Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mitrautamacvAvatar border
TS
mitrautamacv
Menentukan Safety Shoes yang Baik
Menentukan Safety Shoes yang Baik

Pekerja sering kali meremehkan untuk memakai sepatu safety yang tepat, walau saat jam kerja. Sebenarnya, memakai sepatu safety yang tepat secara langsung akan memengaruhi keselamatan, kesehatan dan produktivitas mereka.

Sebagai bagian dari alat pelindung diri (APD), sepatu safety diharapkan selain bisa memberi keamanan namun juga kenyamanan untuk kaki pekerja. Dengan memperhitungkan dua tujuan, kita akan bicara mengenai beberapa aspek yang menentukan pemilihan yang tepat.

1. Pilih Sepatu Safety dengan Ukuran yang Tepat
Kenyamanan dan perlindungan hanya bisa didapat bila kita beli sepatu safety yang sesuai dengan ukuran kaki. Kondisi ini sesungguhnya berlaku untuk semua peralatan pelindung diri. Pekerja harus mengukur ukuran dengan hati-hati dan memiliki waktu ekstra untuk memilih sepatu safety tepat sebelum pada akhirnya mengambil keputusan untuk membeli. Untuk memperoleh hasil terbaik, pekerja harus mencoba beberapa merk yang berbeda, style dan sudah pasti ukuran.

Tentukan kulit sebagai bahan sepatu. Ini yaitu bahan yang paling cocok di industri. Sebelum pada akhirnya sepatu dapat kenyamanan terbaik saat dipakai, biasanya memerlukan waktu. Hingga begitu penting untuk memilih ukuran yang tepat sejak awal membelinya.

Bila kita merencanakan untuk memakai kaos kaki ekstra tebal, maka kita perlu beli sepatu safety dengan ukuran lebih besar sedikit untuk mengakomodasi itu. Masalah yang sama berlaku saat kita pilih sepatu dengan liners dan padding atau sol ortopedi.

2. Beli Sepatu Safety yang Paling Cocok
Ada banyak type sepatu safety yang ada di pasar dan masing-masing didesain untuk aplikasi yang berbeda. Steel toe boot yaitu sepatu safety yang paling cocok untuk melindungi pekerja dari beragam bahaya yang ada di lokasi pabrik kimia seperti bahaya pergelangan kaki terkilir, benturan, benda terjatuh, dan lain-lain. Membuat perlindungan kaki dan jari-jari kaki, kita bisa beli sepatu safety dengan type pergelangan kaki tinggi, dan design kuat.

Untuk pekerjaan di permukaan basah dan outdoor, tentukan type sepatu safety tahan air. Dan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan cairan kimia dimana percikan dan tumpahan bahaya ada, sepatu yang paling cocok yaitu type sepatu boot. Sebagian bahan kimia mungkin bisa mengakibatkan lepasnya bahan perekat dan bahan kimia menembus ke bagian dalam kaki. Pastikan kalau bahan perekat yang dipakai tahan terhadapat beberapa bahan kimia. Selain bahaya kimia dan mekanik, sepatu safety juga membuat perlindungan pekerja dari bahaya listrik.

3. Safety Shoes Styles dan Merk
Kumpulkan info sebelum mengambil keputusan memilih sepatu safety yang akan kita beli. Ingat jangan beli sepatu safety hanya dengan lihat harga nya. product berkwalitas akan memiliki harga termurah minimum.

Biasanya, material yang mendukung, tahan lama dan tahan air untuk sepatu safety yaitu bahan kulit. Sayangnya, kulit memiliki beberapa kekurangan dibanding dengan bahan lain. Karena bahan kulit lebih berat dan material non bernapas. Untuk memperoleh kemampuan terbaik dari sepatu safety, gabungan dengan bahan lain sangat dibutuhkan, seperti dengan bahan nilon.

Sumber : http://blog.safetyshoes.co.id/tips-m...sepatu-safety/
Diubah oleh mitrautamacv 09-09-2016 08:57
0
4.5K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan