Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adineoAvatar border
TS
adineo
Logo PDIP Jadi Lambang Sila Ke-4, Pakar Sebut Tak Cukup Minta Maaf
Surabaya - Cuitan di twitter tentang simbol Pancasila sila ke-4 yang bergambar lambang banteng khas PDIP, viral di medsos. Logo PDIP muncul dijadikan lambang sila keempat dalam program belajar daring yang disiarkan SBO TV.
Pakar Pendidikan Surabaya Isa Ansori menilai kejadian itu sebagai sebuah kecerobohan yang dilakukan Dinas Pendidikan. Sebab, materi yang dipresentasikan guru tidak melalui kroscek terlebih dahulu.

"Ini kan acaranya Dinas Pendidikan. Nah ini menurut saya karena ini acaranya Dinas Pendidikan ini menunjukkan ada kecerobohan yang dilakukan Dinas Pendidikan," tegas Isa kepada detikcom saat dikonfirmasi, Rabu (9/9/2020).

"Dinas Pendidikan tanpa melakukan editing terakhir terhadap hal-hal yang akan disiarkan itu yang kemudian menjadi persoalan," tambahnya lagi.

Selain kecerobohan dalam hal teknis, lanjut Isa, dalam kejadian itu terjadi kesalahan dalam menafsirkan lambang sila dalam Pancasila. Dan itu menunjukkan lemahnya Dinas Pendidikan dalam membangun nasionalisme.

"Ini kan bukan persoalan yang muncul itu gambar siapa. Tapi kan ini salah melambangkan sila Pancasila. Sehingga ini menunjukkan kepekaan Dinas Pendidikan untuk membangun nasionalisme itu kan lemah kelihatannya," jelasnya.


"Sehingga menurut saya tanggung jawabnya harus ada di Dinas Pendidikan. Tidak cukup itu minta maaf, karena itu berkaitan dengan lambang negara," imbuh Isa.
Karena sudah berkaitan dengan lambang negara, dia kemudian menyebut wali kota Surabaya harus memberi teguran keras kepada Dinas Pendidikan. Sebab, pihak Dinas Pendidikan tanpa melakukan pengecekan materi guru yang akan ditayangkan terlebih dahulu.

"Kalau menurut saya wali kota harus memberi teguran yang keras. Karena ini kecerobohan dan kaitannya dengan lambang negara dan sifatnya nasional. Bahwa sila keempat itu lambangnya begini tapi kemudian yang terjadi tanpa cek dan ricek dari Dinas Pendidikan sebagai penanggung jawab," tegasnya.

"Kemudian yang terjadi seperti ini. Dan ini sulit kalau sudah dilihat ribuan orang untuk membenarkan lagi butuh waktu," tandas Isa.


Sebelumnya, dalam akun twitter @chandra_ds membuat tweet disertai video di twitter pada Selasa (8/9), pukul 12.09 WIB. Di tweet pertama, akun @chandra_ds menuliskan "Program pembelajaran GURUku di @sbotv 8 September 2020 untuk kelas 1 SD, menjelaskan simbol sila 4 kepala banteng tapi gambar yang ditampilkan lambang PDIP. @e100ss @dispendiksby1 @SapawargaSby @BanggaSurabaya," tulisnya.


Pada tweet pertama ini, akun tersebut menampilkan screenshot program tersebut beserta logo PDIP yang terpampang serta gambar materi. Hingga kemarin, video itu disaksikan 9.057 kali dan ada 216 retweet serta 182 yang menyukai.



Sumur  : Detik

Ayo.. yang ngaku paling Pancasila silahkan Komenemoticon-Travelleremoticon-Traveller



nomorelies
areszzjay
areszzjay dan nomorelies memberi reputasi
0
663
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan