widokoAvatar border
TS
widoko
Bahaya! Diam-Diam Kematian Karena Corona di Indonesia Tembus 3 Besar Asia
Penyebaran Corona di Indonesia sudah memakan waktu berbulan-bulan, tetapi sampai saat ini tanda-tanda mereda belum juga terlihat. Yang ada malah tambahan kasus baru yang masih belum berhenti. 


Penambahan Kasus Corona Per Hari Indonesia Sampai 25 Agustus 2020 (Sumber: worldometers.info)


Berbulan-bulan sudah penambahan kasus Corona baru per hari di Indonesia pada angka yang signifikan. Terhitung sejak tanggal 23 Juni sampai dengan tanggal 24 Agustus 2020 penambahan kasus Corona baru di Indonesia selalu di atas angka seribu per hari. Bahkan ada beberapa diantaranya di atas angka dua ribu per hari. Seperti yang terjadi kemarin, 25 Agustus 2020, dimana ada penambahan kasus baru sebanyak 2.447.


Kematian RI 3 Besar Asia (Sumber: worldometers.info)


Dengan penambahan kasus baru sebanyak itu maka kini jumlah total kasus infeksi Corona di Indonesia menurut situs Worldometers.info, diakses 26 Agustus 2020, adalah sebesar 157.859 kasus. Dari jumlah itu, 6.858 diantaranya berakhir dengan kematian.


Penambahan Kematian Per Hari Akibat Corona di Indonesia Sampai 25 Agustus 2020 (Sumber: worldometers.info)


 Dengan jumlah sebanyak itu Indonesia kini menduduki peringkat ke dua di Asia Tenggara sebagai negara dengan infeksi Corona terbesar. Peringkat pertama di Asia Tenmggara sampai saat ini masih ditempsti oleh Filipina dengan total kasus mencapai 197.164 kasus.

Tetapi yang perlu diwaspadai, meskipun Indonesia secara jumlah total kasus Corona di bawah Filipina, tetapi jumlah kematiannya jauh di atas Filipina. Di Asia Tenggara Indonesia menduduki peringkat pertama dengan total kematian dengan ifeksi Corona sebanyak 6.858. Sementara itu Filipina berada di peringkat kedua dengan jumlah kematian kurang dari separuh Indonesia yakni sebesar 3.038 kasus.

Yang juga harus diwaspadai adalah, dengan jumlah kematian sebanyak itu Indonesia juga masuk tiga besar akibat infeksi Corona di Asia. Kematian karena infeksi Corona tertinggi di Asia sampai saat ini masih dpimpin oleh India dengan total kematian mencapai 59.612 jiwa. Sedang Iran membuntuti tepat di bawah India dengan total kematian mencapai 20.901 jiwa. Indonesia tepat dibawah Iran dengan total kematian mencapai 6.858 jiwa.

Hal ini tentu saja harus menjadi perhatian kita bersama. Dengan masuk tiga besar Asia berarti kasus Corona Indonesia sangat mungkin menjadi perhatian dunia, khususnya negara-negara Asia.

Dan kemungkinan jumlah kematian akibat Corona masih terus bertambah. Karena sejak 29 Juni 2020 penambahan kematian baru per hari di Indonesia masih terus di atas 40 jiwa. Bahkan kemarin, 25 Agustus 2020, penambahan data kematian baru pada hari itu sejumlah 99 jiwa.

Untuk dapat mengatasi dan mengendalikan penyebaran Corona sangat diperlukan kesadaran masyarakat. Sayangnya selama ini masih ada masyarakat yang masih melanggar SOP kesehatan Covid-19 ini di tempat-tempat umum. Bahkan beberapa waktu lalu ada masyarakat bersama seorang seleberiti yang menolak tes rapid dan swab sebagai syarat administrasi.

Kesadaran kita sangat membantu untuk mengendalikan penyebaran Corona di tanah air. Mari kita mematuhinya...I]




Referensi:

1. Worldometers.info, diakses 26 Agustus 2020
Diubah oleh widoko 26-08-2020 04:01
Shyesun.pucha
UriNami
tien212700
tien212700 dan 15 lainnya memberi reputasi
14
4.4K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan