rukminiirawanAvatar border
TS
rukminiirawan
Karena Terlalu Banyak Bersedakah, Pria Ini Sampai Mampu Buat Negara Inflasi!


Sedekah emang baik ya gan, bahkan dalam agama, kita di anjurkan untuk banyak bersedakah karena balasan dari sedekah sendiri akan kembali ke kita sekaligus juga membantu sesama yang kekurangan emoticon-Smilie 

Nah karena baik dan di anjurkan maka kita selayaknya sering sedekah, tetapi jangan sampai kebablasan ya gan seperti pria ini, pasalnya karena terlalu menderma hartanya sampai mampu membuat suatu negara inflasi! Loh kok bisa?? Cussss simak bae.. emoticon-Big Grin

Nah jaman dulu, dulu banget kiranya tahun 1324 masehi atau kira-kira (TS kalkulator dulu hehe emoticon-Big Grin ) 696 tahun lalu ada raja yang amat kaya raya dari kerajaan Mali yang bernama Mansa Musa , untuk menggambarkan luasnya kerajaan Mali di zaman sekarang, ia mencakup bekas wilayah kekaisaran Ghana di Mauritania dan Mali.

Kekayaan Mansa Musa tidak dapat di prediksi secara pasti oleh sebab melimpahnya kekayaannya. Kalau kita searching, maka Google akan berikan angka 131 miliar US dollar atau setara 1.927.016.550.000.000,00 atau hampir 2 Kuadriliun wooowww. Namun TS tidak terlalu percaya dengan angka tersebut, tetapi lebih kepada pada sumber dalam situs web AS Celebrity Net Worth yang memperkirakan harta Mansa Musa mencapai 400 Miliar US$ atau setara dengan 5.886.020.000.000.000,00 (5,8 Kuadriliun). Guru besar sejarah di Universitas California, Rudolph Butch Ware  berkata “Jumlah kekayaan Mansa Musa jika dihitung di masa kini sungguh luar biasa sampai-sampai hampir mustahil untuk benar-benar memahami betapa kaya dan berkuasa ia saat itu” ungkapnya kepada BCC. Tetapi untuk angka 5,8 Kuadriliun itu pun masih terjadi bantah-bantahan dikalangan para ahli dengan mengomentari bahwa hartanya  sesungguhnya mustahil bila diperangkakan . Bandingin ya gan dengan uangnya orang terkaya di dunia saat ini (Jeff Bezos) yakni sebanyak 196 miliar USD atau  2,8 Kuadriliun.

Nah pada tahun tersebut di atas berangkatlah si raja tajir melintir 7 kali 10 pangkat 2 turunan ini untuk ibadah haji ke Makkah . Saat melewati Mesir, untuk kemudian ke Makkah dan Madinah serta beberapa kota-kota lain yang di lewatinya ia banyak sekali mendermakan emas-emasnya untuk di bagikan cuma-Cuma kepada setiap rakyat yang ia lintasi.

Dikisahan pula ia membawa 60 ribu rombongan,  12 ribu budak,  Sultan sendiri diringi oleh 500 budak yang membawa tongkat emas, 80 unta yang masing-masing mengangkat 136 kg emas. Dimanapun ia berada, ia selalu membagi-bagikan emasnya kepada siapapun yang di lewatinya hinggaa..


Hingga dikabarkan Mesir, Madinah, serta Makkah mengalami Inflasi yang parah. Inflasi ini terjadi karena emas yang dimiliki setiap orang terlampau banyak hingga tidak bernilai dan harganya jatuh, yang nantinya secara otomatis Mansa Musa menyebabkan ketidakseimbangan antara uang dan barang.

Dalam beberapa sumber yang TS baca, ada yang menyebutkan butuh 10 tahun dan ada pula yang menuliskan butuh 12 tahun untuk ekonomi Mesir, Madinah, Makkah dapat pulih.

Mansa Musa menyadari kekeliruannya hingga mencoba memperbaiki keadannya dengan cara, menarik kembali seluruh emas di peredaran dan meminjamnya dengan bunga yang tinggi.


Nah itulah kisah Raja Mansa Musa dari Kerajaan Mali yang beliau sempat membuat inflas atau bahkan lebih tepatnya Hyperinflasi di masa lalu emoticon-Smilie


sumber :
[url=https://www.simulasikredit.com/hubungan-inflasi-dan-jumlah-uang-yang-beredar/#:~:text=Secara%20sederhana%2C%20inflasi%20dapat%20diartikan,uang%2C%20permintaan%20barang%20akan%20naik.]https://www.simulasikredit.com/hubungan-inflasi-dan-jumlah-uang-yang-beredar/#:~:text=Secara%20sederhana%2C%20inflasi%20dapat%20diartikan,uang%2C%20permintaan%20barang%20akan%20naik. [/url]


https://www.liputan6.com/bisnis/read...emas-hasilnya

https://id.wikipedia.org/wiki/Mansa_Musa

gambar: Google
Adhie_pati
Sakaaa9393
fajarekosaputra
fajarekosaputra dan 51 lainnya memberi reputasi
50
15.1K
187
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan