CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Cara Menanam dan Merawat Bunga Pacar Air
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f47bb3ef0bdb23641108838/cara-menanam-dan-merawat-bunga-pacar-air

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pacar Air

Pacar Air



Cara Menanam dan Merawat Bunga Pacar Air

Sumber gambar : dokumentasi pribadi



Bunga pacar air termasuk tanaman yang populer karena mahkotanya yang cantik dengan berbagai warna. Bunga pacar air sangat disukai oleh lebah dan serangga lainnya untuk diambil nektarnya. Namun lebah dan serangga tersebut sangat membantu proses penyerbukan bagi bunga pacar air.


Apa itu bunga pacar air?


Quote:

Sumber : Wikipedia



Bagaimana cara menanam bunga pacar air?

Menanam bunga pacar air sangat mudah dan tidak begitu ribet. Namun tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya mengenai pengairan, pemupukan dan sinar matahari. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan singkat berikut :


1. Siapkan media tanam

Bunga pacar air bisa ditanam langsung di kebun atau halaman rumah. Bisa juga ditanam di pot jika lahan minim. Jika ingin menanam di dalam pot, maka sediakan :
- tanah yang sudah dicampur pupuk kompos
- pastikan pot memiliki sistem penyerapan atau drainase yang baik
- tempatkan pot di tempat yang terkena sinar matahari


Spoiler for Contoh Media Tanam:

Sumber gambar : dokumentasi pribadi


2. Siapkan bibit

Bibit bunga pacar air bisa dibeli di toko bunga, baik online maupun offline. Bisa juga memetik langsung buah pada bunganya. Kemudian letupkan buahnya dan ambil bijinya.


Spoiler for Buah Bunga Pacar Air:

Sumber gambar : dokumentasi pribadi


Spoiler for Biji Bunga Pacar Air:

Sumber gambar : dokumentasi pribadi


3. Penanaman

Penanaman bunga pacar air sangatlah mudah. Namun, tetap perhatikan hal-hal berikut :
- media tanam yang sudah disiapkan tadi harus tetap lembab
- semai biji ke dalam media tanam yang sudah disiapkan tadi. Boleh menabur lebih banyak biji, karena tidak semua biji bisa tumbuh.
- jika biji sudah tumbuh kecil kemudian pindah ke media tanam yang lebih besar dengan perlahan-lahan supaya akarnya tidak putus.
- letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari. Tidak perlu di tempat yang seharian selalu terkena sinar matahari, cukup di tempat yang terkena sinar matahari selama 2 - 3 jam sehari


Spoiler for Bibit Tanaman Bunga Pacar Air Usia 14 Hari:

Sumber gambar : dokumentasi pribadi



Kemudian, bagaimana perawatan bunga pacar air tersebut?


Perawatan bunga pacar air tidak begitu ribet. Sama halnya seperti merawat tanaman lain supaya tidak layu atau mati. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan singkat berikut :
- penyiraman bisa dilakukan secara optimal sehari satu kali. Jika terlalu banyak air, bisa menyebabkan batang menjadi busuk kemudian mati
- pemupukan bisa dilakukan saat usia tanaman satu bulan. Bisa dipupuk menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang dalam porsi secukupnya
- jika ada batang tanaman yang rusak, segera potong supaya rusaknya tidak menjalar ke bagian batang lainnya
- jika tumbuh gulma di sekitar tanaman pacar air, lebih baik dicabut supaya tidak menggangu



Cukup mudah dan menyenangkan, bukan? Apalagi jika sudah berbunga, selain membuat indah pemandangan sekitar rumah, tentu membuat hati senang. Masa pandemi, tidak ada salahnya jika mengisi waktu di rumah dengan bertanam bunga pacar air bersama anak. Tentu, anak akan menjadi tidak bosan setelah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ). Ibu pun akan memiliki kegiatan lain setelah berusaha mendampingi anak melakukan PPJ. Jangan lupa untuk menyimpan bibit biji bunga pacar air supaya bisa ditanam kembali.


Selamat mencoba


Cara Menanam dan Merawat Bunga Pacar Air

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pacar Air

Sumber gambar : dokumentasi pribadi


Lina WH


Referensi :
- Opini pribadi
- Wikipedia

Sumber gambar :
- dokumentasi pribadi


Cara Menanam dan Merawat Bunga Pacar Air
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Halaman 1 dari 3
🌻🌸🌷🌹🌺🌼
profile-picture
profile-picture
miniadila dan Richy211 memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Mau yang putih mba, belum punya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Aku suka bunga pacar air, apalagi yg bertumpuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cantiknyo emoticon-Belo ane belom jago tanem2 sementara mulai dulu dari pelihara kaktus,, masih cupu
profile-picture
profile-picture
miniadila dan lina.wh memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dulu suka ambil biji2nya buat main2an. Atau kembali di tebar di tanah biar tumbuh alami
profile-picture
profile-picture
miniadila dan lina.wh memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Dulu sering nemu bunga pacar air skrg jadi jarang knp ya wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Nih bunga termasuk yg cepet rontok.

Kek bunga matahari yg siklusnya terbilang cepat

emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Wah lama Gak lihat iki
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lama tak lihat tanaman ini. Dulu waktu ane kecil mah banyak tumbuh liar.
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan miniadila memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wah ada ya yang emang budidaya bunga ini ga , baru tahu ane hehe kirain cm di alam
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane tanam yg warna merah dan ungu. Pernah baca artikel di kaskus juga kalau katanya tanaman ini beracun. CMIW.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Cara merawat bunga dengan benarr nih
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ada yang mau aku rawat ngga sini... emoticon-Malu

#BATACOLLECTOR
#THANKYOU
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lagi booming main tanaman sekarang setelah tren sepeda mulai memudar.emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan miniadila memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
tanam bunga gatot terus aneemoticon-Leh Uga

tanam jeruk dan anggur sekarangemoticon-Smilie

tanam terong ga numbuh jugaemoticon-Frown

BATA! emoticon-Bata (S)
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Bunga ini mengingatkan ane sama almarhumah nyokap. Tiap nemu di jalan pinggir kali, langsung minta turun tuk cabut bunga ini, terus di tanam di halaman rumah.
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Diubah oleh miniadila
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Oh ini namanya pacar air. Ini mah taneman jaman kecil dulu suka mencetin buahnya
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tetangga ane punya banyak tanaman bunga ini..ane mau minta buat ditanam di pekarangan ane. thanks ya sis thread nya
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap mba HT
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
selamaaat mencobaa, ane selalu gagal kalau betanam
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di