CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rizal Ramli Usul Indonesia Tukar Utang dengan Hutan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f53d2a4c820844d4f41182e/rizal-ramli-usul-indonesia-tukar-utang-dengan-hutan

Rizal Ramli Usul Indonesia Tukar Utang dengan Hutan

Rizal Ramli Usul Indonesia Tukar Utang dengan Hutan

CNN Indonesia

Sabtu, 05/09/2020 05:35
Rizal Ramli Usul Indonesia Tukar Utang dengan Hutan
Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyarankan Indonesia menukar utang dengan konservasi hutan.(CNN Indonesia/Bisma Septalisma).

--------

Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyarankan Indonesia menukar utang dengan konservasi hutan. Hal ini katanya pernah dilakukan pihaknya pada kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Kita bisa sebetulnya tukar lingkungan hidup dengan pengurangan utang. Waktu saya menjadi Menteri Maritim tahun 2000-an, Jerman kritik Indonesia tukang rusak hutan," ceritanya melalui konferensi video, Jumat (4/9).

Mendengar kritik tersebut, Rizal akhirnya berupaya mengkomunikasikan solusi lingkungan hidup dengan Menteri Keuangan Jerman saat itu. Ia menyarankan agar kebijakan lingkungan hidup di Indonesia ditukar pengurangan utang.

"Saya bilang jangan kritik doang, kenapa nggak cari solusi yang win-win. Kamu kurangi utang saya, kami kasih 300 hutan di Kalimantan sebagai daerah konservasi," lanjutnya.

Menurutnya solusi ini bisa bermanfaat bagi kedua belah pihak. Dalam hal ini Jerman bisa mengkampanyekan isu lingkungan hidup, dan Indonesia bisa mengurangi beban hutang.

Kerjasama ini, katanya, berlangsung dan berhasil dilakukan sekali. Namun tak kunjung berlanjut setelah kepemimpinan Gus Dur lengser pada 2001.

Rizal menyarankan hal ini kembali dilakukan di Indonesia. Menurutnya kerjasama semacam ini bisa dilakukan mengingat banyak negara maju yang peduli dengan lingkungan hidup.

Ia mengatakan Indonesia kerap disalahkan negara maju karena tak lihai menyelesaikan isu lingkungan hidup. Ia menyebut Indonesia sering dituding merusak paru-paru dunia. Untuk menanggulangi isu lingkungan, menurutnya pemerintah bisa berkomitmen dengan menetapkan luas hutan konservasi secara ketat.

"Misalnya dari seluruh wilayah Indonesia kami tetapkan 25 persen harus konservasi. Reputasi Indonesia akan baik," tambahnya.

(fey/age)

Sumber: https://m.cnnindonesia.com/nasional/...g-dengan-hutan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uplagi123 dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
pemilik konsesi sawit, batubara siap2 ngamukemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apiijo dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sebuah solusi yang brilian dari seseorang yang jika jadi Presiden RI dalam satu tahun krisis beres. Serahkan pengelolaan hutan kepada asing. Buat dibabat abis, eh enggak ding buat dikonservasi.

Ngakunya sih pinter, tapi...

Tapi jika membaca PP No 104 Tahun 2015 pemerintah ngak bodoh, pemerintah sudah mengatur kriteria hutan lindung, produksi dan konservasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Konservasi Hutan disini kayunya dan daunnya saja atau berikut tanahnya ??

Atau konservasi hutan bentuk lain ??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lupis.manis.
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Apa ga lebih baik ditukar dgn 7 jt onta idiot ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajeenaquattro. dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa ga dItuker sama ente aja ....

Biar negara lain masalah nya beres dalam 1 tahun berkat ente...

GIF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Pesan moralnya Hutang dan Hutan pada akhirnya hanya dibedakan oleh huruf G..
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 5 lainnya memberi reputasi
dengan bini lu aja gmn emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Ya mgkn bs lo lakuin ama jerman
Ama cina lo mau bgtu?lo yakin cina peduli isu2 lingkungan?
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Hutang tuker hutan konservasi
Pinter loe yak
Loe pikir se dunia idiot emoticon-Leh Uga
Klo urusan kepentingan bersama se dunia yak klean gak mungkin bisa ngobrol melibatkan 1-2 negara besar, kek dunia milik klean aj.
Klean jual hutan, yg beli se dunia, guna nya bwat bersama.
Taw ndiri khan loe, untung rugi nya klo bwat bersama. Itu lahan bakal bukan milik Indon, tapi milik se dunia. emoticon-Wkwkwk idiot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ada yg punya ide. Indonesia bikin chanel yutup trus di subscribe 200juta penduduk. Keuntungan chanelnya buat bayar utang . emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
mending rizal, ditukar sama gas elpiji yg ada isinya
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Diubah oleh kureno23q
Napa ga buka casino aja sekelas internazionale





emoticon-Traveller

Merusak hutan ganjaran nya bencana alam lagi tar. Padahal udah bnyk bukti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yp9nn dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cuma bilang pengurangan hutang, tapi gak dibilang berkurang berapa banyak. Kalau disuruh konservasi jutaan hektar hutan, tapi hutang yg dikurangi cuma beberapa ratus ribu dollar, sementara potensi ekonomi yg hilang jutaan dollar, ya seperti menukar toko di mall dengan lapak di kaki lima. Kalau memang bisa, kenapa negara kaya Brazil gak mau? Memang kalau cuma bicara teori sih enak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Mau ngancam negara lain dengan hutan ?

Mau di embargo ?

Nih orang ngomong pake silit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 3 lainnya memberi reputasi
Memangnya masih ada hutan yach? emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 54m5u4d183 memberi reputasi
pantesan jadi mantan doang
sama kaya mamin rais emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan petani.syusyu memberi reputasi
kasian si rr ini, lulusan mentri jaman gusdur pada diangkat jadi mentri lagi sama wiwi malah ada jadi wapres, rr kan jadi sakit hati apa lagi rr pernah jadi menko rangkap menkeu ga dianggap sama sekaliemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
Jual pulau lebih bagus..pasti banyak yg mau beli
Ngapain indonesia punya pulau banyak2.
Diurus juga kagak..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 3 lainnya memberi reputasi
bagus juga sih....
aku penasaran
negara2 yg biasa nuding dan larang pembalakan hutan
kalo hutannya jadi milik mereka...
apa sanggup do the talk haha
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
gue sih setuju, hutan dipager, dijaga tetep liar, kelestarian hewannya dijaga. Manusia yang hidup disekitarnya nggak boleh memanfaatkan hutan secara ekstensif, jadi gak boleh buka lahan, gak boleh nebang pohon, gak boleh berburu hewan liar... Kalo pilihannya kehidupan manusia atau menyelamatkan harimau/gajah, ya pilih konservasi lah, manusia mah udah banyak....

Nanti biar rizal ramli yang kasih makan orang2 itu...
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di