CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dapat Merusak Independensi Lembaga, ICW Tolak Pegawai KPK Jadi ASN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f31eaf8e83c72016406a161/dapat-merusak-independensi-lembaga-icw-tolak-pegawai-kpk-jadi-asn

Dapat Merusak Independensi Lembaga, ICW Tolak Pegawai KPK Jadi ASN

Dapat Merusak Independensi Lembaga, ICW Tolak Pegawai KPK Jadi ASN


JAKARTA, HALUAN.CO - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana menilai pemberlakuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41/2020 tentang pengalihan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat merusak independensi lembaga anti korupsi itu.

Mengapa ini penting: Jika pegawai KPK menjadi ASN akan sulit mengharapkan lembaga itu berani menindak pelaku korupsi yang berasal dari lingkup pemerintahan. Hal itu terjadi karena seluruh aturan kepegawaian KPK bukan lagi tunduk pada aturan KPK, tapi kepada Kemen PAN RB yang merupakan bagian pemerintah.

Konteks: PP Nomor 41/2020 yang diundangkan pada 27 Juli 2020, menyebutkan dalam pasal 1 ayat 7nya bahwa pegawai KPK adalah ASN sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan mengenai ASN.

Apa katanya: “Terkait PP alih status kepegawaian KPK sudah pasti nilai independensi KPK semakin terkikis. PP ini adalah efek domino dan menambah kerusakan karena UU Nomor 19/2019 tentang Revisi UU KPK,” kata Kurnia dalam diskusi daring dengan tema ‘Proyeksi Masa Depan Pemberantasan Korupsi’ di Jakarta, Senin (10/8/2020), dikutip dari Antara.

Kekhawatiran ICW:

• Salah satu ciri lembaga independen tercermin dari sistem kepegawaiannya yang dikelola secara mandiri, yang juga merupakan implementasi dari self regulatory body pada lembaga negara independen.

• Penanganan perkara sewaktu-waktu dapat terganggu dengan alih status kepegawaian.

• Ketika pegawai KPK menjadi bagian dari ASN, maka kapan saja dapat dipindahkan ke lembaga negara lain.

• Hal lain yang terdampak dari PP 41/2020 itu adalah potensi mengurangi independensi penyidik KPK.

• “Setiap penyidik KPK akan berganti status menjadi penyidik pegawai negeri sipil (PPNS), sedangkan pasal 7 ayat 2 KUHAP menyebut bahwa PPNS dalam pelaksanaan tugasnya berada di bawah koordinasi dan pengawasan kepolisian atau dalam hal ini berada bawah Brigadir Jenderal Polisi Prasetyo Utomo yang sekarang sudah menjadi tersangka kasus Djoko Tjandra,” katanya.



Berita Politik, Hukum dan Ekonomi Lainnya:
1. Jangan Salah Kaprah, Berikut Perbedaan PNS dan ASN
2. PSK di New York Dapat Bantuan Rp58,6 Miliar
3. Survei Iwan Fals, Gibran Kalah Telak Lawan Kotak Kosong di Pilkada Solo
4. Tipu Daya ala Platini Saat Mengatur Undian Piala Dunia 1998
profile-picture
profile-picture
profile-picture
666fapfap dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
ada plus minusnya sih yah.
takut kpk jadi over power atau gimana gitu

emoticon-Big Grin

setuju aja deh tolak pegawai KPK jadi ASN
lha emang kejaksaan, kehakiman & kepolisian sbg penegak hukum selama ini bukan asn juga pegawainya? emoticon-Hammer

independensi itu bukan karena jadi asn apa kagak?! tapi profesional gak tuh lembaganya menjalankan tugasnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mosta2011 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
KPK dari awal pembentukan sebagai lembaga temporary...

Jadi saat itu ga sampe dipikirin status pegawai dsb...

Tanya sama pegawainy dulu dehh mau ga jadi ASN....

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan darck91 memberi reputasi
lah , memang kalau bukan ASN , aparatur negara itu apa statusnya , hakim saja ASN
profile-picture
rinso.biroe memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jujur 2 an yoook. Karyawan ICW (kalo punya) jika ditawari diangkat jadi ASN mau apa kagak?

Ane yakin pasti langsung heppi.
profile-picture
rinso.biroe memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
itu mah sengaja dibikin pemerintah biar KPK takut ama pemerintah

ASN kan harus loyal sama pemerintah...jd KPK udah ga independen
Jika pada perusahaan swasta bisa cukup dengan menandatangani kontrak kerja kemudian kita terikat dengan perusahaan tersebut, tapi sebagai ASN tidak cukup dengan sekedar tanda tangan kontrak tapi dituntut untuk mengucapkan sumpah atau janji. Hal ini sesuai dengan bunyi pasal 66 ayat (1), Undang -Undang No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Pengambilan sumpah/ janji ini memiliki arti dan tujuan tertentu. Yakni sebagai bagian dari upaya pembinaan ASN sebagai aparatur Negara dan abdi masyarakat, dengan tujuan agar para pejabat ASN mempunyai kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila, UUD 1945, Negara dan pemerintah serta memiliki mental yang baik, jujur, bersih, berdaya guna dan penuh tanggung jawab terhadap tugasnya, dan di dalam mendukung usaha pemerintah mendorong terciptanya good governance.
asn wajib mentaati UU yg berlaku
ayo dibuat UUnya biar lbh tak berdayaemoticon-2 Jempol
profile-picture
666fapfap memberi reputasi
Lembaga add hoc ya jelas sementara lah
Polisi dan penegak hukum ASN apa tidak??
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Kali ja ada yg mau bikin semacam kpk swasta, biar ada alternatif buat org kpk mau pilih masuk mana. Bukannya jd pns itu cita-cita, jd jgn byk gaya. dituruti slh gk dituruti salah, khkhk..,
profile-picture
666fapfap memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
haha makasih kowi
lah bener ASN dong jadi dia terikat sama institusi dan negara, kalo ga terikat dia bisa ngabur kapan aja dong emoticon-Cape d...

setidaknya dengan jadi ASN mereka ada tanggung jawabnya emoticon-Traveller
ASN...gampang banget dimutasi bro......misal pas kita lgi semangat kumpulkan barang bukti dan sudah rampung 90 % tiba2 dipindahkan...pengganti kita bisa mulai lage dari nol....lama lage kasusnya....
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ICW itu apa?

Pegawai KPK menjadi ASN ya di tes dahulu kalau tdk lulus y tdk jd PNS.

Yg kebakaran jenggot di KPK karena tau usianya tdk mungkin bs jd PNS.

Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
ASN ditolak tapi WP KPK diterima dengan senang hati karena seukhuwah demi satu misi penegakan khilafah.Institusi penegak hukum lain emang lebih amburadul dari KPK tapi mereka adil cokok daerah kekuasaan banteng,sapi,mercy,matahari biru,lobster,beringin,brewok,ka'bah,bumi hijau.Sementara wp cuma garang di sarang banteng dan beringin.Tapi di kandang sapi dan matahari biru lembek sebab seukhuwah,satu misi,satu mazhab,dan satu majelis pengajianemoticon-Leh Uga
profile-picture
riansantoso4776 memberi reputasi
Kalo pegawai KPK ga mau jadi ASN ya gampang kok.. pindah aja k KPK DKI.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Sejak kapan lembaga sementara jd ASN
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di