GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Sekilas Tentang Satelit Satria yang Akan Meluncur Pada Tahun 2023

Kementerian Kominfo baru aja mengumumkan kerja sama untuk proyek konstruksi satelit multifungsi Satria. Kerja sama ini dilakukan oleh tigak pihak, pemerintah, PT Satelit Nusantara Tiga (SNT) dan Thales Alenia. Nantinya PT Satelit Nusantara Tiga akan berperan sebagai perusahaan yang mengoperasikan satelit pemerintah tersebut dan Thales Alenia Space (perusahaan Prancis) berperan sebagai perakit satelit internet tersebut.


Akhir 2020 ini pembuatan Satelit Satria akan dimulai. Pembuatannya akan dilakukan di Prancis. Butuh dana sebesar USD 550 juta atau sekitar Rp 8 triliun untuk pembutan proyek ini. Sebagai rincian, USD 425 berasal dari pinjaman sindikasi dari kredit Prancis dan multilateral di Beijing, dan sisanya merupakan modal sendiri atau ekuitas.

Dibuatnya satelit ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di jaringan tahap tengah, middle mile. Satelit Satria memiliki teknologi High Throuput Satelite (HTS) yang akan memancarkan kecepatan jaringan yang cepat dengan harga yang lebih terjangkau. Rencananya satelit ini akan diluncurkan pada tahun 2023.

Satelit Satrian akan menghadirkan Wi – Fi gratis di 150.000 titik di seluruh Indonesia. Di setiap titiknya Wi – Fi akan menghasilkan kecepatan internet sekurang – kurangnya 1 Mbps. Titik – titik ini dikhususkan untuk 93.000 sekolah dan pesantren, 47.900 kantor desa dan keluarahan di daerah terpencil, 3.700 fasilitas kesehatan dan 4.500 titik layanan publik lainnya.

Satelit ini akan melengkapi jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring sepanjang 12.000 km yang rampung tahun 2019 lalu. Dengan demikian, daerah-daerah 3T (Terdepan Terluar dan Tertinggal) yang sebelumnya tidak terjangkau internet, bisa terhubung internet berkat infrastruktur fiber optik dan satelit. Semoga aja ini benar – benar terealisasi ya GanSis. Jadi seluruh pelosok Indonesia bisa menikmati internet cepat dan murah.



kusonekochan
minhakim20
a.w.a.w.a.w
a.w.a.w.a.w dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan