CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mobil Matik yang Mogok Tidak Dianjurkan untuk Didorong, Kenapa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3ce742b84088086c71b402/mobil-matik-yang-mogok-tidak-dianjurkan-untuk-didorong-kenapa

Mobil Matik yang Mogok Tidak Dianjurkan untuk Didorong, Kenapa?


Sama halnya dengan motor, mobil matik sekarang juga menjadi pilihan banyak orang. Mudah dan praktis menjadi alasan kenapa mereka lebih memilih mobil matik. Padahal kalau diperhatikan, mobil matik cendrung dijual dengan harga yang lebih mahal ketimbang yang versi transmisi manual. Dan selisih harganya pun gak sedikit GanSis.

Mobil Matik yang Mogok Tidak Dianjurkan untuk Didorong, Kenapa?

Namun, di tengah ramenya pengguna mobil matik, masih banyak orang yang belum paham hal – hal apa aja yang sebenarnya gak disarankan untuk dilakukan pada mobil matik. Sebagian menganggap sama perlakuan terhadap mobil matik dengan mobil manual. Sebenarnya ada beberapa kondisi perlakuannya berbeda terhadap mobil matik GanSis, salah satunya adalah tindakan yang diambil pengguna ketika mobil matiknya mogok. Mobil matik yang mogok sangat tidak disarankan untuk didorong atau di derek (ditarik ama mobil lain), lah kenapa emangnya?

Jika mendorong mobil matik yang lagi mogok hanya sebatas untuk memindahkan ke sisi jalan atau dipinggirin, itu sah – sah aja GanSis. Tapi apabila mendorongnya untuk tujuan menghidupkan seperti mobil manual, nah ini yang gak disarankan GanSis. Sama halnya dengan menderek atau menarik mobil matik, ini juga tidak disarankan.

Larangan ini muncul karena mobil matik memiliki struktur yang berbeda dengan mobil manual. Jika terus dipaksakan didorong atau ditarik, maka bisa menimbulkan kerusakan yang cukup serius pada komponen gearbox atau transmisi. Ketika ditarik, roda akan berputar dan otomatis output shaftnya juga ikut, ketika putaran terjadi dalam keadaan mesin mati, ditakutkan moment putaran mempengaruhi input shaft dan planetary gear. Dan saat mobil diderek, maka sistem transmisi akan dipaksa bekerja tanpa adanya pelumasan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada mobil.

Meskipun gak semua mobil matik akan mengalami kerusakan ketika diderek manual atau didorong, tapi paling gak sebagai langkah antisipasi terjadinya kerusakan, mending gak usah didorong atau diderek. Ambil amannya aja GanSis...

Untuk kerusakan sendiri, sebenarnya kerusakan gak akan terlihat secara langsung. Kerusakan bakalan terasa setelah 1 bulan atau beberapa hari setelah pemakaian kembali. Nah, untuk menghindari adanya kerusakan karena didorong atau diderek, mending gunakan jasa towing aja GanSis, kalau mobil matiknya mogok...



profile-picture
profile-picture
profile-picture
veveyoxalena dan 7 lainnya memberi reputasi
Trus mesti diapain gan?
Didiemin gitu aja klo mogok?
Nah klo mogoknya di tengah hutan
Apa ya ga berabe..

Pertamax kah...
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Iya sih matic mah mau mobil mau motor ngurusin apa2nya emang rada manja, klo mogok gitu emang klo matic paling aman ditowing angkut udah, tentu lebih mahal drpd cuma diderek biasa.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
berarti tandanya suruh ditinggal trus beli baru aja wkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ya iyalah,,,ketika mogok, ya handphone yg bisa membantu, alias utk telpon mekanikemoticon-Traveller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Beli manual aja deh emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Baru tahu gan, terus kalau mogok gimana ya kan pasti panik juga yg punya dan yg di sekitar
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kalo transmisi masuk N,bisa ditarik mobil lain om?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan decodeca memberi reputasi
Kalo roda penggeraknya diangkat saya rasa gak masalah...
emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan turkusuma memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
lah baru tau.. agak repot dong ya meskipun bawanya lebih gampang dari manual
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan turkusuma memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bener sih pake towing, tapi lumayan tekor juga biayanya,.ganti manual aja deh menurut ane, harga juga lbih murah . Perawatan mesin juga terjangkau😀
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan turkusuma memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
nice info gan. bru tau ane. ane kira kli mohok ya udah didorong aja atau diderek ternyata g to......hihihi🤭🤭🤭
Gk blh d dorong tp setidakny d kasi solusi donk gan.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
trus posisi netral dibikin untuk apa ?

emoticon-Leh Uga

geblek aja pabrikan kalo ga mikir sikon begini.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
matic boleh diderek kok gan asal tahu roda penggerak yg mana
klo tipe fwd , boleh asal roda depan ga nyentuh Aspal
klo tipe rwd, boleh asal roda belakang ga sentuh aspal
klo awd, derek gendong aja

waks baru tau ane. ribet juga ternyata ni mobil matic.. jangan ampe mogok berarti wuahaha
keren nih informasi, ane kira sama aja bisa didorong juga terus nyala gitu. ternyata beda mekanismenya sama manual ya.
nice info gan, tapi ane punya pertanyaan gan, kalo misal kita netralkan giginya dulu itu apakah aman gan ?
wahh baru tau nih ane informasi inii mntep banget gann makasih bakal ane lakuin nihh tips dan trik mobil nyaa


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di