GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
5 Aplikasi Chatting Zaman Old yang Sempat Hits, GanSis Pernah Pake yang Mana?

Semakin canggihnya teknologi, membuat orang lebih mudah dalam membuat sesuatu, termasuk aplikasi chatting. Dalam kurun waktu 5 tahun ini aja lumayan banyak aplikasi chatting yang bermunculan, dan gak sedikit juga diantara aplikasi tersebut yang udah gak eksis lagi alias tutup. Kalau untuk sekarang, WhatsApp, Line, dan Facebook Messenger menjadi aplikasi chatting yang banyak penggunanya. Selain media untuk perpesanan, aplikasi tersebut juga support untuk video call dan voice call.

Nah, ngomongin aplikasi chatting, pada zaman dulu, sekitar tahun 90an akhir dan 2000an, aplikasi jenis ini udah sempat eksis dan penggunanya juga cukup banyak. Berikut ini beberapa diantaranya GanSis:

Yahoo! Messenger


Zaman dulu Yahoo sering digunakan untuk membuat email. Dan biasanya dengan email tersebut pengguna udah bisa langsung melakukan chattingan dengan menggunakan Yahoo! Messenger. Penggunanya pun zaman itu lumayan banyak GanSis. Namun, pelan – pelan eksistensi Yahoo mulai menurun karena Google makin menunjukkan tajinya. Hal ini juga berdampak pada pengguna Yahoo! Messenger. Dan akhirnya pada tahun 2018 lalu aplikasi chatting ini resmi ditutup.

Blackberry Messenger (BBM)


Kira – kira pada tahun 2009 atau 2010 awal, ponsel Blackberry mulai dilirik banyak konsumen. Di perangkat ini tersedia aplikasi chatting BBM. Dengan aplikasi ini pengguna dimudahkan untuk berkomunikasi lewat pesan teks. Namun karena kurangnya inovasi, aplikasi ini pelan – pelan tersingkir oleh aplikasi milik Facebook, WhatsApp.

Mig33


Aplikasi Mig33 mirip-mirip dengan aplikasi messaging lainnya. Pengguna bisa mencari teman, membuat grup dan interaksi lainnya. Namun Mig33 kalah saing dengan layanan pesan seperti WhatsApp dan Line. Pada tahun 2014, Mig33 mencoba untuk menyaingi dua aplikasi tadi dengan mengganti tampilan dan nama menjadi Migme. Akan tetapi langkah tersebut juga tidak membuahkan hasil.

mIRC


'ASL PLS', kalau nggak paham istilah ini maka fix kamu bukan pengguna mIRC sejati. Sayangnya, keseruan bergaul dengan teman dari penjuru kota di aplikasi ini sudah tidak bisa dinikmati sejak 2010 dan tidak diketahui kenapa. Kemungkinan besar hal ini terjadi lantaran aplikasi ini kalah saing dengan aplikasi chatting lain.

eBuddy


Di era 2000-an, banyak anak SMP-SMA yang kecanduan main eBuddy. Aplikasi ini mendukung beragam layanan pengiriman pesan instan, di antaranya Yahoo! Messenger, Google Talk, Windows Live Messenger, AIM, dan ICQ. Tapi seiring berjalannya waktu, eBuddy juga kalah pamor dengan BBM yang ditawarkan untuk pengguna Blackberry.


yuki26
alifrian.
flyingfire
flyingfire dan 45 lainnya memberi reputasi
46
10.1K
278
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan