Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Mutimumut11Avatar border
TS
Mutimumut11
Wanita Yang Gagal Ditaklukan Soekarno, Mirip Mendiang Julia Perez!

Setelah sekian lama vakum dari dunia perkaskusan ane kembali dengan Thread yang semoga kebakaran. Check it out!

Seperti yang kita ketahui, Presiden pertama kita Ir. Soekarno selain jago dalam memimpin rakyat, ia juga jago memimpin hingga wanita masuk ke pelukannya. Kali ini ane mau mengenang kembali wanita inspiratif berwajah cantik rupawan dan berpendirian kuat anti matre. Beliau bernama Gusti Nurul.

Gusti Nurul ini lahir di Surakarta, pada tahun 1921,  dari Ayah yang  bernama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegoro VII, yang merupakan anak dari Mangkunegara V dan merupakan pemimpin Mangkunegaran yang dianggap memiliki pandangan Modern pada zamannya. Ibunya bernama  Gusti Kanjeng Ratu Timoer yang merupakan Puteri ke-12 Sri Sultan Hamengku Buwono VII.

Gusti Nurul ini terkenal dengan kecantikannya dan jadi primadona di kota Solo hingga mendapat julukan Bunga Dari Mangkunegara. Banyak tokoh-tokoh besar yang kecantol dengan kecantikannya. Namun, apakah hanya karena cantik ajah Gusti Nurul sampai digilai para tokoh besar negara?

Wanita Yang Gagal Ditaklukan Soekarno, Mirip Mendiang Julia Perez!
Foto Gusti Nurul Waktu Muda, Cantik yah!
Source :
Gambar


Gusti Nurul ini dikenal (istilahnya viral lah kalo jaman sekarang), saat menjadi tamu di istana Belanda (Istana Noordeinde) ane gak ngerti pronouncenya gimana, boleh komen kalua ada yang tahu ye Gan. Saat itu Gusti Nurul diundang ke Istana Noordeinde bertepatan dengan pernikahan Putri Juliana dengan Pangeran Bernhard dari Belanda. Kemudian atas permintaan sang ayah  KGPAA Mangkunegara VII, Gusti Nurul berangkat ke istana Ratu Belanda untuk menampilkan tarian sebagai kado pernikahan.

Gusti Nurul menari dengan diiringi suara Gamelan dari Solo yang disambungkan lewat Tele Conference. Itupun masih harus diberikan aba-aba berupa ketukan yang dilakukan oleh sang ibunda Gusti Kanjeng Ratu Timoer. Meskipun dengan keterbatasan teknologi saat itu,  Gusti Nurul memperagakan gerakan tari yang luwes sehingga banyak raja-raja dan pejabat negara yang memujinya. Terpesonalah semua yang nonton saat itu kan, liat tarian Gusti Nurul wajahnya cantik narinya bagus, mana tahan !

Selain itu, yang juga membanggakan adalah Gusti Nurul ini merupakan salah satu orang Indonesia yang wajahnya masuk ke dalam majalah Legendaris, Life yang diterbitkan  oleh Amerika. Di jaman itu udah ada wanita Indonesia yang wajahnya terbingkai di majalah Luar Negeri itu luar biasa banget. Mungkin kalo sekarang kayak masuk majalah VOGUE kali yah.

Wanita Yang Gagal Ditaklukan Soekarno, Mirip Mendiang Julia Perez!
Foto saat Gusti Nurul memperagakan tarian di depan Kerajaan Belanda 
Source : Gambar


Gusti Nurul ini selain pandai menari juga memiliki hobi yang tidak biasa di jaman itu. Putri Solo tentunya identik dengan lemah lembut, halus, suaranya pelan, tingkah lakunya dijaga banget. Tapi Gusti Nurul ini malah suka menunggang kuda,ya…. Mungkin jaman sekarang udah biasa lah ya olahraga kuda, artis banyak yang jago kuda, tapi jaman itu masih tabu banget cewek apalagi seorang putri yang punya hobi berkuda. Anti mainstream lah !

Biarpun Gusti Nurul suka dengan hobi berkuda, bapaknya tidak melarang. Malah KGPAA Mangkunegara VII bahkan sampai membelikannya kuda sendiri. Gusti Nurul pun terbilang mumpuni dalam menunggang kuda ini. Selain berkuda, Gusti Nurul juga menyukai olahraga renang dan tenis yang dimana semua kebiasaan itu merupakan hal yang cukup tabu dilakukan oleh seorang wanita keraton. Proud!

Beberapa tokoh negara dan orang penting yang kepincut sama kecantikan Gusti Nurul antara lain :

1.      Sri Sultan Hamengku Buwono IX (harusnya ini masih saudara sama Gusti Nurul, kan ibunya anak Hamengku Buwono VII) ??

 

2.      Perdana Menteri Indonesia Pertama Sutan Syahrir , jadi kalau ada rapat cabinet yg digelar di Yogyakarta, Sutan Syahrir ini suka mengirimkan kado lewat sekretarisnya ke kediaman Gusti Noeroel di Pura Mangkunegaran. Dalam kado itu biasanya selalu ada surat yang ditulis langsung dari Sutan Syahrir sendiri. Kadonya berupa tas, kain sutra, atau jam tangan dari Jakarta. Oleh-oleh dari kota ceritanya.

 

3.       Kolonel Gusti Pangeran Haryo Djatikusumo, Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang juga tergila-gila sama paras cantik Gusti Nurul.

 
4.      Dan ini yang gak kalah fenomenal, Soekarno Presiden pertama kita juga ternyata kesengsem nih sama kecantikan Gusti Nurul. Pernah suatu hari Gusti Nurul diundang ke istana Cipanas, dilukis lah wajah Gusti Nurul oleh Basuki Abdullah yg merupakan pelukis besar Indonesia saat itu. Setelah dilukis, lukisan itu dipajang di ruang kerja Presiden Soekarno. Maut yah strategi Pak Presiden.

 
 Bersainglah mereka para Sultan.

 

Satu ngirim kado, satu ngirim puisi, satu ala-ala fotografer kalo jaman sekarang yak, mengabadikan wajah syantik Gusti Nurul, gimana gak klepek-klepek cewek dibuat Soekarno ini, maut strateginya, satu langsung lamar. Tapi, dari semua yang mau memperistri Gusti nurul, gak ada satupun yang diterima. Ibaratnya strategi maut para tokoh besar ini Zonk semua ke gusti Nurul, dikasih rayuan gombal gak mempan, jual jabatan gak mempan, barang-barang mewah pun gak mempan ke Gusti Nurul. Kira-kira kenapa yah?

Wanita Yang Gagal Ditaklukan Soekarno, Mirip Mendiang Julia Perez!
Perbandingan wajah Jupe dan Gusti Nurul. Mirip dan sama-sama cantik yah!
Source : Gambar


Well, jawabannya simple! Karena semua yang ingin mempersunting Gusti Nurul ini sudah memiliki istri. Sri Sultan Hamengku Buwono IX udah punya 9 istri malahan. Sebagai seorang Putri yang di didik secara modern, Gusti Nurul ini memiliki pemikiran bahwa dirinya tak ingin dipoligami. Pantang baginya seorang perempuan berpendidikan di madu. Kalo aku setuju banget sama Gusti Nurul ini, poligami emang gak dilarang sih tapi kalo masih bisa milih jadi yang pertama ngapain mau jadi yang kedua? Kalau bisa jadi satu-satunya ngapain menjadi salah satunya? Kalo tanggapan kalian gimana tentang poligami? Komen yah!

 

Jadi sebenarnya yang kayak gimana sih selera Gusti Nurul ini? Dikasih Pangeran gak mau, pejabat gak mau, Presiden orang nomor satu se-Indonesia juga gak mau. Ternyata Gusti Nurul selain tidak ingin dipoligami juga pernah berkata bahwa beliau tidak siap menikah dengan orang dari kalangan politisi. Alasannya terlalu banyak resikonya. Yah… semua profesi juga punya resiko masing-masing sih yah, ngegojek ajah resiko di jalannya gede. Mungkin Gusti Nurul pake alasan itu agar tidak menyakiti hati pria-pria yang ditolak oleh beliau karena kebanyakan kan berasal dari kalangan politikus.

Pada akhirnya Gusti Nurul pun melabuhkan hatinya pada sepupunya sendiri yang merupakan anggota TNI yang bernama Soerjo Soejarso, bukan perwira gaesss! Seorang figure sederhana, yang tentunya tidak sementereng profesi Soekarno atau Sutan Syahrir. Mungkin Soerjo Soejarso ini orangnya berhati baik yah, bisa dilihat Gusti Nurul gak silau sama harta dan jabatan. Mereka memutuskan menikah saat Gusti Nurul berusia 30 tahun. Lagi-lagi usia menikah yang anti mainstream di jaman itu. Dan saat itu Soekarno bahkan sempat berkata “sepertinya aku kalah cepat dengan suamimu”. Asikk

Dan setelah pernikahannya, Gusti Nurul keluar dari istana dan memilih hidup mendampingi sang suami baik saat masih dinas militer maupun setelah pension dari TNI. Dan pada 10 November 2015 pukul 08.00 WIB Gusti Nurul menghembuskan nafas terakhir di usia 94 tahun. Gusti nurul tutup usia dikarenakan menderita penyakit diabetes yang dideritanya dan meninggalkan 7 orang anak dan 14 cucu dari pernikahannya Soerjo Soejarso.


Wanita Yang Gagal Ditaklukan Soekarno, Mirip Mendiang Julia Perez!

Foto Terakhir Gusti Nurul  Sebelum Tutup Usia di Umur 94 Tahun 

Source : Gambar

Untuk mengenang perjalanan hidup gusti nurul, ada sebuah tempat yang dijadikan museum bernama Ulen Sentalu di lereng merapi Yogyakarta. Yang berisi kenangan tentang perjalan hidup Gusti Nurul dan sebuah gambaran yang membuktikan bahwa wanita bisa memilih apa yang ia inginkan dalam hidupnya agar menjadi bahagia.

Wanita Yang Gagal Ditaklukan Soekarno, Mirip Mendiang Julia Perez!
Prosesi Pemakaman Gusti Nurul 
Source :[url= [url]https://nasional.okezone.com/read/2015/11/11/337/1247536/gusti-nurul-juga-tolak-cinta-sjahrir-sultan-hb-ix]Gambar[/url][/url]


Oke Agan dan Aganwati sekalian, sekian cerita aku tentang perjalanan hidup seorang wanita cantik inspiratif yang kita kenal bernama Gusti Nurul. Dari kisah beliau kita bisa mengerti bahwa penting mencari pasangan itu bukan dari pangkat atau harta yang dia miliki, tapi bagaimana kita bisa bahagia akan pilihan yang sudah kita pilih dan bertanggung jawab hingga akhir. Menurut kalian gimana? Apa prinsip hidup yang bisa di dapat dari kisah gusti nurul? Tinggalin jejak di komen yah!

BONUS !


Wanita Yang Gagal Ditaklukan Soekarno, Mirip Mendiang Julia Perez!

 Source :Gambar



Source : Link 1 Link 2 Link 3 Link 4 Link 5





Richy211
pengennyusu
senjakita09
senjakita09 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
5.2K
96
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan