CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Istana: Ekonomi RI Saat Ini Lebih Baik dari Beberapa Negara Lain
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f30cd9c9a972e0a9c0cd397/istana-ekonomi-ri-saat-ini-lebih-baik-dari-beberapa-negara-lain

Istana: Ekonomi RI Saat Ini Lebih Baik dari Beberapa Negara Lain

Istana: Ekonomi RI Saat Ini Lebih Baik dari Beberapa Negara Lain

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Arif Budimanta membandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan sejumlah negara lain. Meski pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 minus 5,32 persen, namun ia menilai kondisi tersebut masih lebih baik ketimbang sejumlah negara lain.

Banyak negara lain yang ekonominya terdampak lebih dalam dari Indonesia akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

"Pertumbuhan negatif atau kontraksi ekonomi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, hampir seluruh negara mengalami hal serupa bahkan dengan kontraksi yang lebih tajam," kata Arif kepada Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Arif mengatakan, Uni Eropa mengalami pertumbuhan ekonomi hingga minus 14,4 persen. Begitu juga Amerika Serikat yang mencapai minus 9,5 persen.

Negara tetangga pun mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih buruk dari Indonesia, seperti Singapura yang minus 12,6 persen dan Malaysia minus 8,4 persen.

"Artinya kondisi kita relatif lebih baik dibandingkan dengan beberapa negara tersebut," ujar politisi PDI-P ini.

Arif mengklaim, kondisi Indonesia yang lebih baik ini karena Presiden Joko Widodo melakukan kebijakan yang tepat sejak awal pandemi.

"Karena sejak awal Presiden memberikan arahan untuk melakukan program dan fasilitas yang sifatnya counter cyclical untuk mendorong ekonomi domestik khususnya konsumsi masyarakat, sehingga tidak membuat ekonomi kita terkontraksi lebih dalam lagi," kata dia.

Arif pun optimistis ekonomi di kuartal III nanti bisa kembali tumbuh positif. Sebab, memasuki pemerintah mulai melonggarkan pembatasan aktivitas ekonomi di berbagai sektor.

"Di kuartal III kita punya peluang kembali ke level positif setelah bergeraknya lagi aktivitas perekonomian dengan protokol adaptasi kebiasaan baru," ucap Arif.

sumber
nyontoh wan abud hrs tetap bersukuremoticon-Hammer2
LUAR BIASA !


Memang inilah yang kuharapkan sewaktu dulu aku mencoblos nomor 1. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
baiklah, aku percaya
Segala bentuk informasi akan ditempatkan sebagai sebuah kesombongan di mata pembencinya
Sementara kadrun lagi cari data negara yang tk ekonominya lbih bagus dari RI...

Dasar ga bersyukur....

emoticon-Traveller
profile-picture
yonida memberi reputasi
Yakin ?...
Klean gk boong khan... emoticon-Bingung
Ah bo'ong. Negara2 yg lebih parah ekonominya tadi, karena menerapkan lockdown. Baca nih, negara manapun, baik yg melakukan lockdown atau nggak ngapa-ngapain sama sekali, akan sama2 mengalami penurunan ekonomi. Bedanya, ada di jumlah korban dan rebound ekonominya.

Apakah dgn PSBB pelemahan ekonomi ini dijamin tidak akan berlarut2?

https://www.smh.com.au/business/the-economy/health-versus-economy-trade-off-isn-t-a-solvable-equation-20200808-p55jvq.html

Dan yang pasti, aku nggak sepakat kalau dibilang langkah pemerintah sejak awal pandemi sudah tepat. Lha wong jelas2 langkah awal plonga-plongo sesumbar bin sombong kok. Apanya yang tepat emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
soda.water dan 7menit memberi reputasi
Terga tung baseline nya..
Makin tinggi ekonomi sebelum covid, makin minus pertumbuhan ekonominya..
Tapi tetep keadaan indonesia saat ini masih harus disyukuri tidak spt negara lain..
Semoga di quartal 3 ada perbaikan..
Istana: Ekonomi RI Saat Ini Lebih Baik dari Beberapa Negara Lain
profile-picture
soda.water memberi reputasi
Tinggal diliat aja ntar kwartal ketiga gimana
agak setuju
Singapura mau resesi sdh siap rakyat sdh makmur.

Lah seni??? Emang rakyatnya sdh semakmur singapura?

Kalau blm sakmur singapura gak usah bilang lebih baik dari singapura.

Negara ini sedikit lebih baik dari sudan dan mozambik.
profile-picture
profile-picture
soda.water dan kaiserwalzer memberi reputasi
Hmm, kalau diliat-liat bener juga, lebih baik dari pada south sudan, venezuela, Zimbabwe, bahkan Singapore. but liat kasus covid-19 dan korbannya juga, Singapore dan Malaysia punya angka kematian jauh dibawah Indonesia. emoticon-Hammer (S)
profile-picture
soda.water memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
ngeles aja nih buat nutupin kenyataan yg sebenarnya, gw pesimis ini sama gaya pemerintahan amatiran kek gini


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di