Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Firdaus272Avatar border
TS
Firdaus272
Umat Diminta Introspeksi Diri Saat Tahun Baru Islam
Umat Diminta Introspeksi Diri Saat Tahun Baru Islam

Tahun baru islam menjadi perayaan bagi seluruh umat islam. Tahun baru islam juga harus disambut dengan baik agar suasana menjadi lebih khitmat. Sebagai umat islam, melakukan intropeksi diri adalah cara yang baik dalam menjalankan kewajiban sebagai umat islam.
Intropeksi diri dapat dilakukan dengan cara melakukan ibadah shalat 5 waktu, dzikir, tadarus, mengaji, berdoa. Hal sangat penting karena sebagai umat islam merupakan kewajiban yang harus dikerjakan.
Selain itu intropeksi diri lainnya yang harus dijauhi adalah menjauhi larangannya. Seperti tidak melakukan zina, korupsi, meminum alkhol dan perbuatan yang dilarangnya.
Instropeksi diri diperlukan agar umat islam dapat memperbaiki diri terhadap segala kekurangannya. Memperbaiki diri dapat dilakukan dengan berdoa kepada Allah SWT. Karena dengan berdoa maka akan diberi petunjuk terhadap segala kesulitan dan kekurangan bagi umat islam yang dialami.
Intropeksi diri diperlukan seberapa baik tugas yang telah dijalankan sebagai orang tua, anak, karyawan, pemimpin. Konsep intropeksi diri diperlukan agar umat islam dapat hijrah untuk melakukan kewajiban dengan baik.
Untuk itu instropeksi diri sangat diperlukan bagi umat islam. Apalagi dalam menyambut tahun baru islam di tengah pandemi. Seorang pemuka agama dari brunei darrusalam menyampaikan dakwah untuk menyuruh umat islam untuk instropeksi diri. Umat islam harus melakukan kewajiban terutama berdoa agar diberi petunjuk. Apalagi pada tahun baru islam.
Nab Muhammad SAW menjelaskan bahwa menginstropeksi diri merupakan langkah bijaksana. Sangat jelas bahwa tahun baru islam harus dilakukan dengan instropeksi diri agar lebih sering dan mengingat perintahnya dalam melakukan ibadah dengan baik.
Instropeksi diri diperlukan agar umat islam dapat sadar, merenungkan dan lebih khusyuk untuk mengerjakan ibadah. Kita juga pelu bersyukur kepada Allah SWT, karena diberi kesempatan untuk menyambut tahun baru islam 1442 H dengan baik, damai dan sejahtera.
Pendekatan instropeksi diri menjadi langkah efektif agar umat islam lebih memahami terhadap kekurangan yang dialami. Selain itu umat islam dapat mengevaluasi diri agar menjadi umat islam yang lebih baik.
Para pemuka agama di brunei darrusalam mengakhiri tahun baru islam dengan melakukan doa. Melakukan doa bertujuan untuk agar diberikan keberkahan bagi umat islam.


Sumber
Diubah oleh KS06 26-08-2020 06:22
kakekane.cell
entop
namdokmai
namdokmai dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan