CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Indonesia Tidak Dijajah Jepang!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4b226968cc951f476fd06c/indonesia-tidak-dijajah-jepang

Indonesia Tidak Dijajah Jepang!

Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 7
membahas detail sejarah, apalagi yg ada hubungan nya dengan bagaimana sebuah negara terbentuk itu udah kyk debat pelabelan produk antara pakar (sejarawan) dan orang marketing (politikus). sejarawan pengen bahas sedetail mungkin, politikus pengen sebombastis mungkin agar produknya terjual (kisah nya diterima sebagai kisah pemersatu bangsa).

Mana yg bener dan mana yg salah? ga dua dua nya. Tapi mana yg punya tujuan lebih jelas? jelas politikus. Setidaknya kisah "Indonesia dijajah belanda 350th dan dijajah jepang 3,5th" berhasil membentuk NKRI. Dengan modal ini orang2 merasa punya keterikatan yg sama untuk membentuk sebuah negara alih2 terus berperang satu sama lain. Sedangkan sejarawan cuma ingin membeberkan fakta apa ada nya tanpa tujuan lain selain memuaskan rasa ingin tahu pribadi mereka. Di beberapa kasus malah ada negara yg jadi terpecah ketika rakyatnya sadar "oh ternyata leluhur gua dulu begini, jadi ngapain gua gabung sama mereka kalau gitu?"

TBH gua selalu ngerasa kalau para pendiri bangsa kita itu jenius bahkan dibandingkan negara2 lain. Mempersatukan 1 wilayah nusantara yg sangat beraneka ragam its not easy job. Beberapa negara bahkan bisa terpecah hanya karena perbedaan bahasa, atau tetap bersatu dengan bahasa national yg sangat rumit karena terdiri dari beberapa bahasa. Belum lagi membicarakan soal Suku, aadat, Budaya dan Agama. Bagaimana para pendiri bangsa bisa menemukan formula untuk mempersatukan bangsa ini menurut gua topik yg lebih menarik, dan hal ini yg harus disebarluaskan terlebih dahulu sebelum menggantikan kisah 350th dijajah.
profile-picture
profile-picture
masepdi dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


bos ente salah narok kalau di lonje mah

harusnya narok di SF Sejarah dan Xenology

biar yang komen jg orang2 yang enthusiast dan mungkin memang ada Ahli Sejarah beneran yang bisa memberikan feedback yang relevan

sayang bikin thread panjang-panjang dengan isi berkualitas cuma buat cendol doank
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
sekarang ane merdeka, tapi mungkin lebih sakit karena dijajah bangsa sendiri. BUMN Monopoly, negara berbisnis,, buat bangsa ga bisa berkembang. Padahal kalau diserahkan Swasta 80% masalah negara ini selesai.

ya, tuan tanahnya sekarang yang berkuasa, dan mempertahankan kekuasaannya. Rakyat jadi korban.
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan kaiserwalzer memberi reputasi
Ya emang tidak semua wilayah beratus2 tahun gt, aceh contohnya, tp kan itu juga kaya dr awal sampai akhir gt lo, ga peduli dikit apa banyak yg dijajah
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan jerrystreamer1 memberi reputasi
banyak bener yg komen jav, otak bokep komntol
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Woo.. Ternyata penduduk indo punya bakat nyinyir dari dulu ya?
Pantes ampe skrg banyak pejabat yg lebay

Kekna indo terlalu pesimis ma negara lain ya?
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Kalau tidak ya bagus gan, tapi kenyataannya dijajah dengan produk-produk dari jepun. Seperti kendaraan yang ada di negeri ini kebanyakan dari sana. Kalau mengaku tidak dijajah di jaman dulu ya silahkan saja, tapi saat ini dijajah ekonomi. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Panjang bgt trit nya ya emoticon-Matabelo
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
1. Kalau Jepang niat mengalahkan Hindia Belanda, kenyataannya Jepang mendarat di Kalimantan lebih dulu daripada di Jawa..peristiwa Mandor merupakan saksi kekejaman tentara Jepang terhadap pribumi

2. Jepang memang terkesan lunak sama pribumi untuk mencari simpati awal..seperti di Thailand..karena raja2 mereka tiba2 ngadain perjanjian diam2..maka rombongan Blitzkrieg Jepang lewat dengan mudah untuk meneruskan invasi ke Burma dan India sehingga nama Thailand tetap perawan yang ga pernah di jamah eh di jajah

3. Di beberapa negara yang di lindas memang Jepang kurang ramah dgn etnis tionghoa..seperti waktu melindas Malaya (Malaysia dan Singapura)
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
"Disini kita bisa melihat apa tujuan bangsa asing datang ke nusantara? Sumber daya alam, lantas apakah dengan nama merdeka kita sudah menguasai sumber daya alam kita untuk kepentingan bangsa dan rakyatnya sendiri? Mungkin kalian bisa buka UUD 1945 di Pasal 33 dan 34 terlihat jelas saat ini hanya namanya saja yang merdeka, karena perekonomian diatur oleh tuan tanah yang berkuasa, bukan asas kebersamaan."

maksud nya apa ya gan ini ? tolong di jelaskan ? teruskan yang dimaksud asas kebersamaan apakah itu semacam sosialisme?
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
yg benar Indooog di jajah jawir sampai sekarang,itu sudahemoticon-Malu (S)
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh preman.sosmed
Kalau menurut ane, kata2 "di-jajah oleh belanda selama 350 tahun" itu adalah propaganda, doktrin dan proses cuci tangan oleh pemerintah / penulis sejarah. Seperti yang kita ketahui, Sejarah ditulis oleh pemenang, sedangkan pihak yang kalah ? Ya tulis saja sejarahnya bahwa mereka mengakui kalau mereka kalah, tapi yang buruk-buruk / jelek-jelek, lempar ke sisi pemenang, dengan demikian, pihak kalah bisa main "Play Victim".

350tahun bukan waktu yang singkat, kalau dibuat rata2 umur satu generasi 70 tahun, itu udah 5 generasi abis, -- yang ane yakini, Belanda membentuk perusahaan dagang, yang memang faktanya juga bekerja sama dengan pemimpin daerah2 di masa itu, yg keuntungannya pastinya masing2 ambil keuntungan. Korbannya tentu saja rakyat-rakyat jelata yang dimanfaatkan tenaganya. Tapi memang di masa itu seluruh teknologi dll semuanya memang dtang dari luar karena manusia di tmpat kita masih terhitung primitif, yang mana landasan negara kita sampai detik ini pun banyak sekali berkiblat ke Belanda, baik dari serapan bahasa, hukum maupun arsitektur bangunan di penjuru Indonesia ini.

Jadi sebenarnya memang pada saat itu orang2 belanda naik perahu dayung, muter2 lautan, trus ketemu satu daerah, eh belum ada yg punya nih daerah, lum diakui dimana2 nih, y udah gw manfaatin aja orangnya dan SDA nya, gw deal-deal-an sm raja2 di sana aja, monopoli ini itu -- jadi lah gw settle di sana 350 tahun. Gw invest dll di sana, bikin infrastruktur dll di sana. Sampai akhirnya gw di serang sama klan lain, klan Jepang namanya.

Nah kalau penjajahan itu ada salah satu pihak yang ditindas, nah kalau sama jepang, kita baru ditindas, beru berasa, gkda faedahnya, gkda peninggalan apa2 dari Jepang, motifnya murni menjajah aja untuk perang.

Kalau ada simbiosis mutualisme, seperti yg terjadi dengan Belanda, ya itu bukan penjajahan sih namanya. Wong sama2 untung sih.

Namanya penjahat mah gak mandang ras / suku, mo Belanda kek, mau Indonesia kek, ada aja penjahatnya. Ngga bermaksud membela Belanda atau negara lain, tapi lebih kepada apakah manusia2 pribumi kita dulu kelakuan lebih baik drpd Belanda / negara lain yg datang ke sini ? Belum tentu juga kan, walaupun tidak ada dokumentasi kelakuan buruk manusia2 pribumi dalam negri kita.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tengkyuu infonya gan. Menambah wawasan sejarah yang baru tau ane nih gan
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
sebenernya klo dibaca sma2 mau jajah indo, cuma indo di gunakan aja ama org jepang dengan pura2 berteman bilang mau bebaskan indo dari belanda emoticon-Wakaka
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Sejarah buanyak di manipulasi
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Indonesiaaa bangkittt majuu teruss gannn
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Banyak ceritaa sejarahh tanpa kitaa dahuluiii keren sihhh
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Kerenn sih gann iniii nihhh heheeee
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Mantull gaesss mantull mantull
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Tinggalin jejak dulu....
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Halaman 4 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di