Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khodijahsiti92Avatar border
TS
khodijahsiti92
Pendemi Membuatku Bertahan dan Belajar Hidup
Pendemi Membuatku Bertahan dan Belajar Hidup
Corona bukan lagi sebuah momok pembicaraan asing bagi dunia. Semua mata kini tertuju pada virus satu ini. Pendemi telah mengubah dunia dari wajah tanpa beban menjadi cemas ketakutan.

PSBB dilakukan di negara tercinta kita Indonesia guna pembatasan terjadinya interaksi antar individu, kemudian dilakukan pula pembatasan diberbagai akses seperti: ekonomi, pendidikan, dan hiburan serta akses lainnya. Proses pembatasan ini semata-mata dilakukan demi menekan angka penyebaran virus corona.  Bagi kalangan atas semua terlihat biasa dampaknya terhadap ekonomi individu, namun bagi kalangan bawah sangat terasa efeknya menganggu stabilitas ekonomi setiap keluarga.

Hal ini terbukti dari data liputan6.com pada 5  agustus 2020 bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 5,32% di kuartal II-2020, oleh karena itu Indonesia diambang Resesi.

Jika hal ini terus terjadi maka ekonomi Indonesia akan semakin memburuk. Ekonomi Indonesia semakin memburuk karena banyak faktor mempengaruhi diantaranya:

1. Faktor PHK terjadi di perusahaan-perusahaan home industry yang tidak sanggup menampung karyawan dalam jumlah banyak.
2. Beberapa UKM menutup usahanya karena pendapatan menurun drastis sehingga antara modal dan pendapatan tidak bisa seimbang.
3. Faktor pendapatan perkapita tidak lagi berjalan secara balance sehingga menimbulkan ketimpangan ekonomi.
4. Peluang bisnis atau usaha semakin sempit pasca corona.

Itulah beberapa faktor yang memperburuk ekonomi Indonesia sejak mewabahnya virus corona. Sebagai manusia kita hanya bisa berikhtiar mempertahankan hidup di tengah pendemi yang belum kunjung usai dari bumi pertiwi dan dunia.

Tips cara mempertahankan hidup ditengah pendemi menurut saya diantaranya:
1. Perkuat keimanan dan terus berdo'a agar musibah pendemi ini cepat berakhir serta minta diberikan kekuatan agar tetap berfikir jernih mencari rizki halal.
2. Banyak berfikir positif dan kreatif dengan modal seminim mungkin agar tetap bisa berbisnis atau wirausaha.
3. Mencoba terus mencari peluang kerja baik online maupun offline.
4. Jauhkan diri dari konsep gengsi atau malu terjun ke lapangan memulai sesuatu yang baru.
5. Gunakan filosofi ilmu katak yang terus memanjat mengejar tujuan tanpa mendengarkan ocehan atau omongan orang yang merendahkan.

Itulah beberapa tips mempertahankan hidup saat pendemi mewabah di dunia dan bumi Indonesia.

Pendemi Membuatku Bertahan dan Belajar Hidup

GanSist mulai mendapat pencerahan ya bagaimana dampak corona terhadap ekonomi Indonesia. Dan saya tambahkan beberapa tips bertahan hidup di tengah wabah corona ini. Karena saya pun salah satu yang kena dampak PHK. Namun saya pakai tips tersebut alhamdulillah masih bisa berfikir jernih walau sempat terpuruk efek pendemi ini yang luar biasa.

GanSist diluar sana yang terkena dampak pendemi jangan putus asa ya. Selama Allah SWT masih di dada serta diri kita masih mau mencari peluang usaha, Insya Allah badai cobaan ini akan segera berlalu. Kita terus berdo'a saja yang terbaik untuk bangsa Indonesia dan dunia semoga segera terbebas dari virus corona, agar semua sektor bisa kembali normal, aamiin.
Diubah oleh khodijahsiti92 05-09-2020 05:43
delia.adel
delia.adel memberi reputasi
1
355
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan