deaprillaAvatar border
TS
deaprilla
TERAPKAN SISTEM INI, KOTA-KOTA BESAR INI BEBAS MACET!
     Bukan hanya di Jakarta dimana kemacetan menjadi masalah tak terselesaikan. Kemacetan juga lumrah ditemukan di kota-kota besar lainnya. Masalah ini menyebabkan kerugian besar pada efisiensi waktu, bahan bakar, tenaga hingga menyebabkan polusi udara yang membuat si pengendara stress. Beberapa kota seperti New York, London termasuk Jakarta bergerak lebih lambat dari pengendara sepeda rata-rata. Beberapa kota dan negara ini pun diduga sukses mengurangi kemacetan dengan beberapa cara yang akan dirangkum dalam thread ini…

CARA 1: Kota-kota besar di Eropa pernah menjadi kota besar dengan kemacetan terparah. Tapi kini, hal tersebut tidak lagi terjadi. London, Inggris; kota ini berhasil mengurangi kepadatan kendaraan melalui penerapan sistem pembayaran parkir. Tarif parkir di London adalah 217.000/2jam. 

Sementara dilansir dari kompas.com, untuk rata-rata parkir harian mencapai Rp 821.000, jika sebulan tarif parkir bisa mencapai Rp 24,6 jt. Hal ini pun juga diterapkan di Sydney, Australia; tarif parkir selama 2 jam di Sydney adalah Rp379.000, untuk tarif parkir langganan Rp 5,2 jt selama perbulannya untuk setiap kendaraan.

CARA 2: Di kota Moskow, Rusia; untuk mengatasi kemacetan mereka membangun Golden Ring yang merupakan jalur bus terintegrasi seperti cincin sehingga dapat menghubungkan antara halte satu dengan halte yang lainnya. 

Jadi jika tersesat, penumpang akan kembali ke halte pemberangkatan semula karena bus hanya berjalan mengitari jalur. Kota ini juga menerapkan konsep jalur kereta bawah tanah yang langsung dihubungkan dengan mal diatasnya. Jadi tidak perlu repot membawa kendaraan ke mal dan kita hanya perlu membayar sekali tiket saja.

CARA 3: Dengan bantuan teknologi atau dengan ERP (Electronic Road Princing), Swedia mampu menurunkan angka kemacetan sebanyak 25%. Angka ini setara dengan berkurangnya 1 juta kendaraan dalam 1 hari. 

Teknologi ERP menerapkan pembayaran secara elektronik bagi pemilik kendaraan pribadi. Mereka memasuki pusat kota pada hari pada setengah tujuh pagi hingga setengah tujuh malam akan dikenakan biaya dengan nominal tertentu. Selain mengurangi kepadatan jalan, sistem ini turut meningkatkan pendapatan harian jalan tol.

CARA 4: LALU GIMANA DENGAN DI JAKARTA? Saking parahnya, Jakarta memegang peringkat ketiga sebagai kota termacet didunia. Menurut penilitian pengguna mobil menghabiskan 55 jam terjebak macet dalam 1 tahun. LALU APA UPAYA NYA? Sistem Ganjil Genap; peraturan penerapan plat kendaraan dengan angka terakhir ganjil atau genap sesuai dengan penganggalan ganjil atau genap untuk mobil pribadi. 


Kemudian, Transjakarta; merupakan sistem BRT dengan jalur lintasan terpanjang didunia yaitu 208 KM. transjakarta juga memiliki 228 halte yang tersebar di 12 koridor. Sejak pertengahan tahun 2016, pemprov DKI Jakarta telah meng-gratiskan bus Transjakarta untuk beberapa kategori.

Media Referensi: kompas.com
https://otomotif.kompas.com/read/201...unia?page=all
daroi
meooong
meooong dan daroi memberi reputasi
2
989
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan