DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
8 Jenis Buah Pisang yang Enak Buat Diolah atau Dimakan Langsung

Makan buah pisang baik untuk kesehatan


sumber gambar

Kaskus DeYudi69 -Gan-Sist suka makan buah-buahan? Beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia, sebagai salah satu negara beriklim tropis dengan beraneka ragam jenis buah-buahan lokal yang melimpah, salah satunya adalah buah pisang.

Ya, buah ini merupakan salah satu buah yang paling banyak peminatnya juga paling mudah untuk didapatkan.

Berbagai olahan makanan dan kue tradisional pun banyak yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasarnya. Kalau makanan moderen yang memakai bahan pisang misalnya saja 'piske' atau pisang goreng keju. Ada yang gemar makan piske nggak? wkwkwk.

Berikut ini adalah beberapa jenis pisang yang ada di Indonesia.

1. Pisang Mas


sumber gambar

Menurut ane pisang ini merupakan pisang yang memiliki ukuran paling kecil, dengan warna kulit kuning cerah dan memiliki rasa buah yang manis, tak heran bila banyak orang yang menyukai pisang ini.

Di masyarakat pun banyak berkembang isu, bahwa barang siapa yang memakai susuk, maka pantang untuk memakan buah pisang emas ini. Hmm bener nggak ya? Yang jelas ane demen banget makan pisang mas ini, bikin nagih, alias nggak cukup kalo cuma makan satu buah, ukurannya yang kecil kadang sekali lahap udah abis wkwkwk.

2. Pisang Susu


sumber gambar

Pisang susu juga rasa buahnya manis dan nikmat bener Gan-Sist. Ukuran buahnya sedang dengan kulit buah yang terdapat sedikit bercak berwarna hitam, tapi bagian dalamnya putih seperti susu.

3. Pisang Raja


sumber gambar

Diantara semua pisang yang ada, pisang ini yang paling banyak dicari oleh para penikmat pisang. Karena rasa buahnya yang manis dengan daging buah yang padat. Menurut ane paling enak sih kalao buah pisang ini dikukus dahulu sebelum dimakan. Cobain deh Gan-Sist, mantap dah pokoknya, nggak kalah enak sama jajanan modern lainnya.

5. Pisang Kepok


sumber gambar

Pisang kepok kalau di daerah ane di Bali disebut dengan nama 'biu gedang saba'. Pisang ini juga enak kalau dimakan langsung tanpa diolah dulu. Tapi kalau mau diolah juga gak papa. Daging buahnya yang manis paling cocok dijadikan sebagai pisang goreng. Mau dijadiin pisang goreng keju, pisang goreng krispi, atau dijadiin isian dalam kue sumping, mantap betul dah pokoknya.

6. Pisang Ijo


sumber gambar

Pisang ini menjadi populer karena banyak dipergunakan sebagai isian dalam membuat minuman segar seperti es pisang ijo. Selain diolah menjadi es, pisang ijo juga biasanya diolah menjadi kue bolu pisang ijo, dan masih banyak lagi.

Daging buahnya yang manis dan segar juga membuat pisang ijo biasanya diberikan untuk makanan tambahan bagi balita. Buah ini juga bagus banget buat dikonsumsi oleh penderita mag seperti ane sendiri.

7. Pisang Tanduk


sumber gambar

Seperti namanya, pisang tanduk memeng memiliki ukuran yang besar dan mirip seperti tanduk. Pisang ini juga enak dibuat jadi pisang goreng, kue molen pisang, dan masih banyak lagi menu olahan pisang lainnya.

8. Pisang Endemik Papua (Musa Ingens)


sumber gambar

Kalau biasanya pohon pisang maksimal memiliki tinggi pohon antara 2,5 meter samapai 5 meter saja, pohon pisang asli dari Papua ini mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 25 meter, dengan diameter pohon sepanjang 2 meter, panjang pelepah pisang mencapai 5 meter serta lebar daun 1 meter.

Waow, gede banget ya Gan-Sist. Pohon pisang ini pun dinobatkan sebagai pisang terbesar yang ada di dunia, satu tandan pisangnya bisa menghasilkan buah seberat 60kg dengan ukuran sebuah pisang mencapai panjang 18 cm dengan diameter buah antara 3 sampai 4 cm.

Duh nggak kebayang dah tu jumbonya buah pisang Papua ini, bisa buat dimakan sama orang sekampung dah satu tandannya wkwkwk.

Ane sih belum pernah nyobain makan pisang ini, karena hanya ada di tanah Papua dan susah untuk dibudidayakan. Karena pohon pisang ini jarang mengeluarkan tunas pada bagian bonggolnya. Biasanya pohon ini berkembang biak melalui biji yang terdapat dalam buahnya, untuk berkecambah menjadi sebuah bibit pohon pisang pun memerlukan waktu hingga satu tahun lamanya.

Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat ya Gan-Sist.


Baca Juga : 5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat saat Disantap dengan Nasi

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : opini pribadi dan di sini

Diubah oleh DeYudi69 20-08-2020 04:54
ziont
raliakbarrr
artana99
artana99 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.2K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan