind atau tersamar, sehingga tidak diketahui mana yang dapat plasebo dan mana yang mendapat vaksin.

“Karenanya, semua relawan diimbau wajib menerapkan protokol pencegahan yang sudah dianjurkan pemerintah,” ucap dia.

Pada relawan yang mendapat vaksin, kekebalan diharapkan muncul paling cepat dua minggu pasca-suntikan kedua.

Sukarelawan uji klinik pun masih akan dipantau kesehatannya selama 6 bulan setelah mendapat suntikan vaksin terakhir.

https://regional.kompas.com/read/202...papar-covid-19
profile-picture
profile-picture
profile-picture
666fapfap dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Bagaimana kalau vaksinnya ternyata virus? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
essholl dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
200 juta rakyat Indonesia siap dijadikan sbg kelinci percobaan Rezim nasi anjing emoticon-Selamat

200 juta rakyat Indonesia siap menjadi zombie emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Spartan King dan 4 lainnya memberi reputasi
Lebih apes dari jman vooc.

Saya liat oeang yv suka koar koar roket sdh mulai putus asa. Yg penting bayaran soak rakyat masa bodoh.
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
Akibat meremehkan , bakal mirip kaya game TLOU
emoticon-Ngamuk
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
laahhh....bisa begitu yak....
Ya vaksin kan emang ga terus bikin kebal 100%, tapi badan mampu merespon infeksi virus dg lebih baik, sehingga ga mematikan...beda ceritanya klo sudah divaksin, terinfeksi covid kemudian meninggal..ya itu baru dipertanyakan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh planthopperman
sudah dilarang berpergian, malah berpergian. Padahal baru disuntik pertama kalinya, dan itu pun entah placebo atau vaksin. Kalau gak sanggup ikut protocol uji coba, ya jangan jadi relawan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 2 lainnya memberi reputasi
gue harap nih orang yang dikasi plasebo bukan nyank kena pagsin nguiklen beneran emoticon-Takut
kaskuser yang jadi relawan suntik vaksin angkat tangannya.
relawan dapat jaminan dan gaji berapa dari pemerintah ?? masa cuma buzzer dan ifluencer yang digaji emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
Vaksin cacat
Placebonya isi apa ya, kunyit dan jahe?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Vaksin seumur jagung dan masih testing pula (Versi Beta) dan belum diakui WHO, ya masih keok lah waktunya terlalu terburu2
buzzer harus mau jadi relawan 90 M udah turun
profile-picture
Spartan King memberi reputasi
mungkin vaksin versi alpha gan, jadi masih banyak bugs emoticon-Hammer2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Harus dicek, habis suntik vaksin, jalan2 ga tu orang? Indonesia bnyk zona hitam covid soalnya. Kalau ga kemana2 dan tetap kena, tu vaksin masih kurang aman, tp kalau bepergian berarti salah orang itu...

Biasa abis vaksin hati2 capek atau kepapar virus itu lagi, banyakin istirahat biar antibodi kerja dengan maksimal
Sorry ane lebih percaya sama vaksin buatan US, Jepang, Taiwan atau dari negara-negara Eropa dibanding dengan buatan Red China.
Lama lama jadi zombie
WHO aja bilang belum akan tersedia vaksin sampai awal 2021. lalu ini vaksin apa?? emoticon-Thinking
vaksin versi kw super, yg versi bill gates kata jerink ahmad dhani deddy dkk kan ada chipnya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di