Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

handa860Avatar border
TS
handa860
Tips Membuat Donat Kentang Agar Hasilnya Lembut dan Empuk
Makanan yang satu ini disukai banyak orang karena memiliki rasa yang lezat dengan tekstur yang lembut. Ya donat terbuat dari adonan terigu, telur, mentega dan gula yang diolah dengan cara digoreng. Makanan yang satu ini memiliki ciri khas dari bentuknya yang bulat dengan terdapatnya lubang di bagian tengahnya. Namun, ada juga donat yang tidak dilubangi sesuai dengan selera dengan isian krim.

Donat memiliki banyak variasi sesuai dengan topping yang digunakan. Untuk toppingnya itu sendiri kita bisa menyesuaikannya dengan selera, seperti cokelat, oreo, greentea dan lain sebagainya. Untuk menikmatinya kini anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah sehingga anda bisa menyesuaikan bahan topping sesuai keinginan.

Dalam membuat donat, kentang biasanya ditambahkan agar adonan menjadi lembut dan lezat. Nah, agar donat yang anda buat hasilnya lebih empuk dan lembut, anda bisa simak tips membuat donat kentang di bawah ini.

Gunakan Kentang dengan Kandungan Air yang Tinggi


Sumber gambar: liputan6.com


Jika anda akan menggunakan kentang segar untuk membuat donat, anda harus menggunakan kentang dengan kandungan air yang tinggi. Jangan gunakan kentang yang tidak atau sedikit mengandung air karena nantinya akan mempengaruhi hasilnya.

Kentang bisa anda kukus sampai matang dengan kulitnya. Pastikan kentang dikukus hingga lembut. Jika sudah matang dan lembut, anda bisa menghaluskan kentang ketika masih dalam keadaan panas hingga benar-benar hancur dan lembut.

Jika kentang sudah dingin atau suhunya sudah menurun hingga menjadi suhu ruangan, anda bisa mencampurkannya ke dalam adonan tepung untuk donat yang sebelumnya sudah anda buat.

Selain Kentang Segar, Anda Bisa Menggunakan Tepung Kentang


Sumber gambar: selerasa.com


Sebenarnya selain menggunakan kentang yang masih segar, anda juga bisa menggunakan bahan yang lainnya dalam pembuatan donat. Anda bisa menggunakan tepung kentang. Menggunakan tepung kentang tentunya akan lebih praktis karena anda tidak perlu mengukus atau menghaluskan kentang terlebih dahulu.

Namun, untuk menggunakannya anda harus melarutkan dan memasak terlebih dahulu dengan air. Air yang digunakan pun harus banyak sebab tepung kentang akan menyerap air.

Tambahkan Tepung Ketan Untuk Mendapatkan Adonan yang Lembut


Sumber gambar: pakaroti.com


Apabila anda ingin mendapatkan adonan yang sangat lembut, anda bisa menambahkan tepung ketan. Sama seperti tepung kentang, jika anda akan menambahkan tepung ketan ke dalam adonan maka tepung ketan sebelumnya harus dimasak terlebih dahulu dengan menggunakan air.

Tambahan kentang beserta ketan dalam adonan donat akan membuat donat teksturnya lembut serta rasanya semakin nikmat. Anda jangan khawatir tambahan kentang serta ketan pada adonan tidak akan membuat donat rasanya menjadi berbeda, namun hanya akan membuat teksturnya saja yang berubah menjadi lebih lembut. 

Setelah itu, anda bisa melanjutnya membuat donat seperti langkah biasanya. Setelah donat matang, anda bisa menggunakan aneka topping yang lezat sesuai selera anda.

Tambahan kentang memang akan membuat donat menjadi lebih lembut. Namun, jika anda tidak memperhatikan kentang apa yang digunakan hasilnya justru tidak akan seperti yang anda inginkan. Nah, itulah beberapa tips membuat donat kentang agar lembut dan empuk. Semoga bermanfaat.
Diubah oleh handa860 12-11-2019 07:09
tata604
tata604 memberi reputasi
1
2.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan