CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Beratnya Lulus 7 Tahun Kuliah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0fdc47eaab257ec90da1ed/beratnya-lulus-7-tahun-kuliah

Beratnya Lulus 7 Tahun Kuliah

Beratnya Lulus 7 Tahun Kuliah
ini cerita ane tentang Beratnya Lulus 7 tahun Kuliah

Jadi Ane mahasiswa yang telat lulus dan sekarang masih jadi mahasiswa, Udah ga tau deh perasaannya sekarang kyak gmne ya yang pasti makin hari makin berat aje permasalahan tapi bukan tanpa solusi.
Ane masih belum bisa selesaiin tugas akhir skripsi yang rumitnya lumayan, dari ane mulai start ane kira tanpa masalah kyak judul siap terus seminar proposal terus sidang. Tapi ane ga bisa revisian, setiap revisi ane selalu aja kurang data-data kurang nah ane jadi bingung pengen ganti judul aja, tapi juga bingung takut kalo judul baru ane lebih susah dari judul yang lama and sampai akhir ane masih skripsian sampe di semester 12--
Ane juga bukan mahasiswa yang bisa fokus sama satu kegiatan jdi selama ane skripsian ane juga lari-lari bantu ortu kerja dan apesnye waktu bimbingan yang ga kekontrol tuh barengan sama kegiatan lain di kerjaan ane, kyakk udah mau ada jadwal bimbingan hari sabtu eh ternyata ane sibuk kerja. Ada jadwal bimbingan hari selasa sore hari rabunya ane kecapean terus hari kamis ane ngurus berkas ke biro kampus keluar baru seminggu kemudian terus pas bimbingan lagi ane jadi ga bawa materi-- jadi ga fokus banget. Dan sempat cuti satu semester krna ada akreditasian ane kabur dan milih cuti, tapi balik dari cuti niat balik buat selesai skripian bangkit tapi tetap ga sukses diwisuda krna revisiannye masih kagak bener sampek sekarang aje masih revisi skripsi-- Ane dah bosen sekarang dah ga tau mau apalagi setelah dimarahin orang tua malah suruh pulang ke rumah pulang pergi kampus buat skripsian dan makin capek tiab bimbingan juga materi makin ga ada makin males ngampus dan ga ada kerjaan-- Takut kampus kasih surat DO ke ane terus takut juga ke kampus krna dosen marah-marah ke ane yang gak lulus-lulus di tengah banyaknya masalah pribadi ane emoticon-Turut Berduka. emoticon-Turut Berduka. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
fat.max memberi reputasi
Diubah oleh anugrad
yeay PERTAMAX
Ane juga tamat 7 tahun gan, agan tidak sendirian kok, ane bukan orang yang jujur lagi pintar gan, pada akhirnya ane berhasil meluluskan kuliah ane dengan jurus2 tertentu seperti melas ke dosen pembimbing lah, bohongin pegawai lah, manipulasi angka dan data, dan banyak lagi yang ane lakukan termasuk memanfaatkan situasi sempit covid 19 untuk lulus dengan sidang secara daring, memang ane gk bisa bilang klo agan harus pakai cara ane, tapi terpaksa semua cara harus dihalalkan kalau sudah kondisi begini. Tapi kembali ke kondisi dan. situasi agan lagi, bisa saja dosen agan memang tidak mau membantu dan terlalu idealis, ane sarankan agan berbicara apa adanya dihadapan dosen agan, mintalah bantuannya, kerjakan skripsi agan sampai selesai meskipun masih banyak yang salah, mudah2an dia mau membantu agan. ane sedih karena apa yang saya rasakan sama seperti agan, ingin tamat dengan baik dan jujur namun apa daya cuma dengan cara menipu yang bisa ane lakukan, ane berdoa semoga agan bisa selesaikan studi agan.

klo mau curhat boleh dm saya di intagram @mandzhell
Wah, ternyata ada jg yg senasib kyk ane..
Ane jg udh 7 tahun dan diambang DO. Tp kondisi skrg ane baru selesai skripsi dan tinggal menunggu yudisium dan wisuda oktober ini. Kalau boleh ane bilang, posisi ane terselamatkan gara2 covid, gan. Hehe.. Kalau normal ny, Sekitar Maret atau paling lambat Agustus udh wisuda. Dan ane gk bakal terselamatkan lg dari DO.
Berkaca dari kasus ane, modal nekad aja, gan. Pastilah berkecamuk dipikiran, rasa ny malu utk ke kampus, gk ada biaya, dsb. Tp percaya saja, ternyata gk seburuk yg dipikirkan.

"Kalau ada niat, pasti ada jalan."

Btw, kalau dulu ane ditanya skripsi udh atau belum, byk alasan ane menjawabnya. Entah sibuk kerjaan, gk ada dana, ortu sakit, dll. Tp sejujurnya, gara2 kata "besok" sih emoticon-Big Grin Besoknya sampai 3tahun lebih lama dr angkatan ane yg lain.
Semangat ya gan
Semoga segera lulus
emoticon-Nyepi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gw jg lulus lama dari PTN teknik ternama bandung, sebenernya masalahnya bukan kita ga sanggup tapi ga fokus, ane ga ada masalah sama kuliah ...ipk ane saat lulus jg bagus lah 3,4 . Tapi ane ga fokus di akhir2 terakhir

yang diperlukan dalam menyelesaikan skripsi itu sama halnya lu ngerjain proyek, Itu hal baru ...lu butuh koneksi baik menyelesaikan tiap bab ngejalanin toolsnya ataupun saat bimbingan (entar lu saat kerja bakal ngerasain skripsi itu ga ada apa2nya dibanding real project) .

Hal2 seperti ditolak revisi data kurang atau lu ga bisa bikinnya, itu cuma syarat tidak tertulis dalam lu mengerjakan skripsi. Karena di real project lu harus bisa tanya kesemua orang bagaimana solve problem itu, data kurang? gimana caranya biar cukup!. Tools ga bisa? gimana caranya biar tetap jadi? dosen perfeksionis? lu sanggup memenuhi ekspektasi dia .anggap aja dia client, atau lu ga sanggup ya lu 'jual' ke client lain

disini masalahnya lu kelamaan di satu dosen , kenapa ga identify calon 'client' lu ini diawal lu ngajuin proposal? (kan pasti ada pembicaraan nih dosen susah, nih dosen baik , itu resiko lu ngambil dosen itu)

tapi karena ini masih latihan lah sebelum lu ke real world, lu pasti sanggup nego ke dosen lu itu . Ekspektasi minimal apa yang dia mau terima?
keep moving day by day . kebanyakan mahasiswa telat(termasuk saya) karena tidak ada aksi dari hari kehari,bukan berarti lu harus didepan laptop mikirin gimana dapat datanya. Lu main ke lab kek, tanya2 kedosen, bahkan ke bimbingan skripsi berbayar termasuk opsi kok why not di luar sana third party laku keras buat project

dah sana lu jangan ngaskus...keep moving , be productive
profile-picture
fat.max memberi reputasi
Diubah oleh Crackheads
Jadi keinget salah satu temen ane dulu, pas kuliah kira2 nasibnya ya mirip2 gitu sama ente, 7++ tahun dia baru lulus..

Tapi Alhamdulillah sekarang malah karir dia jauh lebih sukses dari ane sama temen2 yg lain yg lulusnya normal 4++ tahun .. emoticon-Nohope
Diubah oleh bocah..ababil
mungkin ane bakal ngerasain nih...
numpang curhat ya gan
sekarang ane baru masuk taun ke3, tapi ane masih muter" di matkul sem awal
yang selama ini menghambat ane adalah, ane nyambi kerja, ane ambil jurusan yang lumayan njelimet(perlu begadang untuk nyelesain tugas), dan posisi kantor ane di jakarta barat, kampus di jakarta selatan.
Udah coba buat memotivasi diri pake cara apapun, tapi susah...
mohon solusinya dari agan-agan disini...
kasih kalimat yang "NJLEB" gapapa kok

Asalkan lu tau gw dulu cuti 1 smt karna sakit malah dibilang 1 tahun gak kuliah dan alhamdullilah gw lulus 5.5 tahun
Pas kuliah smt 8 ke atas dah mulai susah temen dah gk ada udh pada lulus. Kalo ngulang kuliah sendirian gk ada temen alhasil apa 2 tugas garap sendiri... terkadang jga gw telat info pindah jadwal dsb... Ya mau gak mau harus dilakuin dr gw yg orang nya introvert n kaku lama2 gw jadi org yg luwes dlm bersosialisasi...
Yah walaupun sifat introvert gw msh ada tapi paling gak kalo ketemu org asing gw berani buat nyapa dulu...
seperfeksionisnya dosen, dia juga seorang manusia gan. gali sense of humanity nya, dia sebagai pembskrip punya tanggung jawab moral ke agan. keluhkan (curhatin) masa depan agan kalo sampai harus di D.O dengan catatan agan memang berkapasitas buat jadi seorang sarjana, mungkin (inn sya Allah) dosen nya bakal ngasih rekomendasi buat kelulusan agan.

kalo memang ga bisa (lobbying) ke pembskrip, coba ke dekan langsung gan minta rekomendasinya. 7 tahun kan pasti banyak banget yang agan korbanin, ini bisa nambah nilai kredit agan di mata para dosen juga.

Permasalahan agan kan di data, kalo sepemahaman ane (sebagai joki skripsi) materi skripsi itu bisa banget disesuaikan dengan data yang kita peroleh, kalo bisa jangan dipersempit cara kerjanya (data menyesuaikan materi). Mungkin kedepannya materi skripsi agan itu perlu lebih fleksibel karena bisa pake data apa aja.

Permasalahan yang lain adalah pembskrip agan, ane ga tau tingkat komunikasi agan dengan pembskrip agan seperti apa dan ane ga mau juga menarik kesimpulan akan hal itu. Ane cuma bisa kasih saran yang ga juga perlu agan denger kalo misalnya agan rasa ga ada impact apa-apa, yaitu rawatlah hubungan agan dengan pembskrip tersebut. Ane menyarankan ketika momen bimbingan itu dijadikan sesi "sharing", pahami lawan bicara agan dan ajak doi untuk saling terbuka mungkin kedepannya doi mau mempermudah agan.
Sama gan, ane juga lulus 7 tahun, dari 2011-2018, mungkin sekalian curhat dikit ya...

Jujur, awalnya ane sendiri nggak nyangka bakal lulus lama, karena ane sendiri ngerasa selama kuliah termasuk rajin, baik dari absen, ngumpulin tugas, organisasi juga (biarpun nggak banyak yang ane ikutin), IPK 3,2an, hampir gak ada matkul yg ngulang.

Masalah awal ane emang pas milih judul di smt 8, awalnya ane bingung mau milih judul apa, kebetulan ada temen yg tergolong pinter di angkatan yg nawarin ane judul, dari awal ane tau risiko kalo ngambil judul itu, dosen pembimbingnya bakalan perfeksionis banget, tapi dengan berbagai pertimbangan ane mutusin ambil itu judul.

Dari awal bimbingan emang agak ruwet, karena judul/topiknya masih baru di kampus (bahkan di indonesia kayaknya), jadilah ane agak puyeng. Yang jadi masalah, dosbingnya sendiri kurang ngasi jalan keluar tiap ane buntu, judul ane malah diubah, metode diubah (yg menurut ane, dia sendiri juga kurang paham), dan tiap buntu disuruhnya cari tutorial di youtube. Kayak gini terus selama 1,5 tahun, sampe divonis kalo skripsi ane hasilnya jelek dan gak bisa lanjut.

Selama hampir 1,5 tahun (dari 2015-2017) ane banyak bohong ke ortu soal progress skripsi ane, dan pas ditanya soal udah sampe mana, tanpa sadar ane nangis pas cerita ke mereka. Wajar, ane juga kecewa dan ngerasa gagal buat lulus tepat waktu, ditambah ane tau kondisi ekonomi keluarga juga. Akhirnya mereka nyemangatin ane buat lanjut lagi.

Akhirnya ane ganti topik (tetep dengan dosbing yg sama), walanya lancar, tapi lama2 ya balik kayak semula. Ada data yg dibilang kuranglah, harus tambah pembahasanlah, dll. Sampe setahun ane baru ujian proposal. Setelahnya? makin sulit ketemu sementara tenggat DO hampir tiba. Dari jurusan udah berusaha buat ane (dan sekitar 10 temen ane yg nasibnya sama) biar bisa lulus, tapi dosen ane bener2 susah ditembus kayaknya.

Tapi syukur, ane berhasil lulus 2 bulan sebelum deadline, dan wisuda sekitar 5 bulan setelahnya. Kerjaan juga dapet 8 bulan setelah wisuda.

Menurut ane agan harus berusaha biar tetep lulus, karena kalo agan gak lulus itu bakal jadi beban yg bakal agan bawa seumur hidup. Ane (dan mungkin juga orang lain yg lulusnya 7 tahun lebih) pasti punya penyesalan karena lulus lama, entah itu kesempatan kerja yg lebih susah, soal karir, pacar, dll. Tapi menurut ane itu lebih mending, karena agan udah nyelesaiin sesuatu, yaitu masa studi agan.

Semoga TS bisa lulus tahun ini emoticon-2 Jempol


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di