CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Penerimaan Pajak Hancur Lebur, Sri Mulyani Lapor DPR
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4f3a338d9b1720b52486e9/penerimaan-pajak-hancur-lebur-sri-mulyani-lapor-dpr

Penerimaan Pajak Hancur Lebur, Sri Mulyani Lapor DPR

 Penerimaan Pajak Hancur Lebur, Sri Mulyani Lapor DPR

Jakarta, CBNC Indonesia - Kementerian Keuangan (Kemeneku) memproyeksikan penerimaan perpajakan pada tahun ini masih lesu karena pandemi covid-19. Penerimaan perpajakan berpotensi shortfall dari target APBN 2020 yang tertuang di dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2020.

Seperti diketahui, target penerimaan perpajakan sesuai yang tertuang di dalam APBN 2020 di dalam Presiden Nomor 72 Tahun 2020, sebesar Rp 1.404,5 triliun.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menjelaskan, penerimaan perpajakan yang lebih rendah dari yang ditargetkan tersebutkan, karena adanya perubahan target pertumbuhan ekonomi di tahun ini. Di mana, pemerintah memasang target pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2020 hanya akan tumbuh -1,1% hingga maksimal 0,2%.

"Kemungkinan revisi dari pertumbuhan ekonomi 2020 yang menurun, maka kita juga perkirakan penerimaan pajak akan mengalami revisi sedikit di bawah, dibandingkan yang ada di dalam Perpres 72," jelas Sri Mulyani dalam rapat dengan Banggar DPR, Selasa (1/9/2020).

Shortfall penerimaan pajak yang lebih dalam dari perkiraan, kata Sri Mulyani menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk mengejar penerimaan perpajakan tahun depan.

Di mana dalam RAPBN 2021, pemerintah menargetkan untuk bisa meningkatkan penerimaan pajak hingga 5,5% dari target di dalam Perpres 72 Tahun 2020, menjadi sebesar Rp 1.481,9 triliun.

Kendati demikian, dia memastikan akan mengoptimalkan berbagai kebijakan dalam mendorong penerimaan negara dari sektor perpajakan di tahun depan.

Di sisi lain, kebijakan penerimaan perpajakan, kata Sri Mulyani akan tetap diarahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan transformasi ekonomi, melalui pemberian insentif perpajakan yang akan diberikan secara lebih selektif dan terstruktur.

"Langkah ini dilakukan melalui beberapa revisi dari UU perpajakan yang diharapkan bisa memberikan suasana Investasi yang lebih positif," tuturnya.

Pemerintah, kata Sri Mulyani juga akan tetap melaksanakan reformasi perpajakan yakni pemajakan atas perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE). Kedua memperkuat pengawasan dan peningkatan hukum yang berkeadilan dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Adapun program reformasi perpajakan tersebut diterjemahkan ke dalam perbaikan pada lima pilar utama, yaitu Regulasi Perpajakan, Organisasi, Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi dan Basis Data, serta Proses Bisnis.

Sebelumnya, Kepala Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu menjelaskan, potensi penerimaan negara diperkirakan akan lebih rendah dari Rp 1.699,1 triliun atau lebih rendah dari yang ditargetkan pada perubahan kedua postur APBN 2020, di dalam Perpes 72 tahun 2020.

Proyeksi penerimaan negara yang lebih rendah dari Rp 1669,1 triliun tersebut tercermin dari rendahnya realisasi penerimaan pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Pasalnya, kata dia harga komoditas yang relatif rendah, tapi disisi lain sepending atau belanja pemerintah terus meningkat. Seperti diketahui di dalam Perpres 72 tahun 2020 belanja pemerintah ditargetkan mencapai Rp 2.738,4 triliun.

Oleh karena itu, menurut Febrio penerimaan pajak di tahun ini kemungkinan akan lebih dari 10%.

"Di Perpres 72 itu asumsinya pertumbuhan pajak minus 10%. Mungkin realisasinya bisa lebih buruk dari 10%. Sehingga kita punya masalah di sana, pengeluarannya harus dikelola ke depan," jelas Febrio, Sabtu (29/8/2020).

link


"Di Perpres 72 itu asumsinya pertumbuhan pajak minus 10%. Mungkin realisasinya bisa lebih buruk dari 10%. Sehingga kita punya masalah di sana, pengeluarannya harus dikelola ke depan," jelas Febrio, Sabtu (29/8/2020).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
salah sendiri duit pajak yg dihasikan malah diprioritaskan utk membiayai parasit sampah berseragam kheki emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan 6 lainnya memberi reputasi
siyap-siyap aja
yg nunggak pajak apapun mungkin bakal dapet surat cinta atau lebih ekstrim didatengin langsung, hmmmm
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan daroi memberi reputasi
Jual aja satu pulau, dpt duit cepet
profile-picture
daroi memberi reputasi
siap siap pns ya gaji di potong
profile-picture
daroi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nah bener ini
biar DPR wakilin kita bayar pajak biar tercapai
Makannya itu PNS ga guna dipensiunkan saja secepetnya
Bukannya malah ditambahin gaji emoticon-Najisemoticon-Najis



Doh mbak sri mbak sri emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2







Oh iya.saya ada usul mbak sri
Gimana kalo kita bikin pajak bernafas
Krn menggunakan oksigen hutan indonesia
Tar alesannya buat memelihara hutan aja mbak sri emoticon-Shakehand2
Kalo mbak sri saya rasa ahlinya dalam memberi pajak yg aneh2 emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iupis.manis
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Logikanya kalo penerimaan berkurang, ya pengeluaran juga berkurang

Makanya kurangi tuh gaji pns termasuk pns pemda, anggota dewan dpr/dprd/mpr/dpd, bpip, bumn, menteri n kabinetnya

Bukannya malah pns di kasih tunjangan pulsa
Masa pns kalah sama anak sekolah
Udah pada bangkotan juga masih ngerengek pulsa

Mumpung ada jaksa n jenderal polkis ketangkep, segera sita hartanya

Pns di kasih makan negara, kok malah gigit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SpiderMan84 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane Males ngomen
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan simsol... memberi reputasi
Pajak nya gak jadi duid emoticon-Ngamuk
Klean jangan harap gaji, paham klean ?!
 Penerimaan Pajak Hancur Lebur, Sri Mulyani Lapor DPR
Turut berduka cita
emoticon-Turut Berduka
Semua aspek pajakin skrg

Jalan kaki per 10m wajib pajak auto debet rek

Ibu pasti lbh jago lha bikin ide pajak
profile-picture
profile-picture
Judess dan kaiserwalzer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dilapori, supoyo ora 'mbahas masalah proyekan wae ... emoticon-Leh Uga
profile-picture
Judess memberi reputasi
Asn itu beban, BUMN untung hilang, rugi teriak paling kenceng . Ah sudahlah . Nyatanya untuk aparatur dianak emaskan melulu .emoticon-Kagets
profile-picture
Judess memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Itu karena salahnya pejabat yg sering minta gaji besar dengan alasan biaya hidup glamor. Rakyat yg menopang gaji buat pejabat" kelas kakap 😅
profile-picture
profile-picture
chisaa dan Judess memberi reputasi
WOI ANJ*YYY ANCUR LEBUR NDASMU
PBB UDAH NAEK TAJAM MASIH LU BILANG KURANG????? MENTAL KOMPENI DASAR!!!!! emoticon-fuck
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
Gak tahu mau komen apa lagi emoticon-Traveller
Gk ngurus. Gak paham gw


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di