CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kritik Anggaran untuk Influencer, Demokrat Ungkit Program di Era SBY
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f412cf69775130e0659ce0c/kritik-anggaran-untuk-influencer-demokrat-ungkit-program-di-era-sby

Kritik Anggaran untuk Influencer, Demokrat Ungkit Program di Era SBY

Kritik Anggaran untuk Influencer, Demokrat Ungkit Program di Era SBY

Suara.com - Temuan Indonesia Corruption Watch (ICW) terkait anggaran pemerintah untuk menggandeng influencer senilai Rp 90,45 miliar menjadi sorotan sejumlah pihak.

Terkait itu, politisi Partai Demokrat Didik Mukrianto mengaku kaget anggaran tersebut untuk membayar influencer. Ia kemudian mempertanyakan peran humas yang di setiap kementerian dan lembaga.


"Bukankah mereka (humas) secara institusional baik perangkat dan sumber daya manusianya mempunyai tugas dan kapasitan yang lebih dari cukup untuk mensosialisasikan setiap kebijakan pemerintah?," kata Didik kepada wartawan, Sabtu (22/8/2020).

Memurut Didik, ukuran kebijakan dan program yang baik bukan seberapa capaian infuencer mengkampanyekan setiap produk pemerintah, tapi seberapa banyak rakyat mengafirmasi dan merasakan manfaat atas kebijakan dan program tersebut.

Ia menilai, jika kebijakan tersebut dibuat secara transparan dan akuntabel serta berpihak kepada kepentingan rakyat maka secara otomatis produk tersebut akan dibanggakan.

Didik pun memberikan contoh saat era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Contoh yang paling konkrit adalah pada era SBY ketika ada program pro rakyat yang in line dengan kebutuhan rakyat, memori rakyat tidak akan pernah hilang atas kemanfaatan program pro rakyat yang dibingkai dalam 4 klaster, yaitu klaster 1 (bantuan dan perlindungan sosial), klaster 2 (Pemberdayaan Masyarakat), Klaster 3 (Kredit Usaha Rakyat), Klaster 4 ( Program Pro Rakyat)," ungkapnya.

Kendati begitu, Anggota Komisi III DPR RI itu belum mengetahui apa disorientasi pemerintah menggunakan influencer untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya.

Ia menegaskan, kepentingan rakyat masih lebih penting dari pada untuk membayar influencer.

"Jangan salahkan apabila ada anggapan bahwa pemerintah dan presiden lebih mementingkan citra dibanding menolong rakyatnya yang kesusahan," tandasnya.

Sebelumnya, ICW menyebut pemerintah telah menggelontorkan anggaran Rp 90,45 miliar untuk membayar jasa influencer. Hal itu ditemukan dari penelusuran ICW di situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Pengumpulan data dilakukan dari 14 Agustus hingga 18 Agustus 2020.


"Total anggaran belanja pemerintah untuk aktivitas melibatkan influencer dengan 40 paket sebesar Rp 90,45 miliar, semakin marak sejak 2017," kata Peneliti ICW Egi Primayogha dalam diskusi ICW bertajuk "Aktivitas Digital Pemerintah: Berapa Miliar Anggaran Influencer?" pada Kamis (20/8/2020).

Egi memberikan contoh penggunaan influencer untuk sosialisasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2019.

Nama Gritte Agatha dan Ayushita WN menjadi influencer yang terpilih dengan total anggaran Rp 114,4 juta.

Kemudian terdapat pula nama Ahmad Jalaluddin Rumi atau El dan Ali Syakieb yang juga menjadi influencer untuk program tersebut.
Kemendikbud menggelontorkan Rp 114,4 juta untuk dua influencer itu.

https://www.suara.com/news/2020/08/2...era-sby?page=2

Kritikan bagus dan sah2 saja...emoticon-Cool

Kalo ada yg janggal silahkan kpk turun tangan...emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Yg kritik di anggap kadrun gak neeh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Saya jg benci bgt dgn in flu encer,meler2 terus..
Mendingan influkental,sekali sedot ga meler lg..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
ICW Terima Dana Asing Rp 96 Miliar, Guru Besar Unpad Minta Ini ke DPR
(Jawapos.com)
11 Juli 2017, 23:23:25 WIB


ICW Akui Terima Dana Asing
(Republika.co.id)
Sabtu , 06 Jul 2013, 08:52 WIB
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
Apa influenzer itu yg disebut buzzer rp emoticon-Bingung
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Influencer itu artis, penyanyi, tokoh, pencipta lagu atau siapapun yg terkenal. Dibayar utk menggiring opini publik utk mengikuti kemauan pembayar.
Influencer ini orang terkenal dan harus terlihat.

Buzzer ini tidak boleh terlihat, punya banyak akun dan tugasnya sama.
Menggiring opini publik supaya mengikuti kemauan pembayar.
Kadang buzzer bertugas membully yg tidak sejalan dg kemauan pembayar.

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bisnis influencer dan buzzer ini sudah mulai sejak 2012.
Pelopornya si plonga-plongo itu.
Dulu teman2 anaknya yg kang martabak itu yg diberdayakan.

Sekarang semakin menggila, semakin terorganisir, sistematis, dan menggunakan dana rakyat.

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Quote:


Kritik Anggaran untuk Influencer, Demokrat Ungkit Program di Era SBY

buzzer anjing orba sok bijak ! emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lettu.joko
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gak masalah sih kan sama aja kayak bayar iklan utk promosi
cuma ini medianya berupa orang terkenal yg punya banyak follower
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kritik Anggaran untuk Influencer, Demokrat Ungkit Program di Era SBY

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Jd inget iklan katakan tidak pada korupsi, tp.. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
entop dan ikkeh2kimochi memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Quote:


Quote:


Kritik Anggaran untuk Influencer, Demokrat Ungkit Program di Era SBY

Owi sudah ngak kelas nyari recehan emoticon-Cool
profile-picture
entop memberi reputasi
hambalang apa kabarnya pak?
profile-picture
profile-picture
entop dan samsol... memberi reputasi
Era kebo udah semasif sosmed zaman now?

Aneh.

RIP logic.
profile-picture
profile-picture
entop dan samsol... memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Emang di jaman esbeye penggunaan medsos sama internet udah sekenceng skrg
Emang ya orang politik itu yg penting bicara ngasal dulu
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
jaman sekarang kan nge tren nya = influencer ....

jaman dulu kan nge trennya = iklan di tipi ...

sama sama ngeluarin anggaran gak guna emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
kalo ada penyelewengan yaa laporkan aja... menurut ane pemakaian jasa influencer sah-sah aja kok asalkan bisa dipertanggungjawabkan emoticon-Shakehand2

misal nih, Kemenpar pengen promosi daerah wisata baru.. terus mereka hire influencer berfollower tinggi buat bantuin promosi dengan cara bikin konten vlog...kalo jaman pak SBY udah booming influencer, ane rasa juga bakal pakai kok hehehe emoticon-Toast

kalo efektif mah gak masalah kan?? itu duit 90 miliar diberikannya juga skema multitahun kan?? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buzzer.beater
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Biarinlah, dunia maya itu populasinya ga terkontrol, bisa bahaya, satu orang bisa klon sampae ratusan buat nyebarin hoax.
profile-picture
entop memberi reputasi
Sak aja si kebo..
Jaman dulu buzz nya itu.. Katakan TIDAK! pada hal korupsi..
profile-picture
entop memberi reputasi
Influencer :

Jaman dulu : koran, radio, tukang pasang spanduk, tukang pasang pamflet, tv, wartawan

Jaman now : semua influncer jaman dulu + blogger, host podcast, IGer, FBer

Semua yg punya pembaca, pendengar, pemerhati, fans setia

Masalahnya sekarang influencer jaman dulu yg kue nya kemakan influencer jaman now Ribut ngomong mereka buzzerRp
profile-picture
entop memberi reputasi
influencer dan buzzerp menyebabkan pemerintah anti kritik
profile-picture
entop memberi reputasi
Diubah oleh daroi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di