CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Cara Mudah Menyimpan Kelapa Yang Sudah Dibuka Agar Tahan Lama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f364ddef4d69553b462f8cd/cara-mudah-menyimpan-kelapa-yang-sudah-dibuka-agar-tahan-lama

Cara Mudah Menyimpan Kelapa Yang Sudah Dibuka Agar Tahan Lama

cara menyimpan kelapa yang sudah dibuka, agar lebih awet

Cara Mudah Menyimpan Kelapa Yang Sudah Dibuka Agar Tahan Lama
sumber gambar

Sista suka makan sayur dan lauk dengan kuah santan? Suka masaknya tapi bingung cara menyimpannya? Nah thread ini mengulas tentang cara menyimpan kelapa.

Kelapa yang sudah dikeluarkan dari tempurungnya memang tidak bertahan lama, mudah busuk dan bau. Tapi sista tidak perlu kawatir, langkah mudah berikut ini bisa sista lakukan dirumah agar kelapa yang sudah dibuka dari tempurungnya bisa lebih awet.

1. Direndam dengan air

Cara Mudah Menyimpan Kelapa Yang Sudah Dibuka Agar Tahan Lama

Kelapa bisa direndam dalam air bersih dan airnya diganti setiap hari. Hal ini membuat kelapa lebih awet dan tahan lama. Saat mengganti air, sista bisa mencuci kelapanya ya, agar lendir bening yang melekat akan hilang.

2. Simpan dalam kulkas, dengan dibungkus rapat

Cara Mudah Menyimpan Kelapa Yang Sudah Dibuka Agar Tahan Lama

Saat menyimpan di kulkas, bisa direndam air ataupun tidak. Yang harus diperhatikan yaitu bungkusnya harus rapat. Bisa menggunakan plastik atau wadah yang ada tutupnya. Kenapa harus tertutup? Karena saat disimpan di kulkas dalam keadaan terbuka, kelapa akan mengering dan keras.

Spoiler for baca yang ini juga:


3. Disimpan dalam keadaan sudah diparut

Cara Mudah Menyimpan Kelapa Yang Sudah Dibuka Agar Tahan Lama

Jika sista membeli kelapa parut dipasar, maka bisa disimpan dikulkas. Sebelum disimpan, tambahkan sedikit garam, dicampur lalu dibungkus. Nah cara ini akan bisa dilakukan agar kelapa tidak mudah basi.

4. Santan beku

Cara Mudah Menyimpan Kelapa Yang Sudah Dibuka Agar Tahan Lama

Bisa juga disimpan jika sudah berupa santan. Jika sista memerah santan menggunakan air mentah, maka santannya bisa dibekukan dalam frezer. Cara mengemasnya disesuaikan dengan jumlah santan sesuai kebutuhan. Jika sista masaknya sedikit, maka santannya bisa dibungkus kecil-kecil.

Spoiler for baca ini juga:


5. Santan matang

Cara Mudah Menyimpan Kelapa Yang Sudah Dibuka Agar Tahan Lama

Sebelum santan disimpan, bisa didihkan dahulu lalu didinginkan. Nah setelah dingin bisa disimpan di kulkas menggunakan botol atau plastik. Atau bisa diperas menggunakan air matang dingin, lalu disimpan.

Beberapa cara tersebut diatas adalah langkah mudah dalam menyimpan kelapa agar lebih tahan lama.

Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat.

Menerima kritik dan saran.

Jangan lupa tinggalkan cendol, rate bintang dan komennya ya gan.


Sumber gambar. Dokpri
Sumber tulisan. Opini pribadi

Cara Mudah Menyimpan Kelapa Yang Sudah Dibuka Agar Tahan Lama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
armand112 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh betiatina
belajar bersama bisa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
Terima kasih, Sist, tipsnya sangat bermanfaat, pantesan selama ini kalau Ane nyimpen, besoknya suka basi, ternyata memang keliru cara nyimpennya 🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nais trit, ane dah lama kayaknya gak nyimpen kelapa. serinya pake sun k*ra langsung wkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ningka dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wah ibu ane juga sering kayak gini sista🤭sangat inovatif sekali. Keren, Sis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ningka dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau ane biasanya udah disantan dan dimasukin ke freezr gitu sihh, biar beku dna bisa dipakai kapan saja emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ningka dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dirumah jarang pakek santan masaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ningka dan 2 lainnya memberi reputasi
Wah ... jadi tau nih, agar kelapa dan santan tidak mudah basi. Thankyu infonya, Sist.
profile-picture
profile-picture
ningka dan betiatina memberi reputasi
Ide yang bagus Mbak. Terlebih kalo udah di jadiin santan matang jika butuh tinggal ambil
profile-picture
ningka memberi reputasi
Aku biasanya pake cara nomer 4, peras dulu jadi santan, baru di frezzer😊
Tread yang sangat bermsnfaat sista. Bisa ditiru nih
emak ane seringnya direndem air😁
Kalau disimpan dalam keadaan diparut, walaupun ditaruh di Freezer tetap mengurangi rasa, dari yang langsung dipakai, sedikit ada yang rasa asemnya
Keren nih, tipsnya. Tips nomor 1 juga bisa dipake kalo mau simpan singkong yang sudah dikupas. 😊
direndam dengan air ini kebiasaan ibuku dari dulu 😁
kalau aku suka nyimpen udah diparut dan dibekukan. Tahan 4-5 hari, kalau mau pakai dicairkan dan diperas sama air hangat
Seringnya pakai cara no 2.

Tapi cara no 5, besok dicoba. Kayaknya lebih praktis.
bermanfaat buat para ibu-ibu. Jadi bisa simpen kelapa tanpa khawatir basi
Diubah oleh ismilaila
biasanya pake yang direndem aer atau pake wadah aja. nais inpo inih emoticon-Shakehand2
Diubah oleh farinamany
kalau ane biasanya di parut, masukin ke plastik, terus taruh di freezer
profile-picture
armand112 memberi reputasi
nice thread, sangat bermanfaat. jadi tahu berbagai cara menyimpan kelapa agar tahan lama
profile-picture
armand112 memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di