CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DPR Sentil Anggaran Buzzer Rp1 Triliun, Riset Vaksin Cuma Rp 5 M
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f502af9349d0f7bdb042f1e/dpr-sentil-anggaran-buzzer-rp1-triliun-riset-vaksin-cuma-rp-5-m

DPR Sentil Anggaran Buzzer Rp1 Triliun, Riset Vaksin Cuma Rp 5 M

Sementara anggaran riset vaksin hanya Rp5 miliar
DPR Sentil Anggaran Buzzer Rp1 Triliun, Riset Vaksin Cuma Rp 5 M


Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, menyentil pemerintah soal dana buzzer. Dia menyinggung temuan Indonesia Corruption Watch (ICW) soal gelontoran dana Rp1 triliun dari pemerintah untuk sosialisasi kebijakan lewat jasa influencer.

Mulyanto menyoroti anggaran yang jauh lebih besar dibandingkan dana untuk lembaga riset vaksin virus corona, yang senilai Rp5 miliar. Padahal riset vaksin sangat dibutuhkan agar masyarakat bisa keluar dari pandemik COVID-19. Pemerintah, kata dia, terkesan mementingkan citra daripada kesehatan dan keselamatan rakyat.

"Ketimpangan alokasi anggaran ini sangat tidak wajar dari segi kepentingannya. Saat ini orang lebih butuh vaksin hasil riset para peneliti daripada celoteh para influenzer," kata Mulyanto lewat keterangan tertulisnya.

Mulyanto mendesak pemerintah lebih serius mendorong riset vaksin Merah Putih. Kandidat vaksin tengah dikembangkan Konsorsium Riset COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Konsorsium yang dimotori oleh LBM Eijkman dengan lembaga litbang nasional lainnya termasuk pihak industri BUMN Kimia Farma ini, sedang berupaya menemukan formula vaksin yang tepat untuk melawan COVID-19.

Untuk itu, Mulyanto meminta Pemerintah lebih serius mendukung kerja peneliti vaksin COVID-19 dengan cara menambah anggaran yang lebih memadai.

“Anggaran yang besar itu lebih baik dialokasikan untuk kepentingan riset vaksin. Nanti, ketika vaksin sudah diproduksi, Pemerintah dapat menghemat anggaran

Pada Sidang MPR 2020, pekan lalu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan soal alokasi anggaran Rp25 triliun pada APBN 2021 untuk pembelian vaksin dan alat kesehatan terkait penanganan COVID-19. Pemerintah menyiapkan 170 juta dosisi dengan asumsi harga vaksin sekitar 5-10 US$ per dosis.

“Dibanding total anggaran yang besar itu, alokasi untuk keperluan riset vaksin yang hanya Rp5 miliar, sungguh seperti bumi dan langit," kata Mulyanto.

Menurut Mulyanto, ketimbang membelanjakan anggaran untuk mengimpor vaksin, sebaiknya anggaran yang besar itu dipakai untuk membiayai riset vaksin Merah Putih ini secara lebih serius. Harapannya dengan anggaran yang cukup itu vaksin buatan anak bangsa ini dapat lebih cepat beredar ke pasar.

Mulyanto juga menyampaikan keprihatinannya terhadap tantangan yang dihadapi para peneliti. Di satu sisi, peneliti diminta bekerja cepat menemukan vaksin COVID-19. Sedangkan di sisi lain pemerintah tidak menyediakan anggaran yang cukup.

Mulyanto menceritakan, dalam salah satu kesempatan rapat dengar pendapat, Kepala LBM Eijkmen menyebut anggaran penelitian yang dialokasikan sangat kecil. Ibarat kran air, yang keluar hanya tetesan.

“Ini perlu mendapat perhatian Presiden Jokowi, agar kita tidak sekedar menjadi Negara pengguna dan pembeli, tetapi mari kita dorong Indonesia menjadi Negara pembuat. Kita bisa kalau kita mau,” ujar Mulyanto.

https://sulsel.idntimes.com/news/ind...ional-sulsel/3

Cuma 1 t
profile-picture
profile-picture
profile-picture
minhakim20 dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Halaman 1 dari 6
Riset meriset dan didik mendidik anggarannya kan emng selalu jomplang emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
lah bukannya DPR yang ngesahin anggaran ?? koq malah nyentil temuan ICW ??? apa loe sendiri gak baca 1 triliun itu mata anggarannya apa dan maen ngesahin aja ??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Lagian dana rnd juga utk hambur" . . Wkwkw . .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paganisme dan 6 lainnya memberi reputasi
Ngapain riset. Kan tinggal pake punya bill gates lalu claim aja sbg produk dalam negeri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 5 lainnya memberi reputasi
21 T sosialisasi pemdo? Sosialisasi nenek lu!!! emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
entop dan ruuuruuu memberi reputasi
Sudah biasa , pencitraan kudu harus . Klo vaksin tar beli aja punya china trus rebrand .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 10 lainnya memberi reputasi
Waow..1 T, yg dikaskus kira2 dapat berapa ya per harinya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berakalbaik dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dlu tutup mata ye pak emoticon-Leh Uga
profile-picture
entop memberi reputasi
1 T buat bayarin bacota orng. 5 M buat riset covid. Indo lbh menghargai bacotan dibanding riset. Jelas sudah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berakalbaik dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kan alat IT juga??? ICW blangsak. DPR nya juga blangsak. Dananya kan suda banyak yang digeser blangsak
semua kok blangsak ya. Pemerintah, DPR, Independen, Rakyat. Jangan lupa media blangsak asal tulis gak ngerti apa yang ditulis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rayyan1988 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kok ga sekalian nyinyir soal kenapa selalu menaikkan dan menarik pajak dari rakyat melalui segala lini,
dari ujung rambut sampai ujung jembut dipajak.
Tapi yg menikmati PERTAMA KALI dari hasil palakan pajak itu hanya ASN n anggota hewan.

Ayo, berani kaga njing?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 26 lainnya memberi reputasi
Tak anggap itu kritikan aja yang disampaikan sama Aleg DPR RI Komisi 7 tsb. Kritikan yang baik. Bangsa ini bangsa yang besar, bangsa yang berdaulat, punya banyak ilmuwan dan dokter. Anggaran riset terkait vaksin corona dlsb nya memang harus diperbesar. Jangan lagi nakes dan rakyat banyak yang kehilangan nyawa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
kenapa tidak dibandingkan dgn kementrian agama ?

anggaran kementrian agama 67 tilyun, anggaran vaksin hanya 5 milyar


dan 67 tilyun dibuang sia2 hanya untuk memuaskan orang2 yg percaya dongeng ? emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rayyan1988 dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Yg neken anggaran siapa sih, presiden apa dpr emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 5 lainnya memberi reputasi
ternyata PKS. Halah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
1 T itu rinciannya apa aja? Apa bener itu dana influencer doang?
Lagian DPR yang ngesahin dari awal, apa gak baca sebelumnya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 2 lainnya memberi reputasi
anggaran rapat asn itu jg perlu disorot

cuma modal ngomong pada intinya saya setuju...

cair itu duit 700rb-1jt . padahal rapat begini sering emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Anggaran riset dan pendidikan kan emang selalu ancur angkanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ssst...kalo urusan buzzer jgn diusik2, dikaskus juga banyak banget, awas bakal dikeroyok abis2an, jangan bilang siapa-siapa lho ini rahasia............
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafiaIND dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dana untuk kemaslahatan rakyat untuk apa terlalu besar... rakyat itu kebanyakan cuma buruh tenaker... jangan terlalu di sejahterahkan... nanti upahnya naik lagi kan kasihan pengusaha nantinya...

gambar sebagai alat bantu imajinasi DPR Sentil Anggaran Buzzer Rp1 Triliun, Riset Vaksin Cuma Rp 5 MDPR Sentil Anggaran Buzzer Rp1 Triliun, Riset Vaksin Cuma Rp 5 M
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafiaIND dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yosiyahu
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di