CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f23543d8d94d0424f2b1678/gara-gara-hutang-kerja-keras-jadi-sia-sia

Gara-gara Hutang, Kerja Keras Jadi Sia-sia

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 7
Hutang saya masih 170 jutaan
profile-picture
profile-picture
icardicardis dan riandyoga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keluarga gue hancur selama 1 windu (2011 - 2018) akibat hutang. Lebih tepatnya, ayah gue yang jadi suka sekali berhutang ke bank (diawali D*namon, BR*, KSP, sampai ke orang-orang alias non lembaga/bank). Gara-gara hutang usaha orangtua gue hancur di awal 2011. Semua harta benda yang sekiranya bisa dijual dan dijadikan uang harus rela dilepas buat menutupi tanggungan yang sering sudah melebihi tempo. Dan hal semacam ini, lingkaran setan semacam ini tak kunjung berhenti selama 8 tahun ke depan sampai pada akhirnya ayah gue mau dipenjara oleh 2 pihak berbeda. emoticon-EEK! emoticon-Cape d... emoticon-Mewek

Dan yang paling menderita akibat perbuatannya yang suka berhutang salah satunya adalah GUE selaku anak sulung laki-laki. Entah sudah berapa kali duit gue ludes buat membantu melunasi hutangnya selama 8 tahunan itu. emoticon-EEK! emoticon-Frown

Hutang itu jalan setan. Itu yang dikatakan sama tante gue yang kini sudah menjelma menjadi seorang pengusaha sukses dan dulunya pernah terlilit hutang di periode '80-an - '90-an dan pernah mau diseret ke pengadilan juga. Hutang itu nikmat di awal tapi menderita di akhir. Makanya dia sebut sebagai jalan setan. emoticon-EEK!

Hutang sebagai modal untuk membangun usaha saja belum tentu menjamin akan membawa kebahagiaan dan kesejahteraan di akhir (kebanyakan usahanya gagal dan ujungnya justru hancur). Apalagi hutang untuk menunjang gaya hidup. emoticon-EEK! emoticon-Cape deeehh

Akibat terlalu lama hidup dalam belenggu dan cengkeraman yang namanya hutang maka gue sampai detik ini alergi dengan yang namanya hutang. Gue bersyukur sih sejak zaman awal-awal susah sampai sekarang gak pernah yang namanya hutang uang ke teman/kerabat atas nama pribadi. Mending kelaparan sebentar atau kelihatan miskin (karena memang dulu sempat miskin) ketimbang harus rela berhutang sekian rupiah demi terlihat tidak kere. emoticon-EEK!

Bagi gue hutang satu-satunya yang paling layak untuk dilakoni dan mungkin boleh untuk tidak dikembalikan hanyalah HUTANG BUDI. Itupun sebaiknya mengembalikan dengan cara membalas budi walaupun seringnya orang yang memberikan kita hutang budi tidak ingin dikembalikan. emoticon-EEK!

Sekian dan maaf kalau terkesan curhat. emoticon-EEK! emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonwongndeso dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bowobutoijo
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
pokoknya sekarang kalo ada yang mau ngutang, wajib minta jaminan dan surat hitam diatas putih.

biar kayak kasus bu kombes nggak terulang lagi. karena memang ada buktinya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeedaanee dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lebih parah pinjem duit buat maen togel emoticon-Hammer2
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Repot kalo ada yg ngutng
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
apa kabar yg bisnis nya pakai pembayaran tempo. pasti pusing ya ☺️

nagih customer susah, trus akhirnya ke supplier juga ga bisa bayar. akhirnya stress nya dobel. nagih susah + ditagih2 supplier.

masih banyak loh yg jualan kayak gitu.

profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan riandyoga memberi reputasi
Makanya aku tak mau terlibat dengan itu
Merusak pertemanan
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan riandyoga memberi reputasi
gw biasa hutang ke bini, krn bini gw duitnya banyak
emoticon-Ngakak
tapi balik, hanya buat modal aja, krn ane ga suka urusan sama bank, meski ane ex karyawan bank.
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pepatah mengatakan "jika kamu tidak suka berhutang hindarilah banyak teman karena banyak teman=banyak berhutang"


Kata Gregory xiamblele ciugine,dr wakanda
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan riandyoga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Piutang gw seret semua, ditambah lagi gr2 pandemi... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riandyoga dan 2 lainnya memberi reputasi
Inget pas awal dapet kerja , pinjem karena perlu laptop mempuni buat awal kerja ,
Sekitar 6 bln udah lunas, pas dapet jobdesk lebih malah di kasih invetaris sama kantor ,
Ada ada aja,
Yg penting bisa perhitungan minjem buat lebih produktif atau konsumtif atau hal hiburan,
Kalo selain produktif tahan-tahan dulu deh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeedaanee dan 2 lainnya memberi reputasi
mnjem dwit bwat makan ya gpp

asal mnjem jgn banyak janji
profile-picture
profile-picture
riandyoga dan gigbuupz memberi reputasi
jauhkanlah kami dari hal yg berbau hutang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riandyoga dan 2 lainnya memberi reputasi
kayanya tiap ada yg mau ngutang emang harus dibikin surat perjanjian yg bermaterai.. biar skalinya melanggar perjanjian bisa langsung digugat.. biar kasus penagih malah dipolisikan yg terjadi lagi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeedaanee dan 2 lainnya memberi reputasi
menurut pengalaman ane, kebanyakan peminjam tidak berniat balikin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeedaanee dan 3 lainnya memberi reputasi
hutang ane masih 8 tahun lagi gan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
riandyoga dan gigbuupz memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ga bayar utang tp malah masukin anak kuliah di trisakti pdhl semua keluarga dah dah melarang... jgn disitu .kemahalan...ga cocok buat kmu yg banyak utangemoticon-Ngacir2

Sabaar sabaremoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
riandyoga dan gigbuupz memberi reputasi
Diubah oleh luluvi
gw mendingan dibilang pelit daripada harus minjemin duit emoticon-Blue Guy Bata (L)

mencegah lebih baik daripada mengobati emoticon-Cool

yg penting jangan lupa sedekah dan berzakat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeedaanee dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
apalagi bungany tinggi banget. tetangga rumah smp kasih rumahnya ke renternir. ga tau tuh perjanjiannya gmn
profile-picture
profile-picture
zeedaanee dan riandyoga memberi reputasi
Agan2 ane mau nanya,

Ane skrg udh umur 30 thn, calon ane udh mendesak untuk dinikahin tahun depan (2021). Nah ane skrg udh bekerja sih tp duit yg ane kumpulin belum ckup untuk minang doi. Berhubung di daerah ane, untuk minang gadis beserta acara2 lainnya itu bisa ngabisin sampe 100jt an. Nah ane ada rencana yg sbenarnya udh kayak rencana putus asa. Yaitu minjem di bank Syariah yg kebetulan bisa nge cover sampe 100jt tsb. Ane sebenanya org yg gak pernah mau minjem ke bank untuk kasus2 seperti ini, takut Riba-nya walopun dlm konteks syariah.

Ane udh bekerja sktr 2 thn, gaji ane kalo dirata2 sebulan sekitar 6jt, bersih yg ane bisa tabung itu skitar 3 jutaan tiap bulan. Untuk saat ini, ane udh punya tabungan 20jt an.

Pertanyaan ane, kalo ane ngambil langkah untuk ambil pinjaman di banks syariah tsb sebesar 100jt (ini ane blm ngerti bunganya brp) tp yg ane liat, cicilan 5 thn (60 bulan) itu skitar 2,2jt (Ini kayaknya ane sanggup) tp bukan mslh sanggup tdknya yg ane pertanyakan. Tapi:
1. Apakah kira2 langkah ane tepat jika mmg harus meminjam di bank tsb
2. Apakah pinjaman sperti ini di bank syariah itu bukan termasuk riba? Karena jujur, ane betul2 takut banget soal riba
3. Apakah sudah tepat jika ane ambil pinjaman skrg, namun ane denger kabar, indonesia lagi bersiap menghadapi badai resesi di thn2 mendatang. Yg ane rasa kayaknya bakalan bukan hisapan jempol belaka mengingat keadaan skrg.

Sekian pertanyaan ane, mudah2an ada yg bs bantu jawab.

Tolong kalo bisa sarannya jgn yg berupa kasi pengertian ke calon ane bla bla. Tp kira2 langkah real yg seperti apa yg ane bisa ambil.

Sekali lg terima kasih gan
profile-picture
riandyoga memberi reputasi
Diubah oleh rainfall29
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 2 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di