CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Perbedaan INTP & INTJ, 2 Kepribadian Terpintar & Paling Introvert
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f361ecf10d295440c376164/mengenal-perbedaan-intp-amp-intj-2-kepribadian-terpintar-amp-paling-introvert

Mengenal Perbedaan INTP & INTJ, 2 Kepribadian Terpintar & Paling Introvert


Mengenal Perbedaan INTP & INTJ, 2 Kepribadian Terpintar & Paling Introvert

Mengenal Perbedaan INTP & INTJ, 2 Kepribadian Terpintar & Paling Introvert

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread lagi nih Kali ini ane kembali menulis tentang jenis jenis kepribadian berdasarkan MBTI. Yap, karena thread ane soal INFJ banyak di request untuk membahas kepribadian lain, alias mengenal kepribadian tersebut maka ane akan membahas 2 Kepribadian yang juga sangat menarik. Dan mungkin sangat jarang dan ga gitu cocok dengan kebanyakan orang Indonesia. Yap, INTP dan INTJ.

Mengenal Perbedaan INTP & INTJ, 2 Kepribadian Terpintar & Paling Introvert

Ane pribadi adalah seorang INTJ, jadi ane bisa mengatakan kalimat "kurang cocok" tersebut. Sebelum kita mulai membahas perbedaannya, ane jelasin dulu definsi dari mereka berdua ini. INTJ adalah Introvert Intuition Thinking Judging, salah satu dari 8 kepribadian yang termasuk Introvert. Kalau dilihat dari MBTI Scale, INTJ merupakan Kepribadian paling introvert. Sebutan untuk INTJ adalah Architect & Mastermind. Yap, kekuatan utama INTJ adalah kekuatan berpikir mereka yang rapi, sistematis, dan direct. INTJ pun sering disebut sebagai salah satu MBTI terpintar. INTJ juga sering disebut dengan kepribadian yang pendiam, namun kaku dan tegas. Beberapa contoh INTJ terkenal ialah : Isaac Newton, Vladimir Putin, Stephen Hawking, Christopher Nolan, David Fincher, Nikola Tesla, Mark Zuckerberg, dan Elon Musk.

Mengenal Perbedaan INTP & INTJ, 2 Kepribadian Terpintar & Paling Introvert

Lalu bagimana dengan INTP? Jadi INTP adalah Introvert Intuition Thinking Percieveing. Sebutan untuk INTP adalah The Logician & Scientist. Kalau dilihat dari MBTI Scale, INTP berada di posisi ke dua MBTI paling Introvert setelah INTJ. INTP dan INTJ sama sama pemikir, namun berbeda dengan INTJ yang sangat mendetail dan perlahan, INTP lebih kuat soal logika, kecepatan berpikir, dan luas nya pemikiran. INTP sering disebut lebih penyendiri daripada INTJ. INTP pun banyak disebut sebagai MBTI Terpintar dan juga banyak disebut sebagai MBTI paling Atheist, meskipun gak semuanya. Beberapa tokoh INTP terkenal ialah : Albert Einstein, Richard Dawkins, Larry Page, Blaise Pascal, dan Bill Gates (Sering Diisukan Antara INTP dan ENTJ). Sekarang mari kita mulai dari perbedaanya

1. INTP Berpikir Luas - INTJ Mendalami Ilmu

Mengenal Perbedaan INTP & INTJ, 2 Kepribadian Terpintar & Paling Introvert

Ane agak susah nentuin subjudul yang pas untuk poin ini jadi bahasanya mungkin agak kurang pas. Intinya, INTP dan INTJ adalah pemikir yang hebat dan itu adalah kekuatan utama mereka. Namun, apa yang mereka pikirkan itu yang berbeda. INTJ terkenal suka berpikir akan hal yang mereka suka dan tekuni. Jika mereka sudah suka dengan hal itu, mereka akan mendalami ilmu itu sampai mereka benar benar paham dan fasih. Namun, kalau mereka sudah tidak suka dengan suatu hal, mereka enggan memikirkannya. Sementara INTP, mereka adalah pemikir yang abstrak. Mereka gemar memikirkan berbagai hal meskipun tak ada tujuan. Namun hal itulah yang membuat INTP terkenal akan "berwawasan luas". 

2. INTP Engga Enakan & Penyendiri - INTJ Kaku, Tegas Namun Masih Mau Bergaul

Mengenal Perbedaan INTP & INTJ, 2 Kepribadian Terpintar & Paling Introvert

Kedua, beralih dari pikiran, kini ke sifat mereka. Seperti yang ane sudah sebutkan diatas, INTP dan INTJ adalah dua kepribadian paling introvert. Dan tentu dua kepribadian ini adalah dua kepribadian yang cenderung paling pendiam dan tak gemar bergaul. Namun bedanya, INTP lebih penyendiri lagi dan sangat asik dengan dunia dan pikirannya sendiri. Sementara, INTJ juga lebih nyaman sendiri, namun mereka tetap berusaha bergaul untuk urusan urusan penting / demi suatu tujuan, contohnya urusan kerja. Soal perasaan INTJ memang pendiam dan gemar menahan amarah. Namun mereka termasuk tegas dan kaku, jadi kalau sudah benar benar gak suka, mereka bakal benar benar menunjukkan keketusannya, termasuk ane. Kalau INTP, mereka cenderung lebih engga enakan dan kadang memendam perasaan.

3. INTP Mengandalkan Logika - INTJ Mengandalkan Kematangan Berpikir

Mengenal Perbedaan INTP & INTJ, 2 Kepribadian Terpintar & Paling Introvert

Poin ketiga, mungkin mirip sama poin pertama. Poin ketiga ini sering banget muncul dipikiran ane sebagai INTJ. Sebagai dua MBTI yang sering disebut sebagai kepribadian terpintar, hasil pikiran dan ilmu yang ada dipikiran INTJ dan INTP tak perlu diragukan, namun perbedaannya ada di durasinya. INTP yang memiliki panggilan Logician terkenal tak perlu berpikir lama karena logika nya yang kuat untuk melakukan suatu hal atau memutuskan sesuatu. Sementara INTJ, mereka harus selalu berpikir sematang mungkin dan agak lama untuk memutuskan sesuatu, sampai detail terkecil hingga kemungkinan gagal pun mereka pikirkan. Begitulah yang ane rasakan. Maka dari itu, dari kekuatan logika yang berpengaruh pada kecepatan berpikir, ane akui INTP lebih pintar dari INTJ.

Sumber :


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 46 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
2thn lalu ane adalah seorang intj, tp berubah menjadi intp

waktu ana masih menjadi intj ane semanget banget kerja.. tp kemarin2 kok merasa aneh.. jadi males kerja.. saking malesnya akhirnya ane keluar dr tempat kerja. alasannya karena udah ga bisa menikmati pekerjaan.. dan merasa uang hasil kerja adalah penghalang nomer satu penyebab kita tidak hidup bahagia...
pas iseng lagi tes MBTI ternyata kpribadian ana berubah menjadi INTP..

dan ane merasa ada kemajuan di hidup ane.. emoticon-Big Grin
profile-picture
ryanplayerindo memberi reputasi
Diubah oleh nasrul.putra
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Intj, intp, intip?
:ceyem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zan2599 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane ngetes hasilny arsitek intj a
Ap berarti ane makhluk langka y???
emoticon-Bingung
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
einstein termasuk intp, super jenius

terus yg seperti ini termasuk yg mana? karakternya berbeda, tegas
yg berani lawan ya ludes


zuckerberg termasuk yg mana?


BATA!emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
montego. dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh red.bezos
Request bahas infp dong gan emoticon-Leh Uga
Nyimak dulu deh
profile-picture
elyodhiwe memberi reputasi
Dimana tes INTP INTJ nya?
Diubah oleh haysnairefohdir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nyimak dulu gan emoticon-linux2
Sunduly
Mbti is scam emoticon-No Hopegemoticon-Recommended Seller
profile-picture
albertfans memberi reputasi
Ngetesnya dimana?
Saya ini moodyan masuknya apaan om? 😂

Tapi aye demen ngemil, suka jalan2 juga, suka belanja juga 😁.
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan Douyin memberi reputasi
Diubah oleh Richy211
bukannya yang paling introvert itu INFJ ya gan?
kalo gak salah, introvernya bisa >80%.
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan nasrul.putra memberi reputasi
menurut gw manusia cenderung INTP atau INTJ tergantung lingkungannya, jadi ya sesorang bisa aja sewaktu2 intj sewaktu2 intp
Kalo yg suka ngutang ga bayar itu termasuk yg mana gan?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau ESTJ gimana?
Baiklaah tengkyu informasinyaa niih gaann..
Gembok dulu
Berdasarkan mbti test nih ane malah istp
Gue suka nya nyolong ilmu. Biar gampang. Wkwk
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di