DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Cara Mudah Menyiram Tanaman di Musim Kemarau Supaya Hemat Air, Coba Praktein Gan!

Kaskus DeYudi69 -Gan-Sist seorang pecinta tanaman? Atau berprofesi sebagai pembudi tanaman atau sebagai petani? Pasti Gan-Sis sangat membutuhkan air sebagai salah satu penunjang utama supaya tanaman Gan-Sist dapat tumbuh dan berkembang secara optimal bukan?


sumber gambar

Ane sendiri walaupun tidak tahu banyak mengenai tanaman, tapi sangat suka untuk memeliharanya, karena menurut ane setelah melihat tanaman yang kita tanam berhasil berbunga dan berbuah, maka akan memberikan kepuasan tersendiri. Berada di dekat tanaman yang rindang pada siang hari juga terasa sangat sejuk karena pada siang hari tanaman akan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis.

Nah, biasanya tanaman akan rutin kita siram setiap harinya, minimal sekali dalam sehari di sore hari, atau beberapa hari sekali tergantung dari jenis tanaman yang kita tanam.

Namun, kita akan mengalami kesulitan untuk merawat tanaman kesayangan kita apabila tidak terdapat sumber air yang cukup, misalnya di musim kemarau. Maka dari itu kita harus mencari solusinya. Berikut ini ane rangkum beberapa cara untuk menyediakan dan menyiram tanaman di musim kemarau.

1. Gunakan batang pohon pisang sebagai sumber air bagi tanaman kita


sumber gambar

Cara ini biasanya dilakukan untuk menyediakan sumber air bagi tanaman yang ditaman pada lahan perkebunan. Misalkan saja kita mempunyai kebun cengkeh yang letaknya jauh dari anak sungai atau sumber air dan disekitarnya banyak kita tanami pohon pisang, maka cara yang dapat kita lakukan adalah memotong-motong dan menanam batang pohon pisang tersebut di sekitar pohon cengkeh. Selain batangnya yang banyak mengandung air, proses pembusukan batang pisang di dalam tanah juga secara otomatis akan menjadikannya sebagi pupuk kompos.

2. Membuat tandon penampung air hujan


sumber gambar

Cara kedua yang dapat kita lakukan adalah dengan cara membuat sebuah bak beton untuk menampungan air hujan di areal lahan perkebunan kita, jangan lupa bak air ini juga harus dilengkapi dengan penutupnya ya, supaya tidak menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak. Maka di saat musim kemarau kita tidak kesulitan untuk menyiram tanaman di kebun. Kelemahan dari cara ini yaitu memerlukan modal awal yang cukup besar untuk membuatnya.

3. Membuat gundukan tanah dan menutupi gundukan tersebut dengan potongan rumput juga sampah dedaunan


sumber gambar

Cara ini juga dapat dilakukan untuk meminimalisir proses penguapan air yang ada di bagian bawah pohon pada kebun kita. Dengan membuat gundukan tanah dan menutupinya dengan pangkasan rumput juga sampah dedaunan yang dikumpulkan maka cahaya matahari tidak secara langsung mengenai bagian tanah di bawah pohon. Air yang kita gunakan untuk menyiramnya pun tidak cepat kering.

4. Gunakan botol bekas kemasan air mineral

Spoiler for Video Menyiram Tanaman dengan Bantuan Botol Plastik Bekas:


Cara yang terakhir yaitu kita menyiram tanaman menggunakan alat bantu berupa botol plastik yang dilubangi, supaya air yang kita pergunakan untuk menyiram tanaman dapat secara langsung mengenai bagian akar paling bawah dari tanaman kita. Dengan cara ini juga jadi lebih hemat dalam penggunaan air di musim kemarau.

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menyediakan sumber air juga menyiram tanaman di musim kemaru supaya lebih hemat dalam penggunaannya.

Semoga thread ane kali ini bisa bermanfaat ya.

Baca Juga : Tak Perlu Skil Dewa Untuk Membuka Kemasan Makanan dan Minuman Berikut Ini

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : opini pribadi
Diubah oleh DeYudi69 28-08-2020 05:31
indramamoth
InaSendry
tien212700
tien212700 dan 51 lainnya memberi reputasi
52
7.3K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan