CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini Kriteria Pekerja Penerima Bantuan Cash Rp2,4 Juta Dari Pemerintah...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f320d64dbf764594b5aad3c/ini-kriteria-pekerja-penerima-bantuan-cash-rp24-juta-dari-pemerintah

Ini Kriteria Pekerja Penerima Bantuan Cash Rp2,4 Juta Dari Pemerintah...

Ini Kriteria Pekerja Penerima Bantuan Cash Rp2,4 Juta Dari Pemerintah...

Pemerintah menggulirkan Program Subsidi Upah yang ditujukan bagi pekerja atau buruh guna melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja selama masa pandemi COVID-19.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Senin (10/8), mengatakan bantuan ini digulirkan guna mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Pemerintah akan memberikan subsidi upah dimulai dari pekerja atau buruh, yang bertujuan untuk melindungi mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja atau buruh selama pandemi COVID-19," ujar Ida di Jakarta, dikutip Antara.

Dia menjelaskan bantuan subsidi upah merupakan stimulus yang dikoordinasikan dan dibahas tim satgas pemulihan ekonomi nasional, Kementerian BUMN, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Keuangan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun calon pekerja atau buruh yang mendapatkan bantuan harus memenuhi persyaratan yakni, warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan, anggota BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan kartu kepesertaan dan peserta membayar iuran dihitung berdasarkan upah di bawah 5 juta sesuai yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu calon peserta harus memiliki rekening bank aktif dan tidak termasuk peserta penerima manfaat kartu prakerja dan membayar iuran hingga Juni 2020.

"Nantinya penyaluran subsidi upah dilakukan dengan memindahbukukan dari bank penyalur ke rekening penerima bantuan melalui bank-bank BUMN yang terhimpun di Himbara," jelasnya.

Adapun data calon penerima bantuan diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan, dan pihak BPJS Ketenagakerjaan bertanggungjawab atas kebenaran data.

Batas waktu pengambilan data adalah 30 Juni 2020, sehingga hanya peserta yang sudah terdaftar hingga batas waktu tersebut, dan telah memenuhi persyaratan lain, yang berhak menerima subsidi upah.

Lebih jauh dia menyampaikan mekanisme subsidi upah ini diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp600 ribu per bulan dengan total Rp2,4 juta yang diberikan setiap dua bulan sekali.

"Artinya dalam sekali pencairan subsidi diterima Rp1,2 juta," jelas dia.

Rencananya pemerintah akan menggulirkan bantuan bagi 15.725.232 pekerja.
Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bantuan subsidi upah melengkapi semua bantuan yang sudah dijalankan pemerintah yakni bansos Keluarga Harapan, kartu sembako dan bantuan bagi karyawan yang di-PHK.

Budi Gunadi mengatakan bantuan subsidi upah ditujukan kepada pekerja yang tidak di-PHK, namn karena kesulitan perusahaan mereka dirumahkan atau mendapat pemotongan gaji.



profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Kasih subsidi/tunjangan/bantuan langsung buat buruh, sementara serikatnya sibuk buat demo...

emoticon-Traveller
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang ada provinsi/daerah yg upah minimumnya diatas 5jt? Artinya semua berhal menerima apa gmn?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Alhamdulillah besar kecil nominalnya tetep ane syukuri gan hehe
Menurut ane memang tepat sekali pemerintah mengambil kebijakqn itu,karena untuk masa pandemi ini memang banyak sekali warga masyarakat yang ekonominya melumpuh tetapi ane harap tetep dalam pengguliran dana bantuan ini tepat sasaran.benar benar orang yang membutuhkan dengan kehadiran dana itu,terutama yang keluarganya kaum buruh.
Kalo menurutku sih bgus ya upaya pemerintah ini. Bantuan itu ditujukan bgu karywan yg terdmpak covid dan drumahkan dr perusahaan dan mendapatkan potongan gaji.yg memenuhi kriteria dia yg mendpatkan bantuan ini. Dan semoga saja dengan di ambilnya data dari bpstku ini bisa membantu para karrywan yg terdampak pandemi seperti ini.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dengan adanya kebijakan seperti itu ane yakin bahwa kami warga masyarakat insyaallah akan menggunakan dana bantuan itu dengan sebaik baiknya mungkin bisa dijadikan modal usaha kecil kecilan.semoga menjadi berkah,amiinnn
Ya memang semua data diambil dari data bpjstku agar semua tidak salah sasaran dan memang pas sama orang yg dbwah gaji 5 jt karena memang berdmpak covid
Tetap optimis gan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di