KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Lagi, Google Hapus Aplikasi yang Terinfeksi Malware Joker

Lagi dan lagi, kali ini peneliti keamanan siber dari firma keamanan Pradeo yang menemukan adanya enam aplikasi pada Google Play Store yang terinfeksi malware joker. Total unduhan dari ke – enam aplikasi ini telah mencapai lebih dari 2 juta kali unduhan. Ke – enam aplikasi tersebut adalah Convenient Scanner 2, Safety Applock, Push Message – Texting & SMS, Emoji Wallpaper, Seperate Doc Scanner, dan Fingertips GameBox.

Kini semua aplikasi tersebut telah dihapus dari Google Play Store. Namun, bagi mereka yang udah terlanjur mengunduh, aplikasi ini masih akan terpasang di ponsel mereka. Oleh karena itu ada baiknya untuk segera menghapus aplikasi tersebut untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

FYI, Malware Joker adalah bot berbahaya yang dikategorikan sebagai Fleeceware di mana aktivitas utamanya adalah mensimulasikan klik dan mencegat SMS untuk memasukkan layanan premium yang tidak diketahui pengguna. Dengan menggunakan kode sedikit mungkin, Joker dapat menghasilkan jejak yang sangat rahasia sehingga sulit dideteksi. Pada tahun lalau, malware Joker ditemukan bersembunyi di ratusan aplikasi. Oleh karena itu para pengguna diminta untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi yang telah terinfeksi tersebut.

Sejak tahun 2017, Google telah menghapus sebanyak 1.700 aplikasi yang disusupi malware Joker. Pada Juni kemaren, peneliti dari perusahaan keamanan check pint menemukan adanya varian baru dari malware Joker yang bernama Joker Dropper dan Dialer Premium di Google Play Store. Dengan bersembunyi di aplikasi yang sah, versi pembaruan dari malware Jeker ini dapat mengunduh malware tambahan ke perangat sehingga menghubungkan pengguna ke layanan premium tanpa sepengetahuan dan persetujuan mereka.


0
1.3K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan