CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Antara Madura Negeri dan Swasta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f50531868cc953aca6f28a9/antara-madura-negeri-dan-swasta

Antara Madura Negeri dan Swasta

Antara Madura Negeri dan Swasta

Secara administrasi, Madura adalah
Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.
Namun ternyata, diluar yang tidak tertulis juga masih banyak.


Madura Negeri dan Swasta ???

Orang Madura ada dimana-mana, persebaran mereka sangat luas sampai menjangkau hampir semua daerah. Mulai yang terdekat ialah Jawa, kemudian Kalimantan, Bali, Sulawesi, bahkan Papua. Belum lagi yang ada di negara tetangga dan belahan bumi lain. Mereka melanglang buana dalam rangka penghidupan dan masa depan. Tak jarang mereka menikah dan menetap di perantauan.

Orang asli Madura yang lahir dan tumbuh berkembang ditanah mereka berasal, dari empat kabupaten yang ada di Pulau Garam.
Itulah, yang disebut dengan istilah

" Madura Negeri ".

Sementara, orang Madura keturunan yang lahir dan menetap di daerah perantauan. Serta secara administrasi kependudukan
tercatat sebagai penduduk di perantauan,
itulah yang disebut dengan istilah

" Madura Swasta ".
_______________________________

Daerah yang Termasuk Madura Swasta

Cara mengetahui bahwa daerah tersebut masuk dalam "Madura Swasta", ialah dengan mengenali bahasa keseharian masyarakatnya. Kemudian tradisi serta budayanya. Meskipun dalam penggunaan bahasanya kerap ada perbedaan pada beberapa kosakata dan dialek. Di Jawa, ada beberapa daerah yang sering disebut sebagai "Madura Swasta", diantaranya Probolinggo, Situbondo, dan Bondowoso. Juga ada sebagian kecil dari daerah Jember, Banyuwangi, Lumajang, dan Malang. Bahkan sebagian dari Pontianak adalah "Madura Swasta".

Pada daerah yang disebutkan diatas,
secara tradisi dan budaya sangat kental Maduranya.
Ada kesesuaian antara kesenian, kuliner, atau kekhasan dari
masyarakat Swasta dan Negeri. Karena ada garis keturunan yang
berasal dari Madura Original.

Semetara itu, pada masyarakat "Madura Swasta" juga dikenal istilah "Pandhelungan" (pandalungan) atau campuran. Yaitu, persilangan budaya Madura dan Jawa. Memang pada beberapa bagian kebudayaan masyarakat "Madura Swasta" ini tidak seutuhnya persis dengan aslinya. Karena secara letak berada di Jawa, maka tentu ada pengaruh Budaya Jawa yang juga dominan. Selain itu, juga ada faktor lain yang turut mempengaruhi campuran budaya tersebut, yaitu kimpoi silang antar keturunan Jawa dan Madura Swasta. Di jaman sekarang, tentu bukan hal aneh apalagi dianggap melanggar. Sah-sah saja, yang penting halal.

Adakah di Sekitar Anda,
Komunitas Masyarakat Madura Swasta ???

***
Bersumber dari Pergaulan di Kantin
Kampus Multikultural

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
OOT neh ya, ngomongin madura Ane pernah naksir cewe madura, alhamdulillah skrng uda bersuami emoticon-Big Grin

Dia tiap ngampus pake batik hitam merah khas madura gitu. Itu yg bikin naksir emoticon-Big Grin

Batik yg hitam merah bentu "V" kebalik itu bagus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xibeeex dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh AnggaNavie
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sama kayak di bali
yang dianggap orang bali asli itu orang yg tinggal di bali dan bisa bahasa sasak dan beragama hindu.
jika ente tidak memenuhi salah satu kriteria itu, maka ente dianggap bukan orang bali (bukan krama bali), tapi dianggap pendatang, sekalipun nama ente masih nama bali sekalipun kek nyoman dll.
dampaknya? yg dianggap pendatang, harus bayar IPL lebih mahal ketimbang org bali asli.
org bali asli bayar 75rb per 6 bulan sekali
pendatang bayar 150br per 3 bulan sekali
IPL itu gunanya utk kebersihan dan sumbangan lingkungan, misal benerin jalan, renov kantor adat, dll
walau pendatang bayar lebih mahal, tapi masih termasuk wajar kisaran nominal nya, makanya jarang ada pendatang yg protes sama nominal nya
intinya pndatang dianggap lebih berduit ketimbang org bali asli
tapi cuma sebatas itu kok, sisanya gak ada perbedaan perlakuan, org bali termasuk sangat toleran sama pendatang
saking toleran nya, biasanya pendatang suka seenaknya, lupa sama kebaikan org bali terhadapnya selama ini, udah di ijinkan memiliki lahan di bali, tinggal di bali aja udah syukur banget kan? bandingkan sama bule, gak boleh punya tanah di bali, lebih gak enak lagi malahan. makanya bule yg pengen menetap di indonesia, kerjasama dgn orang bali asli, sertifikat tanah nya pake nama orang bali itu, tapi beli nya pake duit si bule, trus bule nya kerja buat org bali itu sebagai manager (fiktif tentu saja) biar bisa ngurus perpanjang visa tinggal di indonesia. trus saham mayoritas si org bali asli itu di beli lagi sama bule, sisanya di kasiin ke orang bali itu sebagai komisi fee. jadi proses nya ribet kalo bule mau tinggal di indonesia, masih enakan kita, walau bukan orang bali, tapi semua surat2 atas nama kita, enak lah intinya, jadi bayar IPL mahal dikit gak ada yg keberatan.

lalu kenapa di bali, bule kesan nya lebih di hormati ketimbang pendatang ktp indonesia? lagi2 soal duit. bule maupun ente yg bukan orang bali tapi ada di bali, keduanya dianggap pendatang, dianggap lebih berduit dibanding org bali asli. tapi dari pengalaman ane selama di bali, gak semua org bali memperlakukan pendatang kek gitu. udah bnyak juga org bali yg memperlakukan bule setara dgn orang lokal (bali asli maupun bukan). sebenarnya hal kek gitu jamak sih, di manapun kita berada pasti ada pembedaan kek gitu, di jakarta misalnya, kalo ente ke glodok, pasti beda perlakuannya antara ente yg gak bisa ngomong hokian, sama yg bisa? ngaku aja deh emoticon-Leh Uga
jadi gak usah dipermasalahkan, karena dimana mana sama aja trnyata.

Antara Madura Negeri dan Swasta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Wkwk baru tau ane gan, mau negri mau swasta yg penting damai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sepakat, Tretan. Damai itu indah, ta' iyye?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan asmulfaisi memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Indahnya perbedaan. "Lalu jangan kemudian aku ini dari anu, jadi harus begini dan ikut anu"
Alangkah indahnya segala sesuatu terangkul dalam landasan kemanusiaan. Seperti ini misalnya.
profile-picture
ngopitalis memberi reputasi
profile-picture
ngopitalis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Anu siapa? Dan blm pernah melihat keindahan landasan kemanusiaan. Dimana?
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
klok situbondo madura apa ye ???
profile-picture
ngopitalis memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Kita swasta bro
profile-picture
ngopitalis memberi reputasi
Quote:


Madura KW
profile-picture
eeng1989 memberi reputasi
Madura swasta rata2 bisa dua bahasa bahkan lebih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
argha378 dan 2 lainnya memberi reputasi
gw lahir di sempolan gan, bagian kecil dari jember yg madura bgt
profile-picture
ngopitalis memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hemmmmmmm
profile-picture
ngopitalis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nyesel gak belajar bahasa Madura emoticon-Sorry
profile-picture
ngopitalis memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Yg negeri punya warung madura ya di jakarta gan ?
profile-picture
ngopitalis memberi reputasi
Kaya sekolah aja
profile-picture
ngopitalis memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Meneurut ane sih yg madura negri itu yg madura tp masih tradisional seperti madura sumenep pamekasan banyuwangi-muncar probolinggo bondowoso pokoknya madura yg masih menjalankan tradisi moyangnya yg swasta itu yg sudah terkontaminasi kehidupan kota yg sudah hilang kebudayaan nya.
profile-picture
ngopitalis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Salam Settong Dhere tretan
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan ngopitalis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

Pokeh kakeh rajeh

profile-picture
profile-picture
dwibi dan ngopitalis memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di