SkorIndonesiaAvatar border
TS
SkorIndonesia
Indra Sjafri: Masuk Timnas karena Kualitas, Bukan Hidung Mancung Rambut Coklat
Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri, mengatakan pemain-pemain yang bisa masuk timnas Indonesia U-19 utamanya harus mempunyai kualitas.

Indra Sjafri juga membantah kalau PSSI tengah dalam program untuk melakukan naturalisasi pemain guna Piala Dunia U-20 2021.


Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, saat menghadiri latihan timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada 7 Agustus 2020. /Husni Yamin/Skor.id

Diketahui, belakangan beredar kabar kalau PSSI tengah mempersiapkan lima pemain muda Brasil untuk digunakan di Piala Dunia U-20 2021.

Namun, Indra Sjafri dengan tegas membantah kabar tersebut. Dia bilang kalau itu merupakan inisiatif klub tanpa ada kaitannya dengan PSSI.

"Jaminan yang masuk timnas Indonesia itu kualitas, bukan hidung mancung, rambut cokelat. Tapi kualitas," ucap Indra Sjafri.

"Kedua, persyaratannya harus WNI (Warga Neagra Indonesia). Tanpa paspor Indonesia, tidak akan bisa bermain di turnamen AFC dan FIFA," ujarnya.

Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu mengungkapkan, tidak ada keistimewaan bagi pemain mana pun untuk membela skuad Garuda.

Selain kualitas, soal status kewarganegaraan juga tentu jadi perhatian. Karena memang ada aturan-aturan khusus dari FIFA terkait hal itu.


Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah), berdiskusi dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri (kiri) dan anggota Komite Eksekutif PSSI, Endra Erawan (kanan), dalam pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 7 Agustus 2020. Husni Yamin/skor.id


Indra tak menampik kalau PSSI punya program-program untuk membantu timnas Indonesia U-19 berprestasi di Piala Dunia U-20 2021.

"Yang kami lakukan, mencari pemain keturunan yang sudah punya paspor Indonesia," ujar IS, sapaan akrabnya.

"Kenapa? Karena di dunia mana pun, yang bisa dipanggil ke timnas itu hanya yang sudah punya paspor Indonesia," ucapnya.

Langkah tersebut sudah dilakukan timnas Indonesia U-19 saat menggelar TC beberapa waktu lalu. Dua pemain keturunan Indonesia-Inggris turut diundang.

"Kami sudah lakukan itu seperti Elkann Baggott dan Jack Brown, mereka punya paspor Indonesia," IS menambahkan.

SUMBER



Berita Timnas Indonesia U-19 Lainnya:
Skenario Aklimatisasi Timnas Indonesia U-19 di Kroasia Tak Terlalu Pas
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Cari Pengganti Ernando Ari dan Risky Sudirman
Kroasia Dipilih Jadi Tempat TC Timnas Indonesia U-19



Isda555
doobey
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan