dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Mengenal Portulaca atau Krokot Ternyata Bisa Dibikin Bonsai Lho, Begini Caranya!


Tanaman hias krokot, bunga pukul sembilan, moss rose, portulaca



Assalamualaikum wr wb.

Gansis, siapa yang suka tanaman hias? Tanaman hias apa yang paling gansis sukai?

Jika menjawab pertanyaan di atas, pastinya banyak versi yang didapatkan. Karena, yang namanya selera setiap kepala tentunya tidak sama.

Tanaman hias, saat ini bukan hanya sebagai penghias teras rumah. Namun sudah merambah menjadi lahan dan dunia bisnis.

Gansis, tentunya masih ingat tentang fenomena tanaman gelombang cinta? Yups, beberapa tahun ke belakang tanaman gelombang cinta menjadi primadona bagi pecinta tanaman hias. Kenapa? Karena harganya pernah bisa mencapai jutaan rupiah. Ajaib, kan?

Nah, daripada membahas tanaman hias yang mahal lebih baik ngomongin tanaman hias yang murah, mudah ngerawatnya akan tetapi bunganya indah.

Dan, tanaman hias ini salah satu yang ane sukai saat ini. Nama tanaman hiasnya adalah Krokot. Gansis, ada yang seselera dengan ane?



Krokot adalah tanaman hias yang bentuk daunnya lancip-lancip seperti daun. Mirip rumput. Krokot berasal dari benua Amerika Selatan yang disebut Portulaca. Ada yang menamai Moss Rose. Ada juga yang menyebutnya sebagai kembang pukul sembilan, karena biasanya bunga ini mekar pada pukul 9 pagi.

Pada awalnya Krokot ini dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu. Disebabkan pada pertumbuhannya yang cukup cepat.

Jika gansis ingin menanam Krokot atau Moss Rose ini. Gansis tinggal menyetek batangnya, kira-kira 5 cm. Lalu, ditanam di tanah atau di dalam pot.

Perawatan Krokot pun juga sangat mudah. Cukup disiram esok dan sore, sudah bisa tumbuh dengan baik. Sesekali bisa dikasih pupuk agar batangnya tidak kurus, karena tanaman ini cukup rakus dalam hal menyerap hara di tanah.



Secara estetika, mungkin kurang menarik bila hanya ditaruh di dalam pot. Ternyata tanaman Krokot ini bisa pula dibuat menyerupai bonsai, lho, gansis. Bonsai! Menarik, kan?

Untuk membuat bonsai dari tanaman Krokot ini pun sangat mudah. Gansis cuma mengambil beberapa batang Krokot, kemudian dikepang.

Misalnya, ambil sembilan batang Krokot yang panjangnya kurang lebih sama. Kemudian bagi tiga bagian, lilitkan satu dengan yang lain. Persis seperti mengepang rambut gitu, gansis. Setelah dikepang, lalu ditanam di dalam pot. Jadi, deh!

Gimana, gansis. Adakah yang tertarik dan berminat menanam bunga Krokot ini. Warna bunganya pun beraneka, ada yang merah kuning, putih, merah, ungu, dll.

Pilihlah hobi, yang tidak harus membutuhkan duit yang banyak biar kantong tidak cebol. Yang penting hobi tersalurkan dan hati pun jadi senang.

Sekian thread dari ane yang ngebahas tentang per-Krokot-an. Semoga bermanfaat.

Jika gansis, ingin membuat bonsai dari krokot, ini ane copaskan link di youtube. Semoga berkesan. Wassalamu'alaikum wr wb.

Spoiler for cara membuat bonsai krokot:


Penulis: @dalledalminto
Tulisan: opini pribadi
Referensi: 1, 2
Gambar: www.google.com

Erie Sting
embunsuci
tien212700
tien212700 dan 62 lainnya memberi reputasi
63
17.7K
272
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan