Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

monicameyAvatar border
TS
monicamey
Uniknya Cuti Kerja Dan Fasilitas Perusahaan Di Beberapa Negara



Hai GanSis, jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya mau membahas mengenai cuti kerja. Kalau GanSis yang sudah bekerja pasti tahu dong artinya cuti kerja? Ada dalam sebulan, kita bisa ajukan cuti sekali. Ada juga cutinya diambil akhir tahun.

Ketika kita kerja di Perusahaan, setiap karyawannya memiliki hak untuk cuti. Namun ada juga beberapa yang tak mengijinkan kecuali sakit atau bagi wanita yang melahirkan. Dulu waktu tante saya kerja di Perusahaan A, tiap bulan bagi wanita yang sedang datang bulan diperbolehkan cuti selama satu hari. Entah sekarang ya, saya kurang tahu. Karena saya bekerja di lembaga pendidikan.

Setiap cuti di beberapa negara berbeda-beda, Gansis. Ada juga cuti yang unik loh dan ini memang benar-benar terjadi, karena itu sudah diatur. Penasaran GanSis? Yuk ... kita simak di bawah ini. Apa saja, sih?

1. Bebas membawa binatang peliharaan

Ada sebagian dari kita yang menyukai binatang untuk dijadikan peliharaan seperti kucing, anjing atau burung. Nah kalau seandainya perusahaan ini ada di negara kita, GanSis tidak perlu khawatir.

Perusahaan di China yang bergerak di bidang internet marketing memperbolehkan karyawan membawa binatang peliharaan. Hal ini merupakan ide langsung dari sang pimpinan. Tujuannya tak lain untuk mengurangi rasa stress saat bekerja dan meningkatkan hubungan yang erat antar sesama rekan kerja jika memiliki peliharaan. Namun sayang, tak dijelaskan binatang apa saja yang diperbolehkan. Bukankah merepotkan jika peliharaan yang kita bawa adalah seekor kuda poni?

2. Bebas memilih hari libur cuti

Kalau yang ini saya suka. Perusahaan yang dikelola oleh milyuner Richard Branson ternyata memperbolehkan karyawannya untuk bebas memilih hari libur cuti mereka. Mau sehari atau dua hari tak jadi masalah asal surat ijinnya jelas.

Walaupun perusahaan ini ada di beberapa negara, tetapi hanya karyawan yang bekerja di kantor pusat Virgin di kota New York. Mungkin di kantor pusatnya tekanan kerjanya lebih berat, ya.

3. Boleh tidur siang

Di sela waktu jam istirahat ada kalanya kita merasa mengantuk dan ingin tidur. Namun, tugas yang menumpuk memaksa kita untuk bekerja dan salah satu caranya adalah meminum kopi.

Di perusahaan China ini yang bekerja di pabrik, bisa tidur selama 30 menit setiap harinya. Tujuannya untuk mengistirahatkan mata di tengah pekerjaan yang menumpuk agar mereka segar kembali nantinya.

Hal ini merupakan reformasi yang sudah dilakukan beberapa tahun lalu agar produktivitas kerja para karyawan menjadi lebih baik.

4. Masuk kerja hanya 3 kali dalam seminggu

Kalau di lembaga pendidikan yang dulu saya kerja memang ada masuk kerja 3 kali dalam seminggu. Namun kalau di perusahaan tidak ada.

Di Meksiko, seorang milyuner yang membangun perusahaan terkenal mewajibkan seluruh karyawannya hanya masuk kerja hanya 3 kali dalam seminggu. Dulu hanya libur di hari Minggu saja.

Namun sekarabg ada sebuah gebrakan. Perubahan ini diyakini bukan hanya akan memperkuat kualitas hidup tapi juga berdampak pada keuangan dan ekonomi. Menurutnya dengan menerapka aturan seperti itu memberikan waktu santai bagi karyawannya untuk melepas lelah.

5. Liburan bersama karyawan

Siapa yang tidak suka dengan liburan apalagi jika gratis. Benar tidak? Inilah yang dirasakan para karyawan yang bekerja di bidang bioteknologi Tiens milik milyader bernama Lin Jinyuan.

Menurutnya memanjakan karyawan yang bekerja untuknya merupakan bagian dari tanggungjawabnya sebagai pimpinan. Ia mengajak sekitar 6.400 karyawannya berlibur ke Prancis selama empat hari dan semua biaya ditanggung perusahaan. Hayo siapa yang tidak suka? Semua pasti menyukainya.

6. Hari libur untuk karyawan yang patah hati

Mungkin hanya di tempat ini ya memberikan hari libur jika ada salah satu karyawannya mengalami patah hati. Perusahaan yang ada di Jepang ini memang ada aturan cuti seperti itu. Menurut Miki Hiradate, CEO perusahaan marketing di mana sebagian besar karyawannya adalah wanita, cuti patah hati diberikan karena patah hati merupakan masalah yang serius.

Menurutnya jika ada orang yang patah hati lalu bekerja maka konsentrasi mereka akan terganggu yang mengakibatkan kinerja menurun dan mengganggu mood karyawan lainnya. Benar juga ya?

7. Wajib bermain selama dua jam sehari

Kalau yang hobi main mungkin kalian bisa bekerja di sini. Yups .... di perusahaan media massa multinasional di Amerika memang mewajibkan untuk para pekerjanya bermain agar lebih rileks.

Waktu yang dibutuhkan dua jam sehari. Lumayan, kan? Selain bisa bermain game online, di tempat kerja ini para karyawannya dimanjakan dengan pijat spa. Jadi pilihannya membuat karyawan betah.

8. Memanjakan karyawan dengan berbagai macam fasilitas

Ini yang paling menguntungkan bagi karyawan jika bekerja di kantor Google yang tinggal di Mountain View dekat dengan kantor google. Googler merupakan nama bagi karyawan yang bekerja di sini.

Banyak fasilitas yang ditawarkan yaitu

- Mobil antar jemput

- Pangkas rambut gratis

- Fasilitas laundry

- Layanan dry cleaning di kantor

- Bisa bersantai denga bermain billiard, pingpong, perlengkapan video game

- Disediakan makan siang, sarapan dan makan malam

- Ada dapur kecil yang menyediakan kopi, teh dan berbagai macam snack.

Nah ... itulah keunikan cuti dan fasilitas yang ditawarkan perusahaan di beberapa negara. Namun dari semua fasilitas yang ditawarkan, ada baiknya kita sebagai karyawan juga tidak boleh terlena dan bermalas-malasan.

Hayo ... mana yang GanSis pilih seandainya bisa bekerja di salah satu tempat di atas?

Sekian thread saya. Jumpa lagi nanti ya. Yuk berikan emoticon-Cendol Ganemoticon-Blue Repost

=Selesai=

Surabaya, 04 September 2020
0
554
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan