partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Xiaomi Siap Hadirkan HP dengan Kamera Selfie di Bawah Layar

Pabrikan smartphone asal China, Xiaomi terus melakukan inovasi. Kali ini inovasi diberikan pada kamera depan. Xiaomi siap menghadirkan kamera selfie di bawah layar pada tahun depan. Informasi ini disampaikan langsung oleh presiden Xiaomi, Shu Zi Chew, melalui postingan di Twitter. Dan inovasi ini kemungkinan besar di produksi secara massal pada tahun depan.


Dalau kicauannya tersebut, sang presiden menyertakan sebuah video yang menampilkan dua buah smartphone dengan desain layar yang mirip, namun terdapat satu perbedaan. Perbedaan tersebut terlihat dengan tidak adanya DotDisplay atau punch hole sebagai tempat kamera pada layar salah satu smartphone.




Meski tak memiliki punch hole, video itu menunjukkan bahwa smartphone tetap dapat menangkap gambar selfie meski tak ada mekanisme kamera pop-up. Hal itu menunjukkan bahwa ia memiliki kamera di bawah layar.

Sebenarnya teknologi ini bukanlah Xiaomi yang pertama kali memperkenalkan. Sebelumnya ada Samsung dan OPPO yang udah lebih dahulu memperkenalkan teknologi ini dalam bentuk prototipe. OPPO sendiri bahkan di tahun 2019 memperkenalkannya. Nah, mengingat bukan Xiaomi doank yang punya teknologi ini, kira – kira vendor mana ya yang bakalan duluan ngeluarin smartphone dengan teknologi ini?

Kamera selfie di bawah layar sendiri pada dasarnya mengadopsi teknologi kamera punch hole. Bedanya, kamera selfie di bawah layar memiliki satu lapisan transparan di atas punch hole tersebut. Dengan teknologi ini, layar smartphone pengguna lebih jernih tanpa gangguan punch hole ataupun notch yang sudah mulai ditinggalkan sejak 2019.

Teknologi kamera selfie di bawah layar juga bertujuan untuk mengatasi masalah yang dimiliki mekanisme pop-up. Meski sama-sama membuat layar tanpa gangguan, kamera pop-up membuat bobot perangkat lebih berat, moving parts yang gampang rusak, hingga smartphone tak bisa dibuat tahan air dan debu atau IP68.


 

 

 

 

over.power
indramamoth
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan