Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kontenjempolanAvatar border
TS
kontenjempolan
5 Gereja ini Dibeli Umat Islam dan Dijadikan sebagai Masjid
Beritajempolan.com – Perkembangan Islam diberbagai negara terus berkembang, salah satunya melalui tempat peribadatan. Beberapa bangunan yang sempat menjadi Gereja, bahkan dibeli umat Islam yang kemudian dijadikan sebagai Masjid.
Berikut deretan Gereja yang dibeli umat Islam dan dijadikan sebagai masjid, antara lain:

1. Gereja Santo Peter


Gereja ini terletak di wilayah Stoke-on-Trent, kota Cobridge, Inggris. Gereja tersebut mulai sepi jemaat pada 2013 hingga kemudian tidak mampu bertahan dan dijual. Setelah dibeli umat muslim, gereja itu telah berganti nama menjadi Masjid Madinah. 
2. Gereja Methodis

Gereja ini telah diubah menjadi Masjid Brick Lane. Masjid ini pertama kali dibangun pada 1743 sebagai tempat peribadatan umat kristen. Kemudian pada tahun 1897, bangunan itu diakuisisi oleh sekelompok orang Yahudi Lithuania ortodoks yang disebut Machzike Hadath. Kemudian bangunan tersebut pada 1970-an tampak sudah tidak pernah digunakan lagi. Sehingga pada tahun 1976 bangunan tersebut dibeli dan mulai dibuka pada tahun 1978 oleh muslim Bangladesh.
Masjid ini dapat menampung hingga 3.200 jamaah termasuk jamaah perempuan). Masjid ini paling ramai dikunjungi saat shalat jumat dan semua khutbah disampaikan dalam bahasa Bengali, Inggris, dan Arab.

3. Masjid New Peckham


Masjid ini terletak di London. Sebelumnya merupakan gereja Anglikan Saint Mark yang dibangun pada 1880. Bangunan gereja tersebut sempat rusak tapi kemudian diperbaiki dan menjadi sekolah kristen. Tapi kemudian pada 1980 bangunan tersebut kemudian berubah menjadi masjid.
Menurut laman The Islamic Landmarks, sebelum menjadi Masjid Umayyah, tempat ibadah ini awalnya adalah sebuah kuil untuk Hadad Dewa Aramean ketika Damaskus adalah negara Aram.

4. Gereja Bukit Sion

Gereja ini terletak di Kota Clitheroe, Lancashire, Inggris telah menjadi masjid sejak 2006. Gereja ini sudah ditutup sejak lama dan sempat berfungsi menjadi toko hingga pabrik garmen. Sampai akhirnya, umat muslim mengajukan agar bangunan tersebut dibeli untuk kemudian dijadikan masjid.
5. Gereja gothik di Inggris

Di Distrik Didsbury, Kota Manchester, Inggris, berdiri sebuah bangunan gereja berarsitektur gothik modern. Anehnya gereja ini tidak memiliki salib di puncak menaranya. Memang seharusnya demikian, karena sekarang bangunan gereja ini adalah sebuah masjid.
Salah satu penyebab dari gereja ini menjadi masjid lantaran jumlah jemaat gereja semakin sedikit. Sedangkan jumlah komunitas muslim semakin bertambah.

Warga muslim di Kota Manchester membeli bangunan gereja ini dan mengubahnya menjadi sebuah masjid. Patung dan ornamen gereja lainnya dipindahkan.







0
1.4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan