CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Efek Dasyat Meminta Maaf kepada Anak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f44fff97e3a7218a1438b6c/efek-dasyat-meminta-maaf-kepada-anak

Efek Dasyat Meminta Maaf kepada Anak

Efek Dasyat Meminta Maaf kepada Anak

Sumber gambar : di sini



Sebagai manusia atau makhluk sosial, kita tidak akan lepas dari kesalahan maupun kekhilafan. Baik itu yang disengaja ataupun tidak. Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan adalah perbuatan yang mulia. Begitu juga saat melakukan kesalahan terhadap anak kita yang masih kecil, meminta maaf juga harus tetap dilakukan.


Kadang saya sendiri pun sering mengabaikan meminta maaf kepada anak. Tidak jarang pula anak yang mengingatkan saya untuk meminta maaf atas kesalahan saya. Tidak perlu malu atau gengsi, langsung saja meminta maaf kepada anak saat diingatkan kesalahan kita oleh anak.


Meminta maaf kepada anak sangat berpengaruh terhadap kualitas hubungan antara orang tua dan anak, komunikasi yang baik serta perkembangan mental maupun perilaku anak. Karena anak akan belajar banyak hal dari permintaan maaf kita sebagai orang tua.


Lantas, apa saja efek dasyat meminta maaf kepada anak?Simak penjelasan singkat berikut :


1. Anak akan mencontoh orang tua untuk meminta maaf atas kesalahannya

Karena kita sebagai orang tua sudah memberikan contoh untuk meminta maaf atas kesalahan, maka anak pun akan melakukan hal yang sama. Anak tidak akan malu atau takut untuk mengakui kesalahan yang telah dilakukan. Saat anak minta maaf, sebaiknya diberi penjelasan agar anak tidak melakukan kesalahan yang sama lagi di lain waktu. Tentu dengan bahasa ringan yang mudah dimengerti anak.


2. Anak akan bisa bertanggungjawab

Permintaan maaf dari orang tua akan membantu anak belajar akuntabilitas atas tindakan. Kemudian anak pun akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan akan siap menerima resiko jika melakukan kesalahan.


3. Mengajarkan anak untuk menerima kesalahan orang lain

Meminta maaf dengan tulus kepada anak setelah melakukan kesalahan, berarti mengajarkan anak bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Saling memaafkan dan saling mengingatkaan atas kesalahan itu perlu. Selain itu, permintaan maaf dari orang tua juga mengajarkan kepada anak bahwa orang dewasa tidak selalu benar.


4. Mengajarkan anak untuk bersikap jujur

Meminta maaf kepada anak, berarti telah mengajari anak mengenai pentingnya mengatakan hal yang sebenarnya. Mengakui tindakan yang telah dilakukan dan berbicara tentang kebenaran. Jangan lupa untuk menjelaskan dengan bahasa yang dimengerti anak, bahwa menyembunyikan kesalahan atas tindakan itu tidak dibenarkan. Menyembunyikan kesalahan berarti berbohong dan berbohong itu perbuatan yang tidak terpuji.



Meminta maaf kepada anak adalah hal yang sederhana, tetapi berefek dahsyat. Hal penting lainnya adalah untuk mengajarkan kepada anak, bahwa meminta maaf itu berbeda dengan menyerah atau tunduk kepada siapapun.



Stay Health!Jangan lupa tersenyum bahagia dan tetap semangat. Semoga pandemi lekas berlalu, sehingga Indonesia akan lebih maju.


:kangen


Referensi : opini pribadi
Sumber gambar : di sini


Lina WH


Efek Dasyat Meminta Maaf kepada Anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Halaman 1 dari 2
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane sering pura-pura tak bersalah sama anak. Salah ya ternyata.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Masih banyak orang tua yg ga mengakui mereka salah, orang tua i contoh ny, plg amat sangat anti utk minta maaf, mereka selalu benar, saya selalu salah (pdhl ga juga lagi ngapa2 in), ketika mereka jelas2 salah pun mereka tdk akan minta maaf malahan ngeloyor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfar77 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Quote:


Nice thread akak Linemoticon-Peluk

Quote:


Hihi akak mah suka gitu, memang sebagai ortu rata2 kenapa egonya tinggi ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfar77 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Quote:


Nanti kalau anak sudah sering menegur kita, kita gak akan gitu lagi. Apalagi anaknya masih balita.
profile-picture
profile-picture
sakiem dan alva610 memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
profile-picture
alva610 dan sakiem memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ok nanti ane minta maaf lah ke anak

BATA! emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfar77 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aku sering minta maaf ke anak kalo salah. Lah malah jadi senjata buat dia. Dia udah apal trus bilang nanti juga mama minta maaf.emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
Diubah oleh Rainbow555
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Tapi jangan dikit-dikit minta maaf. Ntar jadi senjata anak.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


@lina.wh setuju ☝️
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Parenting
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice , tapi tiap keluarga beda²
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Asian parenting: Nani!!?
bagus juga pola pikir ini dlm mendidik anak, setuju jadinya saat udh gede ketika berbuat salah ke org dpt meminta maaf.

Tp kdg ada org yg sebaliknya udh slh, angkuh, buang muka lagi .... walah clka 12, bs jadi akibat dari hal ini juga, klu org itu sdh jd bgtu apa ms bs dididik dr awal jd anak2 ......???

Adakah yg mau memberi pendapat psikologi karakter org ini .... tks
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mantap gan..dengan begitu saat anak ditegur ketika salah dengan berani mengakui kesalahan kepada orang tuanya dan minta maaf..karena orang tua itu yg digugu dan ditiru..nice trit gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ortu gua boro2 minta maaf, klo dia salah gua suruh dia minta maaf yang ada gua yang di gampar emoticon-Belgia
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bikin anak dulu
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hati orang tua memang aslinya lemah lembut dan gak tegaan, terutama IBU.
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Beruntungnya gue dibesarkan dilingkungan ortu yg kurleb kayak poin2 itu. Walopun cara ortu minta maaf ga secara langsung / verbal. emoticon-2 Jempol
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sangat setuju, Harus ada kerjasama kedua pasangan..
profile-picture
profile-picture
sakiem dan lina.wh memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di