Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

melisairnadsAvatar border
TS
melisairnads
Skripsi? You can!
Skripsi? You can!

Hi folks! Kali ini aku ngga akan bawa cerita romance, karna aku lagi pengen banget sharing sama kalian-kalian yang akan / sedang berkutat dengan skripsi / tugas akhir kalian. Ini murni menurut aku pribadi and based of my true story dan puji Tuhan berhasil bikin aku lulus lebih cepat dari yang terkirakan :')
So, i hope this thread is helpful for you all.

Ini dia, langkah-langkah yang aku kerjakan ketika menyusun skripsi.


1. Kenali kemampuanmu.

Yup! Siapa lagi yang tau baik tentang kemampuanmu selain kamu sendiri??
"Ngga juga ah sis" Iya sih, terkadang ada orang terdekat kita yang mungkin tau diri kita lebih dari kita sendiri. Tapi, itu hanya sebatas opini dia kalo kamu masih meragukannya dalam hati. Jadi, mending percaya sama diri sendiri aja, ga enak juga kan kalo untuk hal besar (misal : skripsi) eh kita malah bergantung pada apa usul teman, malah ikutin usulan topik skripsi dari teman karna udah ngga tau lagi mau angkat topik apa. Aku mau bilang : No! Ambillah keputusan besarmu sendiri. Biar apa? Biar tidak ada penyesalan di dirimu maupun di temanmu. Kalo gitu, harus gimana dong? Gampang! Coba kamu duduk tenang untuk mengingat-ingat kembali, merenungkan, mata kuliah apa saja yang kamu rasa bahwa kamu mampu di dalamnya. Nah, carilah topik skripsi yang berkaitan dengan mata kuliah tersebut.


2. Ikuti arahan dosen pembimbing.

Misal udah dapet nih topiknya, yaudah cobain aja bawa ke dosen pembimbing kamu. Karna dosen ini pastinya udah tau tingkat kesulitan topik yang kamu bawa, dan beliau yang notabene pasti pernah dong ngajar kamu di kelas, jadi sedikit banyak yaa bakal tau kemampuan kamu. Kalo yang beliau rasa terlalu sulit bagi kamu, beliau kemungkinan akan bertanya balik padamu "Kamu sanggup dengan topik ini?" dengan kode yang artinya 'jangan yang ini'. Tapi jika topik tersebut cocok untuk kamu, beliau akan menjawab dalam pernyataan "Oke, ini boleh dicoba dulu".

Sekali lagi, ini pengalaman aku ya wkwkw kalo beda yaa.. setiap dosen kan berbeda-beda yah✌️
Tapi seriusan, aku udah beberapa kali ditolak tuh topik skripsinya sampe bolak-balik ruang dosen tersebut😂 Jadi, jangan berkecil hati kalo teman-teman lainnya sudah dapat. Kamu juga akan segera dapat ketika kamu tetap gigih berpetualang di mbah gugel, doa juga yang pasti, moga cepet dapet ilham juga, amin.


3. Perbanyak literatur & referensi.

Nah ini dia yang membuat pejuang skripsi berasa bermain puzzle. Rasanyaaa, gemas-gemas gimanaaa gitu yaa wkwkw soalnya, cari literatur dan referensi yang pas tuh susah-susah gampang. Sekalinya dapet yang pas tuh berasa.. WAH! Menang harta karun nih!! Jadi, kumpulin aja dulu literatur & referensi sebanyak-banyaknya dengan baca sekilas, jangan terpaku sama yang berbahasa Indonesia aja dan menghindari referensi yang berbahasa Inggris, karena biasanya literatur dan referensi dari luar tuh lebih detail folks. Nah udah terkumpul kan, trus baca dan pelajari deh, bandingkan dan ambil yang penting-pentingnya. Kalo perlu, kumpulkan juga materi berupa video tentang topik skripsi kita di youtube. Semangat pokoknya, cangkul yang dalaaam!!💪


4. Bikin target.

Nah, udah dapet kan nih setiap 'alat & bahan' membuat skripsi, eaak wkwkw. Adalah penting untuk kamu menargetkan kapan kamu harus sidang, bulan apa misalnya. Oke selanjutnya, kamu harus atur progress yang mau kamu hasilkan setiap Minggunya. Kerjainnya bebas mau di hari yang berturut-turut dalam seminggu atau selang sehari atau sehari dikebut berjam-jam juga silahkan. Yang penting, progress beneran bertambah ya folks.


5. Skip dulu? Silahkan, tapi kejarrr!

Namanya juga manusia normal ya kan, rasa malas adalah salah satu godaan terbesar para pejuang skripsi. Apalagi yang hari-harinya udah cape sama hal sampingannya misal, masih ada mata kuliah atau sambil kerja. Skip dulu aja gapapa, dipaksakan juga tidak akan baik dan malah merusak kedua hal tersebut. Tapiii, ada tapinya nih.. kamu harus mengejar ketertinggalanmu. Untuk ilustrasinya, misal kita pakein nominal dalam progress yah.
Misalnya kamu skip nyicil skripsi sehingga progress kamu -3. Kamu tau bahwa -3 masih bisa kamu kebut nantinya, yaudah gapapa kamu masih boleh tunda lagi nyicilnya, misal jadi -5. Nah, kemudian kamu merasa bahwa -5 sudah terlalu jauh ketertinggalannya, maka kamu harus segera mengerjakannya. Ingat target!

Memang, memulai untuk mengerjakannya tuh rasanya beraaat sekali yah. Mungkin rasa malas atau takut lieur, sudah deluan mematikan niatmu tapi kamu harus mencoba 'menyodorkan' diri pada skripsimu. Misal, saat itu adalah free time mu di mana kamu ga lagi ngapa-ngapain, nahhh kamu harus langsung menggerakkan tubuhmu untuk duduk di depan laptop/ komputermu dan buka draft skripsimu/ referensi yang harus kamu pelajari. Hilangkan apapun yang berpotensi merusak konsentrasimu atau mengalihkan perhatianmu. Misal, hp dijadikan airplane mode, begitu pun laptop. Karena dengan terhubung koneksi internet seringkali membuat kurang efisien (ya gaa? Atau aku doang yaa hehe). Lagian kan 'alat dan bahan' sudah terkumpul juga toh. Nah ini dia alasan kenapa aku suka mengumpulkan dulu segalanya, kalo sudah terkumpul banyak, baru deh pada dibaca satu-satu.


Dan tanamkan dalam mindset mu bahwa motivasi bukanlah dicari atau ditunggu melainkan harus dibuat dari diri sendiri.

Tetap semangat!!💪

Patah semangat? Jangan lama-lama yah😉

Nikmatin semua proses yang ada karna itu akan jadi kenangan berharga di hari depan nanti.

Good luck!😁
Diubah oleh melisairnads 30-08-2020 20:36
666fapfap
Yoinkerman
bukhorigan
bukhorigan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
825
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan