CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BREAKING NEWS! Pertamina Ajukan Utang 44 Triliun Lewat 6 Bank Asing
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f575418a727685ef66db7bd/breaking-news-pertamina-ajukan-utang-44-triliun-lewat-6-bank-asing

BREAKING NEWS! Pertamina Ajukan Utang 44 Triliun Lewat 6 Bank Asing

BREAKING NEWS! Pertamina Ajukan Utang 44 Triliun Lewat 6 Bank Asing

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) mengajukan pinjaman atau utang sebesar US$3 miliar atau setara Rp44,1 triliun (kurs Rp14.700) lewat enam bank asing.

Mengutip Global Capital, Pertamina dikabarkan mencari pendanaan dari bank Eropa, BNP Paribas, Citi, Credit Agricole, MUFG Bank, Societe Generale, dan Sumitomo Mitsui Banking Corp untuk mengakuisisi sejumlah aset di bidang energi.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati pada Juni lalu menyebut bahwa perusahaan membutuhkan dana sebesar US$133 miliar hingga 2026 nanti untuk menggenjot kapasitas produksi.

Nicke bilang bahwa Pertamina akan mengambil pendanaan eksternal, penawaran umum perdana, dan pembiayaan proyek sekitar $49 miliar.

Untuk tahun ini, ia menyatakan Pertamina akan mengeluarkan dana sekitar US$6,2 miliar untuk sejumlah proyek strategis nasional. Selain itu, ia menegaskan pihaknya membutuhkan dana untuk menjaga produksi hulu karena banyaknya sumur tua.

Ia juga menegaskan selain pendanaan internal, 10 persen dari dana itu diharapkan bisa didapat dari pembiayaan proyek, 28 persen lainnya dari pendanaan eksternal, dan 15 persen sisanya dari pembiayaan ekuitas.

Pilihan pendanaan lainnya berasal dari saham, baik itu dalam bentuk kemitraan atau pun penawaran umum perdana (IPO). Juga dari penerbitan surat utang dengan jangka waktu rata-rata 1 hingga 10 tahun dan dibatasi oleh rasio utang terhadap ekuitas, serta utang perbankan dengan jangka waktu rata-rata 4 tahun-5 tahun.

"Untuk tahun ini kami berencana mengeluarkan US$6,2 miliar. Kami sebenarnya memangkas 23 persen dari target tahun ini. Sebagian besar untuk proyek strategis nasional, seperti pengembangan kilang," katanya seperti dikutip dari The Insider Stories.

Redaksi telah menghubungi Nicke. Namun, hingga berita diturunkan, yang bersangkutan belum merespons.

Terpisah, VP Corporate Communication Pertamina menyebut pihaknya tak dapat berkomentar. "Mohon maaf, kami belum dapat berkomentar mengenai hal ini," katanya kepada CNNIndonesia.com.

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...t-6-bank-asing

Semoga Indonesia bisa menjadi negara maju, ingin sekali rasanya melihat Indonesia diperhitungkan dunia. Tidak usahlah menjadi negara adidaya, cukup menjadi negara maju saja sudah lebih dari cukup.
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan anakrantau25 memberi reputasi
Jadi negara maju pasti bisa, tapi lamaaaaaa

Karena ga diukur dari Pendapatan saja, tapi SDM juga
Lebih sederhana lagi coba liat SDM disekitar kita mindset dan moral nya trus simpulkan sendiri

emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
knoopy dan harunmasiku memberi reputasi
Bukan nya sudah jadi negara maju??
Lu googling aja. Pakde sendiri yg ngomong kalo kita sudah menjadi negara maju
profile-picture
harunmasiku memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
sekelas pertamina bukannya banyak asset liquidnya yah? dan napa harus bank luar sih?
profile-picture
harunmasiku memberi reputasi
Kenapa harus bank luar semua . Emang ngak ada bank nasional yg mau ngebiayain ya ???
profile-picture
harunmasiku memberi reputasi
Semoga cepet dilunasin deh ya gan
Kalo pinjemnya bukan rupiah dan nilainya trilyunan
Banyakan memang ke bank asing atau bahkan hampir semua
Diubah oleh xrm
Kt kan udah jd negara maju

BREAKING NEWS! Pertamina Ajukan Utang 44 Triliun Lewat 6 Bank Asing
hehehehe petrol mau mati bentar lagee

wkwkwkwk kasian bini simpenan selir sama sugar babynya emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di