partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Kekhawatiran yang Muncul dari Rencana Elon Musk Pasang Chip Komputer di Otak

Beberapa waktu sempat beredar berita kalau Elon Musk lagi melakukan uji coba Neuralink pada Babi. Ia memasangkan chip komputer ke babi. Langkah ini merupakan tahap uji coba sebelum chip komputer dipasang di otak manusia. Jika nantinya ini udah sempurna dan bisa dipakai di otak manusia, Musk mengklaim kalau chip ini bisa menyembuhkan penyakit seperti alzeimer, kebutaan, dan imsonia. Dan ia juga menyebutkan kalau ini bisa terhubung dengan smartphone.

Mungkin secara teknologi ini bisa dibilang canggih, tapi karena dipakenya di otak, mungkin gak sih hal buruk lain akan muncul karena ini? seperti:

Kerusakan chip

Namanya barang buatan manusia, pasti ada masanya tu barang akan rusak meskipun memiliki kualitas yang mumpuni. Pertanyaannya, apa yang akan terjadi dengan otak ketika ada kerusakan tersebut? dan perbaikan seperti apa ya? apakah chip nya akan dikeluarkan dulu terus dimasukin lagi jika udah baik? Hmm...gak tau lah ya...mudah – mudahan aja mereka memikirkan itu..

Mengontrol pikiran

Musk menyebut nantinya, chip itu dapat upload ataupun download informasi antara otak manusia dan internet. Walau masih berupa klaim mengawang-awang, jika benar terjadi maka tak menutup kemungkinan otak bisa dikontrol oleh orang yang menyalahgunakan, misalnya saja hacker. Skenarionya misalnya, penjahat cyber mampu menerobos sistem Neuralink, kemudian mengontrol manusia yang terhubung dengan sistem tersebut. Kira – kira mungkin gak ya ini terjadi GanSis?

Muncul manusia super

Dengan memakai chip tersebut, bukan tidak mungkin manusia masa depan akan lebih superior dibandingkan yang tidak memakainya, misalnya jadi jauh lebih pintar dan lebih kebal dari berbagai macam penyakit. Hal ini bisa menimbulkan kesenjangan berbahaya. Hal ini bisa aja terjadi karena Musk akan menggunakan Kecerdasan Buatan untuk alat ini.

Orang kaya jadi powerfull

Dengan teknologinya yang begitu canggih, pasti harga yang ditawarkan untuk teknologi ini juga gak murah. Dan karena gak murah, otomatis yang bisa make di alat cuman mereka yang berduit. Dengan demikian bukan tidak mungkin orang kaya akan makin powerfull, apalagi kalau alat ini lebih canggih dari hanya sekedar menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan saraf.

n.h3
candidat.master
indramamoth
indramamoth dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan