CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komnas PA Minta Setop Penggunaan Kata ‘Anjay’: Bisa Dipidana
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4aec97f4d69513684716e3/komnas-pa-minta-setop-penggunaan-kata-anjay-bisa-dipidana

Komnas PA Minta Setop Penggunaan Kata ‘Anjay’: Bisa Dipidana

Komnas PA Minta Setop Penggunaan Kata ‘Anjay’: Bisa Dipidana

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menyoroti maraknya penggunaan kata ‘anjay’ yang populer dipakai anak-anak, minta dihentikan karena berpotensi dipidana.

WowKeren - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menyoroti penggunaan kata “anjay” yang sedang populer dipakai oleh anak-anak. Komnas PA lantas meminta penggunaan kata tersebut untuk segera dihentikan lantaran berpotensi dipidana.

Mengenai hukuman pidana terkait penggunaan kata “anjay”, Komnas PA menjelaskan hal tersebut diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Menurut Komnas PA, kata “anjay” merupakan sebuah bentuk kekerasan atau bullying sehingga dapat dipidana sesuai aturan tersebut, dan masuk dalam kategori kekerasan verbal.

”Ini adalah salah satu bentuk kekerasan atau bullying yang dapat dipidana,” kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait seperti dilansir dari Detik, Sabtu (29/8). “Bisa dipidana baik digunakan dengan cara dan bentuk candaan.”

”Namun jika unsur dan definisi kekerasan terpenuhi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, tindakan itu adalah kekerasan verbal,” sambungnya. “Lebih baik jangan menggunakan kata 'anjay'. Ayo kita hentikan sekarang juga.”

Meski demikian, ancaman pidana tersebut harus melihat penggunaan serta makna kata “anjay” itu sendiri. Jika kata itu disebutkan sebagai kata pengganti ucapan salut dan bermakna kagum atas satu peristiwa, maka tidak mengandung unsur kekerasan atau bullying.

”Misalnya 'Waoo... keren', memuji salah satu produk yang dilihatnya di media sosial diganti dengan istilah 'ANJAY',” jelas Arist. “Untuk satu aksi pujian ini tidak mengandung kekerasan atau bully di mana istilah tersebut tidak menimbulkan ketersinggungan, sakit hati, dan merugikan sekalipun.”

Sebaliknya jika kata “anjay” diartikan sebagai kata pengganti binatang, maka hal tersebut sudah merendahkan martabat seseorang. Dengan begitu, orang yang mengucapkannya dapat teracam hukuman pidana karena telah melakukan aksi kekerasan verbal.

”Istilah tersebut adalah salah satu bentuk kekerasan verbal dan dapat dilaporkan sebagai tindak pidana,” terang Arist.

“Oleh sebab itu, harus dilihat perspektifnya karena penggunaan istilah 'anjay' sedang viral di tengah-tengah pengguna media sosial dan anak-anak.”

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
superf1cial dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6



Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cuma anjay aja pak?
Anjaaaaayyyyy
profile-picture
profile-picture
EmberMcLain dan samsol... memberi reputasi
Kalau ngomong anjing boleh gak.

profile-picture
EmberMcLain memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Anjirr
Opo seh cuk. Kurang gawean emoticon-Leh Uga
profile-picture
666fapfap memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ANJAY ANJAY ANJAY
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
Wanjayyyyy kenapa nih...

emoticon-Malu
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
Ini Luthfi Agizal sopo sih? Naik daun bener? Mau jadi artis?
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau anak2 sebaiknya jangan, kalau bocah tua nakal ya silahkan saja. Anjrit!
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan variolikes memberi reputasi
komnas saking gabutnya masalah kagak penting dan kagak masuk akal diurusin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 4 lainnya memberi reputasi
Gara² artis gurem pansos kata itu saja dipermasalahkan. Komnas HAM paok bnyk anak kena cabuli oknum ustadz dia diem aja pdhl itu yg lbh penting. emoticon-fuck2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 5 lainnya memberi reputasi
Kurang kerjaan. Benahi tuh nikah usia muda, Anjal (anak jalanan), tontonan gak mendidik untuk anak, undang-undang pelecehan anak. Cari sensasi ya, pak? emoticon-Cape d...
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
Diubah oleh Jangan.maling
Mikirin anjay dibayar berapa? Anjay leh uga
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Taek, gak guna cok.
emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
cahdipoe2 dan samsol... memberi reputasi
okelah kalo begitu


ANJIRR.. . , BANGSAD, BABI, NGENTHOT KHONTOL, MEMEEK, PUKI, TAI, MEKI, PEJUH,. . .emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wonxintinxxx
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
lutiagizal gay ini siapa? emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan samsol... memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dah lah ngomong JANCOK aja mendingan........
profile-picture
profile-picture
EmberMcLain dan BWM789 memberi reputasi
Anjay, standar jandaemoticon-Kagets
profile-picture
samsol... memberi reputasi
tapi emang jijik dengernya emoticon-Ngakak
kekerasan verbal?
mending lu ngurusin kekerasan seksual anak yg jelas-jelas banyak terjadi dan jauh lebih urgent


ujung-ujungnya nggak jauh cuma jadi sarana pansos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di