Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pengawas.nerakaAvatar border
TS
pengawas.neraka
HATI-HATI Jika diminta mengisi berita saat Transfer
Disini saya mau menceritakan kejadian penipuan model SEGITIGA, bahkan lebih, mungkin sudah segi lima. Semoga kejadian ini bisa menjadi informasi bagi semua orang agar terhindar dari penipuan.

Saya akan coba meringkas agar tidak terlalu panjang ceritanya.

Kejadian ini bukan menimpa saya tapi menimpa orang yang saya kenal.

Kronologis:
1) Kita sebut kenalan saya ini namanya Sigit. 
Si Sigit ketemu lapak si penipu di tokopedia. Si penipu buka jualan di tokopedia menjual kurs untuk dikirim ke Alipay, Paypal, Wechat, dll.
Chat dilanjutkan ke Whatsapp karena memang biasanya transaksi beli kurs di Whatsapp (No WA si penipu: 087725150917)

2) Si penipu menghitungkan kurs (lebih murah, tapi murah juga hanya murah sedikit dibanding orang lain, kalau murah banyak kan pasti curiga). Si penipu ini mengerti benar sistem transaksi uang online, istilah-istilahnya. Deal  harga dan Sigit disuruh transfer ke BCA atas nama Suryanto, disuruh di keterangan transfer ditulis: Beli dollar PM 654 U23942934

3) Setelah transfer, masih ada chat-chat dulu sebentar. Tiba2 chat-chat di Whatsapp di hapus oleh penipu. Pas coba di chat, ternyata Whatsapp sudah di block.

4) Segera Sigit menghubungi BCA untuk memblokir BCA suryanto ini. Kemudian segala bukti dan surat penyataan, surat permohonan diurus ke BCA dan ke polsek.

5) Setelah coba di cari di google nomer rekening BCA Suryanto ini, dapat nomer HP nya dan di telpon lah. Ternyata Suryanto ini adalah Money changer, dia tunjukkan semua bukti chat dengan nomer WA si penipu 087725150917. Si penipu ini beli sebesar USD 654 dan minta dikirim ke Perfect Money ke account U23942934.
Jadi berita yang si penipu ini minta untuk ditulis di berita transfer adalah kode pembelian kurs dia ke Suryanto yaitu jika di breakdown: 
Beli dollar PM 654 U23942934  ===> "beli dollar" "Perfect Money" "USD 654" "no akun U23942934
Suryanto bilang, penipuan ini sudah sering, dari dulu sudah ada, dan nomer rekening dia sering jadi korban dan rusak nama dia. Tapi secara transaksi memang sudah sesuai prosedur dia, bahwa dia terima uang sesuai berita di transferannya maka diproses. Uang sudah dikirim ke Perfect Money. 

6) Transaksi kemudian ditelusuri ke Perfect Money yaitu transaksi pengiriman uang USD 654 ke akun U23942934.
Perfect Money mengatakan bahwa bahwa dari akun U23942934 , di transfer dulu ke akun U5112633, tapi dua akun ini pemiliknya adalah orang yang sama. 

Konfirmasi Dari Perfect Money
HATI-HATI Jika diminta mengisi berita saat Transfer

7) Dari akun U23942934 uang dollar itu ditransfer ke money changer  di Indonesia, di rupiahkan dan di transfer ke bank BCA. Uang dollar yang awal dari USD 654, di transfer sekarang jadi USD 627 (karena ada potong biaya-biaya dan komisi). lalu di kurs ke Rupiah


8) Alur dari Pefect Money, uangnya kembali ke Indonesia
HATI-HATI Jika diminta mengisi berita saat Transfer
HATI-HATI Jika diminta mengisi berita saat Transfer

BCA Cabang Bukitinggi
No akun BCA: 8050159451
A/N: Christian Halim
No HP: 082170387755 / 08126640606

Nama penipuan ini adalah pencucian uang.

PELAJARAN yang bisa dipetik:

1) Walaupun sudah biasa transaksi uang digital, baiknya trasaksi tetap pakai rekber atau marketplace untuk jaga-jaga.
2) Satu hal yang selama ini tidak terpikirkan oleh saya adalah penulisan berita di transfer. Semoga yang membaca tulisan ini, ingat JANGAN PERNAH MENURUTI berita penulisan transfer. Berita transfer tidak harus sama persis yang diminta karena berita transfer hanya berita saja, tidak ada pengaruh dengan konfirmasi otomatis. Jadi berita bisa kita tulis sesuai yang kita inginkan. Apalagi beritanya disuruh tulis kode-kodean. Lebih baik langsung waspada.

================================
Jika diselidiki cara kerja si penipu, mirip dengan penipuan-penipuan sejenis ini yang terjadi sejak tahun 2013.
Dia banyak menipu di kaskus , banyak lapak penipuan yang memiliki ciri sejenis:
1) Lapak yang dibuka adalah lapak jual kurs plus ada jual barang second, jadi opsi pilihan korban lebih luas, tidak hanya yang mau jual-beli kurs tapi yang mau beli barang murah juga
2) Nomer telepon di lapak akan tulis angka 0 dengan huruf o. sehingga jika di google nomer WA si penipu tidak akan ketemu
3) Walau ada korban yang meninggalkan komen di lapaknya, dia tidak takut, dia akan sundul dengan post kosong yang panjang sehingga komen korban tidak akan muncul dan dia terus jualan dengan santai.
4) ada sekitar 2 akun yang akan kasih testi plus foto chat WA transaksi yang berhasil. Dimana akun testi itu adalah akun dia sendiri. 
Saya bandingkan lapak-lapak penipuan sejenis di kaskus dari tahun 2013, 2015 dan sekarang punya 4ciri diatas, jadi saya menduga bahwa ini adalah orang yang sama yang melakukan penipuan dari 2013.



Diubah oleh pengawas.neraka 19-08-2020 04:51
doblehksp
kafir.resistant
kafir.resistant dan doblehksp memberi reputasi
2
2.9K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan